Pengalaman Ibu Merawat Anak Usia Prasekolah (3-6tahun) Dengan Perilaku Ketergantungan Gadget Di Masa Pandemi Covid 19 Di Kabupaten Cianjur

Eva Martini, Sally Yustinawati Suryatna

Sari


ABSTRACT

 

The Covid 19 outbreak in 2020 began to enter the State of Indonesia. The emergence of the Covid-19 outbreak has caused various problems. The Covid 19 virus does not only attack humans directly but has an impact on the world and affects social life in various countries. The Covid pandemic has also had an impact on the world of education. The previous learning was done face-to-face (offline), but during the Covid-19 pandemic, learning used an online system (online). One of the devices used during online learning is a gadget. School-age children are included in the age of Golden Age Period. Gadgets have a negative impact on children's development. How to overcome so that children do not experience gadget dependence, there need to be managed the use of gadgets. Mother has the role of providing the needs of honing, loving, and nurturing. This study aims to explore the experience of mothers caring for preschool-aged children (3-6 years) with gadget dependence behavior during the Covid-19 pandemic. The research design used a qualitative descriptive phenomenological approach. The results of the study contained four themes, namely the reason why mothers give gadgets to children, the impact of gadgets on preschoolers, descriptions of gadget dependence on preschoolers, mother's expectations about the use of gadgets in online learning. The need for assistance for preschool children when playing with gadgets in order to minimize the negative impact of gadgets on the development of preschool children.

 

Keywords: Preschoolers, Gadget Addiction, Covid-19 Pandemic

 

ABSTRAK

 

Wabah Covid 19 tahun 2020 mulai masuk ke Negara Indonesia. Munculnya wabah Covid 19 menimbulkan berbagai masalah. Virus Covid 19 tidak hanya menyerang manusia secara langsung tetapi memberikan dampak terhadap  dunia serta mempengaruhi kehidupan sosial di berbagai negara. Pandemi Covid berdampak juga terhadap dunia pendidikan. Pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara tatap muka (luring), tetapi pada masa pandemic Covid 19 pembelajaran menggunakan sistem online (daring). Perangkat yang digunakan saat pembelajaran daring salah satunya adalah gadget. Anak usia sekolah termasuk kedalam usia The Golden Age Periode. Gadget memiliki dampak negatif terhadap perkembangan anak. Cara mengatasi agar anak tidak mengalami ketergantungan gadget perlu adanya manajemen dalam penggunaan gadget. Ibu mempunyai peran memberikan kebutuhan asah, asih, asuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi mengenai pengalaman ibu merawat anak usia prasekolah (3-6tahun) dengan perilaku ketergantungan gadget di masa pandemi Covid 19. Desain penelitian menggunakan metode kualitatif pendekatan fenomenologi deskriptif. Hasil penelitian terdapat empat tema yaitu alasan ibu memberikan gadget terhadap anak, dampak gadget untuk anak prasekolah, gambaran ketergantungan gadget pada anak prasekolah, harapan Ibu tentang penggunaan gadget dalam pembelajaran daring. Kesimpulan perlu adanya pendampingan terhadap anak prasekolah ketika bermain gadget agar meminimalisisr dampak negative gadget terhadap perkembangan anak prasekolah.

 

Kata Kunci: Anak Prasekolah, Ketergantungan Gadget, Pandemic Covid 19


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Adinda, R., Isni, F. and Anugrah, D. (2021) ‘Penanganan Kecanduan Gadget pada Anak Usia Sekolah Selama Masa Pandemi Covid-19 di Desa Wantilan ’, proceedings, Vol: I No:(November), pp. 1–17. Available at: https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/538/478.

Alia, T. (2018) ‘Pendampingan Orang Tua pada Anak Usia Dini dalam Penggunaan Teknologi Digital’, A Journal of Language, Literature, Culture, and Education POLYGLOT, 14 No 1, pp. 65–78. Available at: https://ojs.uph.edu/index.php/PJI/article/view/639/pdf.

Anugrahana, A. (2020) ‘Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar’, Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(3), pp. 282–289. doi: 10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289.

Ariston, Y., Guru Sekolah Dasar, P. and Singkawang, S. (2018) ‘Sosial Anak Sekolah Dasar’, Journal of Educational Review and Research, 1(2), pp. 86–91. Available at: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1675%0ABudi,.

Chen, C. and Chang, S. (2008) ‘An Exploration of the Tendency to Online Game Addiction Due to User ’ s Liking of Design Features An Exploration of the Tendency to Online Game Addiction Due to User ’ s Liking of Design Features’, Asian Journal of Health and Information Sciences, Vol. 3, No(August), pp. 38–51. Available at: https://www.researchgate.net/publication/255590068_An_Exploration_of_the_Tendency_to_Online_Game_Addiction_Due_to_User’s_Liking_of_Design_Features.

