Efektivitas Online Peer Assisted Learning (OPAL) Dengan Pendekatan Model Attention Relevance Confidence Satisfaction (ARCS) Terhadap Pencapaian Kompetensi Perawatan Luka Mahasiswa Keperawatan

Yogik Setia Anggreini, Panel Situmorang

Sari


ABSTRACT

 

Many educators are still having difficulty creating quality laboratory skill learning that is not boring and makes students active. One solution that can be taken to reduce this impact is to conduct Online Peer Assisted Learning (OPAL). To analyze the effect of the OPAL (Online Peer Assisted Learning) method with the attention, relevance, confidence and satisfaction (ARCS) model approach on the achievement of wound care competencies in nursing students. This type of research is a quasi-experimental approach with a non-equivalent control group design approach on 32 3rd semester nursing diploma students undergoing medical surgical nursing courses with the integument system. The respondents were taken by consecutive sampling technique and divided into 16 respondents in each control and intervention group using a simple random sampling technique. Lecturers evaluate students with the Objective Structured Clinical Examination (OSCE) system and online. Data collection tools to assess student competency achievement consist of psychomotor competency achievement through observation sheets in a checklist. Tutor-tutee material guidance uses a module concerning the attention, relevance, confidence and satisfaction (ARCS) model approach. Data analysis using the Wilcoxon test. The statistical test results showed that the average student skill scores increased in both groups. However, the mean value of clinical skills in the intervention group at the pretest was 70.13, and the mean at the posttest rose to 83.81. This result was higher when compared to the control group, which was 69.69 at the pretest, and the mean at the posttest increased to 81.06. Wilcoxon test results showed p-value <0.05. Online peer-assisted learning method with attention, relevance, confidence, and satisfaction (ARCS) model approach can improve students' skills in wound care lab skills with p-value < 0.05. The results of this study are expected to be the foundation of the institution in developing technology in the world of nursing education. The OPAL learning method can be used as a blended learning model that can be applied in the learning process and training in the skills lab on several non-invasive competencies.

 

Keywords: Online Peer Assisted Learning, ARCS, Nursing, Students, Laboratory

 

 

 

 

 

 

ABSTRAK

 

Saat ini masih banyak pendidik yang masih kesulitan untuk menciptakan pembelajaran skill labratory yang berkualitas yang tidak membosankan dan membuat mahasiswa menjadi aktif. Salah satu solusi yang dapat diambil untuk mengurangi dampak tersebut adalah dengan dilakukannya Online Peer Assisted Learning (OPAL). Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh metode OPAL (Online Peer Assited Learning) dengan pendekatan model attention, relevance, confidence dan satisfaction (ARCS) terhadap pencapaian kompetensi perawatan luka pada mahasiswa keperawatan. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan pendekatan non equivalent control group design pada 32 mahasiswa diploma tiga keperawatan semester 4 yang sedang menjalani mata kuliah keperawatan medical bedah dengan system intergumen. Responden tersebut diambil dengan teknik consecutive sampling dan dibagi menjadi masing-masing 16 responden pada kelompok control dan intervensi menggunakan teknik simple random sampling. mahasiswa dievaluasi oleh dosen dengan system Objective Structured Clinical Examination (OSCE) juga secara daring. Alat pengumpulan data untuk menilai pencapaian kompetensi mahasiswa terdiri dari capaian kompetensi psikomotor melaui lembar observasi dalam bentuk checklist. bimbingan materi tutor-tutee menggunakan modul dengan mengacu pada pendekatan model attention, relevance, confidence dan satisfaction (ARCS). Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil uji statistic  menunjukan bahwa rata-rata nilai keterampilan mahasiswa meningkat pada kedua kelompok. Namun, Nilai mean keterampilan klinik kelompok intervensi pada saat pretest sebesar 70,13 dan mean pada saat posttest meningkat menjadi 83,81. Hasil ini lebih tinggi bila dibandingan pada kelompok kontrol yaitu pada saat pretest sebesar 69,69 dan mean pada saat posttest meningkat menjadi 81,06.  Hasil uji Wilcoxon menunjukan  nilai p < 0,05. Metode Online peer-assisted learning dengan pendekatan model attention, relevance, confidence dan satisfaction (ARCS) mampu meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam skill lab perawatan luka dengan nilai p < 0,05. Hasil penelitian ini diharapkan menjadi landasan institusi dalam mengembangkan teknologi di dunia pendidikan keperawatan. Metode pembelajaran OPAL dapat dijadikan sebagai salah satu bentuk dari model pembelajaran blanded learning yang dapat diterapkan dalam   proses pembelajaran dan latihan di skills lab pada beberapa kompetensi yang bukan invasive.

 

Kata kunci: Online Peer Assisted Learning, ARCS, keperawatan, Students, Laboratorium


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alfiyana, R., Sukaesih, S., & Setiati, N. (2018). Pengaruh Model ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) dengan Metode Talking Stick Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Materi Sistem Pencernaan Makanan. Journal of Biology Education, 7(2), 226–236. https://doi.org/10.15294/jbe.v7i2.24287

Alghizzawi, M., Habes, M., Salloum, S. A., Ghani, M. A., Mhamdi, C., & Shaalan, K. (2019). The effect of social media usage on students’ e-learning acceptance in higher education: A case study from the United Arab Emirates. International Journal of Information Technology and Language Studies, 3(3), Article 3. https://journals.sfu.ca/ijitls/index.php/ijitls/article/view/109

Asiani, A., Harini, H., & Nugroho, J. A. (2017). Penerapan Model Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction (Arcs) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pemasaran 1 Smk Negeri 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis Dan Ekonomi, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.20961/bise.v3i1.14452