Cholimah Nur (2020) ‘Upaya Peningkatan Partisipasi Orangtua dan Kualitas Pendidik pada Pendidikan Anak Usia Dini DI Indonesia’, Jurnal Kajian Gender dan Anak, Vol. 04 No. Available at: http://194.31.53.129/index.php/JurnalGender/article/view/2834.

Dinillah, M. (2019) ‘Duh! gegara kecanduan Gadget Bocah 5 tahun di Jabar Alami Masalah Kejiwaan’, detikNews. Available at: https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-4741179/duh-gegara-kecanduan-gadget-bocah-5-tahun-di-jabar-alami-masalah-kejiwaan.

Fajrina, hani nur (2015) ‘Tingkat Kecanduan Gadget di Usia Dini Semakin Mengkhawatirkan’, CNN Indonesia, 4 November. Available at: https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20151103093518-185-89078/tingkat-kecanduan-gadget-di-usia-dini-semakin-mengkhawatirkan.

Febrino (2017) ‘Tindakan Preventif Pengaruh Negatif Gadget Terhadap Anak’, Noura, 1(1), pp. 1–21. Available at: https://lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/nou/article/view/81/3.

Febriyeni, M. D. and Kamsi, N. (2020) ‘Penggunaan Aplikasi ZOOM Cloud Meeting pada Proses Pembelajaran Online Sebagai Solusi di Masa Pandemi Covid 19’, Edification, Vol 3 No 0, pp. 23–33. Available at: https://jurnal.staibsllg.ac.id/index.php/ej/article/view/221/148.

Hidayah, F. et al. (2019) ‘ANALISA PENGUNAAN GADGET TERHADAP KESEHATAN’, Seminar Nasional PAUD, pp. 119–126. Available at: http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/522/351.

Irmayani, Sunarti and Alam, R. I. (2021) ‘Gambaran Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah Berdasarkan Tingkat Ketergantungan Gadget’, Window of Nursing Journal, 2(1), pp. 228–236. doi: 10.33096/won.v2i1.565.

Istiqomah, I. (2019) peran Orangtua dalam Menanggulangi Kecanduan Gadget pada Anak di Kelurahan Gotong Royong Tanjung Karang Bandar Lampung. Universitas Islam Negri Raden Intan Lampung. Available at: http://repository.radenintan.ac.id/8609/1/SKRIPSI_FULL.pdf.

Kartikasari, A. Y., Ayuningtyas, D. and Wahyudi, T. (2021) ‘Peran pola asuh orang tua dalam mengurangi ketergantungan gadget di masa pandemic 1’, pp. 140–147. Available at: http://ojs.udb.ac.id/index.php/sikenas/article/view/1246/1051.

KBBI (2021) Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Available at: https://kbbi.web.id/gadget.

Khadijah, S. (2019) ‘Hubungan peran orang tua dengan ketergantungan anak terhadap penggunaan gadget’, Jurnal Kesehatan Karya Husada, 1(7), pp. 99–109. Available at: http://jurnal.poltekkeskhjogja.ac.id/index.php/jkkh/article/view/472/309.

Kusuma, W. S. and Sutapa, P. (2020) ‘Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), pp. 1635–1643. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.940.

Lidwina, A. (2020) ‘Pandemi Covid dorong Anak-anak aktif menggunakan Ponsel’. Available at: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/16/pandemi-covid-19-dorong-anak-anak-aktif-menggunakan-ponsel.

Lubis, M. A., Azizan, N. and Ikawati, E. (2020) ‘PERSEPSI ORANG TUA DALAM MEMANFAATKAN DURASI PENGGUNAAN GADGET UNTUK ANAK USIA DINI SAAT SITUASI PANDEMI COVID-19’, Jurnal Kajian Gender dan Anak, 04(1), pp. 63–82. Available at: http://194.31.53.129/index.php/JurnalGender/article/view/2834/2194.

Mansur, A. R. (2019) Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Available at: http://carano.pustaka.unand.ac.id/index.php/car/catalog/view/978-602-6953-83-4/58/188-1.

Munisa (2020) ‘Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Interaksi Sosial Anak Usia Dini Di TK Panca Budi Medan’, Jurnal Pancabudi, 13(1), pp. 102–114. Available at: https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/896/847.

N Utama, E. (2018) Penggunaan Gadget untuk Menstimulasi Kemampuan Literasi Anak Prasekolah. Surakarta. Available at: https://core.ac.uk/reader/154927560.

Napitupulu, N. F., Barlianto, W. and Rachmawati, S. D. (2020) ‘Parenting Style on School Age Children that Addicted to Mobile Phone (A Phenomenology Study)’, Indian Journal of Public Health Research & Development, Vol. 11(Issue 2), pp. p1556-1560, 5p. Available at: https://e-resources.perpusnas.go.id:2078/eds/detail/detail?vid=0&sid=4143cdd0-2635-4a3a-bbfd-70ba23f38af3%40redis&bdata=JnNpdGU9ZWRzLWxpdmU%3D#db=edb&AN=145356033.

Pebriana, P. H. (2017) ‘Analisis Penggunaan Gadget terhadap Kemampuan Interaksi Sosial pada Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), p. 1. doi: 10.31004/obsesi.v1i1.26.

Puspitasari, A. (2021) ‘akibat covid bagi pendidikan - Penelusuran Google’. Available at: https://yoursay.suara.com/kolom/2021/07/01/143058/dampak-covid-19-terhadap-sektor-pendidikan-di-indonesia.

Sari, L. (2020) ‘Upaya Menaikkan Kualitas Pendidikan dengan Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Ajar pada Masa Pandemi Covid 19’, 4(1), pp. 1074–1084. Available at: https://ejournal.iaiig.ac.id/index.php/TWD/article/view/226/163.

Setianingsih, Amila Wahyuni Ardani, F. N. K. (2018) ‘DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA PRASEKOLAH’, GASTER, XVI(2), pp. 191–205. Available at: http://jurnal.aiska-university.ac.id/index.php/gaster/article/view/297/191.

Siahaan, M. (2020) ‘Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan’, 1(1), pp. 1–3. Available at: http://repository.ubharajaya.ac.id/4842/2/Jurnal PANDEMIC MATDIO S.pdf.

Sisbintari, K. D. and Setiawati, F. A. (2021) ‘Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19’, … Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), pp. 1562–1575. doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1781.

Subarkah, M. A. (2019) ‘Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Anak’, Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(1), pp. 125–139. doi: 10.31000/rf.v15i1.1374.

Suherman, R. N. (2019) ‘HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DENGAN TINGKAT KECANDUAN GADGET PADA ANAK PRASEKOLAH’, Stikes Hangtuah Surabaya. Available at: http://repository.stikeshangtuahsby-library.ac.id/248/1/SKRIPSI RIZKY NOVITASARI SUHERMAN-1510048 %281%29.pdf.

Sulyandari, ari kusuma (2019) ‘PENGARUH GADGET PADA PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI’, Thufuli: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, I. Available at: www.archive.org.

Sunita, I. and Mayasari, E. (2018) ‘Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak’, Jurnal Endurance, 3(3), p. 510. doi: 10.22216/jen.v3i3.2485.

Suryati, N. (2020) ‘Optimalisasi peran orang tua dalam meminimalisir penggunaan gawai bagi anak’, Jurnal BimbinganKonseling Islam, 1 No1, pp. 47–65. Available at: https://journal.uinsi.ac.id/index.php/TAUJIHAT/article/view/2455.

Tamsil, H. A. (2021) ‘Permasalahan penggunaan gadget pada tumbuh kembang anak usia dini di masa pandemi covid-19’, Jendela PLS, 6(1), pp. 44–49. Available at: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jpls/article/view/3140/1755.

Uce, L. (2017) ‘The Golden Age : Masa Efektif Merangcang Kualitas Anak’, Jurnal Pendidikan Anak. Available at: https://www.jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/bunayya/article/viewFile/1322/982.

Wardani, A. and Ayriza, Y. (2020) ‘Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), p. 772. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.705.

Wicaksono, Hafizh Muhammmad and Purwaningsih, Wahyu and Silvitasari, I. (2020) Pentingnya Penggunaan Gadget terhadap Gadget terhadap Interaksi Sosial di Masa Pandemi Covid 19. UNIVERSITAS ’AISYIYAH SURAKARTA. Available at: http://eprints.aiska-university.ac.id/1325/.

Widya, R. (2020) ‘Dampak Negatif Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Anak’, Jurnal Abdi Ilmu, 13(1), pp. 29–34. Available at: https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/888/839.

Wulandari, H. and Purwanta, E. (2020) ‘Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), p. 452. doi: 10.31004/obsesi.v5i1.626.

Wulandari, H. and Santoso, B. (2019) ‘Proses Parenteral Mediation terhadap Anak Usia Prasekolah dalam Menggunakan Gadget’, Focus:Jurnal Pekerjaan Sosial, 2, pp. 213–226. Available at: http://journal.unpad.ac.id/focus/article/view/26252/12744.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i6.6193

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License