Chasanatun, T. W., & Lestari, S. (2021). The Use of Camtasia Video, Youtube, and WhatsApp in Online Teaching During Pandemic Situation. English Teaching Journal : A Journal of English Literature, Language and Education, 9(1), 34–39. https://doi.org/10.25273/etj.v9i1.8999

Dergong, E. O., Sagita, S., & Rante, S. D. T. (2019). Hubungan Kualitas Bimbingan Instruktur Clinical Skill Lab Dokter Spesialis Dengan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Di Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Cendana Medical Journal (CMJ), 7(2), 288–298. https://doi.org/10.35508/cmj.v7i2.1802

Dewi, E. R. (2018). Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(1), 44–52. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442

Firdaus, C. C., Mauludyana, B. G., & Purwanti, K. N. (2020). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar di SD Negeri Curug Kulon 2 Kabupaten Tangerang. PENSA, 2(1), 43–52. https://doi.org/10.36088/pensa.v2i1.774

Fujiono, F., Paulina, P., Hidayati, N., & Natchiar, F. (2021). Impact of Distance Learning through Zoom Application and WhatsApp Group on Students’ Attitude and English Aptitude: A Case Study on Students of ICT due Covid-19 Outbreak. Kontribusia : Research Dissemination for Community Development, 4(2), 455–458. https://doi.org/10.30587/kontribusia.v4i2.2744

Hamilton-Hinch, B.-A., Stilwell, C., Manuel, C., Hutchinson, S., Woodford, K., & Ellis, A. (2021). Peer Assisted Learning: What Can Students Teach Us and Each Other? SCHOLE: A Journal of Leisure Studies and Recreation Education, 0(0), 1–14. https://doi.org/10.1080/1937156X.2021.1969527

Hasnah, K., & Solikah, S. N. (2022). Penggunaan Metode Blended Learning Pada Pembelajaran Skill Lab Keperawatan Dalam Meningkatkan Kognitif Dan Psikomotor. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 40–48. https://doi.org/10.34035/jk.v13i1.810

Lestari, T. R. P. (2014). Pendidikan Keperawatan: Upaya Menghasilkan Tenaga Perawat Berkualitas. Aspirasi: Jurnal Masalah-masalah Sosial, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v5i1.452

Miharjo, A. N., Lukman, H. S., & Mulyanti, Y. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (Arcs) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(1), 72–80. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i1.1714

Mustamu, A. C., Mustamu, H. L., & Hasim, N. H. (2020). Peningkatan Pengetahuan & Skill Dalam Merawat Luka. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sasambo, 1(2), 103. https://doi.org/10.32807/jpms.v1i2.483

Permana, F. H., Sukma, E., & Wahyono, P. (2021). The use of distance learning through whatsapp and google meeting to identify differences in biology learning outcomes. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 14(1), 86–98. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.20094

Purnama, H., Dharmansyah, D., Calisane, N. N. P., & Lindayani, L. (2018). Inovasi Pengembangan Metode Pembelajaran dengan Menggunakan Real Avatar-Based Learning dalam Pendidikan Keperawatan: A Bridge Connection Theory and Practice di STIKEP PPNI Jawa Barat. Jurnal Keperawatan Soedirman, 12(3), 150–155. https://doi.org/10.20884/1.jks.2017.12.3.728

Putri, I. N., Ahied, M., & Rosidi, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran ARCS (Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction) terhadap Self Esteem Siswa. Natural Science Education Research, 2(1), 1–7. https://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4216

Rahayu, M. S., & Yuziani, Y. (2020). Gambaran Performa Instruktur Keterampilan Klinik Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh. Averrous: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan Malikussaleh, 6(2), 11–22. https://doi.org/10.29103/averrous.v6i2.2399

Resmini, N. M. S. (2020). Penggunaan Media Whatsapp, Google Classroom Dan Zoom Sebagai Alternatif Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Hindu Dan Budi Pekerti Dimasa Pandemi Covid-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3f), Article 3f. https://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/657

Setyawan, A. (2019). Implementasi online peer asisted learning dalam pembelajaran keterampilan klinik pada mahasiswa keperawatan. Health Sciences and Pharmacy Journal, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.32504/hspj.v3i1.74

Solikhin, M. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Arcs (Attention, Relevance, Confidence, And Satisfaction) Pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Teknik Otomotif (Pdto) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Tkr A Teknik Kendaraan Ringan Di Smk Nasional Berbah Tahun Ajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif, 3(1), 73–84. https://doi.org/10.21831/jpvo.v3i1.34990

Suadi. (2021). Students’ Perceptions Of The Use Of Zoom And Whatsapp In Elt Amidst Covid19 Pandemic | Salee: Study of Applied Linguistics and English Education. https://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/salee/article/view/212

Wulandari, E., & Mandasari, Y. P. (2021). WhatsApp in emergency remote learning: The students’ perception. JEES (Journal of English Educators Society), 6(2), 228–236. https://doi.org/10.21070/jees.v6i2.1402

Yen, T. S., & Meian, K. H. (2020). E-Learning on Social Media: A Conceptual Paper on Undergraduates Preferred Social Media Affordances. Asian Journal of Research in Education and Social Sciences, 2(3), 27–33. https://myjms.mohe.gov.my/index.php/ajress/article/view/10691

Yulianti, Y., Murdani, E., & Kusumawati, I. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Attention, Relevance, Confidence, Satisfaction (ARCS) terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kalor di Kelas X. Variabel, 2(1), 24–30. https://doi.org/10.26737/var.v2i1.1029

Zulvia, N. T., Andrianty, S. N., & Rahmayanti, Y. (2020). Peran Peer Assisted Learning Dalam Pembelajaran Praktikum Anatomi Di Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 7(3), Article 3. https://doi.org/10.33024/jikk.v7i3.2967




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i3.6047

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License