Gangguan Emosi Dan Perilaku Remaja Akibat Kecanduan Gadget

Jeperson Simanjuntak, Imanuel Sri Mei Wulandari

Sari


ABSTRACT

The use of gadgets is very much needed in the teaching and learning process of students during the Covid-19 pandemic. Information and knowledge will be easily accessible by using gadgets.  Excessive use of gadgets has a negative impact on adolescent development both emotionally and behaviorally. Addiction to gadgets can make teenagers difficult to socialize or interact with other people, tend to close themselves to interactions, and have less concentration in doing things. This study aims to portray the emotions and behavior of adolescents due to gadgets abuse. This study uses a quantitative descriptive research design, with a cross-sectional approach. The sample in this study was 100 adolescents with an age range 0f 13-15 years old. The sample selection used a random sampling technique at SMPN 28 Bandung. Data analysis is descriptive. Respondents are mostly male which is 57%. the level of gadget addiction is categorically low at 52%. Few of them have emotional and behavioral problems, such as social, emotional, behavioral change, hyperactivities, and peer relationship problems.  The conclusion that can be drawn is that addiction to gadgets can trigger emotional and behavioral changes in adolescents. Supervision from parents is required to prevent increasing addiction to the use of gadgets and behavior changes in adolescents. 

 

Keywords: Behavioral Disorders, Emotional Of Adolescent, Gadget Addiction

 

ABSTRAK

 

Penggunaan gadget menjadi suatu kebutuhan pada remaja di masa pandemik covid-19, dimana proses belajar mengajar dilakukan secara daring. Informasi dan kegiatan belajar dapat dilakukan secara jarak jauh dengan menggunakan gadget. Penggunaan gadget yang berlebihan mempunyai dampak negatif bagi perkembangan remaja baik secara emosi maupun perilaku. Kecanduan gadget dapat mengakibatkan remaja tidak mudah untuk bersosial atau berinteraksi dengan orang lain, cenderung menutup diri dan mempunyai konsentrasi yang kurang dalam melakukan suatu hal. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui gambaran emosional dan perilaku remaja akibat kecanduan terhadap gadget. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif, dengan pendekatan cross-sectional. Sampel pada penelitian ini adalah 100 remaja dengan rentang usia 13-15 tahun. Pemilihan sampel menggunakan teknik random sampling pada remaja di SMPN 28 Bandung. Analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan deskripsi. Mayoritas responden bejenis kelamin laki-laki 57 %. Tingkat kecanduan gadget pada remaja masuk kategori rendah dengan 52%, gangguan emosi dan perilaku yang terjadi pada remaja adalah sebagian kecil remaja memiliki masalah emosi dan perilaku, yaitu masalah sosial, emosional, perubahan perilaku, hiperaktivitas dan gangguan hubungan dengan teman sebaya. Kesimpulan yang dapat diambil adalah kecanduan pada gadget mampu memicu gangguan emosional dan perilaku remaja pada hal yang bersifat negatif. Diperlukan pengawasan dari orang tua untuk mencegah meningkatkan kecanduan dalam pemakaian gadget dan perubahan perilaku pada remaja, sehingga penulis memberikan masukan untuk penelitian berikutnya dengan melibatkan orangtua untuk mengatasi masalah kecanduan gadget pada remaja.

 

Kata Kunci: Gangguan Emosi, Kecanduan Gadget, Perilaku Remaja


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alrasheed, K. B., & Aprianti, M. (2016). Hubungan Antara Kecanduan Gadget Dengan Kecerdasan Emosi Pada Remaja (Sebuah Studi Pada Siswa Smp Di Kecamatan Setiabudi Jakarta Selatan). Jurnal Sains Psikologi, 7(2), 136–142.

APJII. (2020). Apjii Buletin APJII. In Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (Vol. 74, p. 1). https://apjii.or.id/content/read/104/503/BULETIN-APJII-EDISI-74---November-2020

Asif, A., & Rahmadi, F. (2017). Hubungan Tingkat Kecanduan Gadget Dengan Gangguan Emosi Dan Perilaku Remaja Usia 11-12 Tahun. Diponegoro Medical Journal (Jurnal Kedokteran Diponegoro), 6(2), 148–157.

Aziz, U. K., Lutfiya, I., & Sulaiman, I. (2021). Gambaran Gangguan Perilaku dan Emosional pada Remaja Usia 10-24 Tahun Berdasarkan Faktor Sosiodemografi (Analisis Data Susenas Tahun 2015). BIOGRAPH-I: Journal of Biostatistics and Demographic Dynamic, 1(2), 54. https://doi.org/10.19184/biograph-i.v1i2.27873

Firdaus, W., & Marsudi, M. S. (2021). Konseling Remaja yang Kecanduan Gadget Melalui Terapi Kognitif Behavior. Studia: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa, 6(1), 15–24. https://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/index.php/stu/article/view/1980

Fitriana, F., Ahmad, A., & Fitria, F. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Remaja Dalam Keluarga. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 5(2), 182. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v5i2.7898

Hakim, L. N. (2020). Urgensi Revisi Undang-Undang tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 11(1), 43–55. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v11i1.1589

Imron, R. (2017). HUbungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Prasekolah di Kabupaten Lampung Selatan. Jurnal Keperawatan, XIII(2), 148–154.

Kemenkes RI. (2018). Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018. Kementrian Kesehatan RI, 53(9), 1689–1699.

Kumala, A. M., Margawati, A., & Rahadiyanti, A. (2019). Hubungan Antara Durasi Penggunaan Alat Elektronik (Gadget), Aktivitas Fisik Dan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Remaja Usia 13-15 Tahun. Journal of Nutrition College, 8(2), 73. https://doi.org/10.14710/jnc.v8i2.23816

Kusuma Rini, M., & Huriah, T. (2020). Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(1), 185–194. https://doi.org/10.30651/jkm.v5i1.4609

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2), 55–64. https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Mumbaasithoh, L., Ulya, F., & Rahmat, K. B. (2021). Kontrol Diri dan Kecanduan Gadget pada Siswa Remaja. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 33–42. https://doi.org/10.29080/jpp.v12i1.507

Pitrianti, & Ahmat, H. (2021). Tinjauan Bahaya Kecanduan Gadget. Jurnal Pengabdian Masyarakat Udhuluddin Adab Dan Dakwah, 1(2), 139–147.

Pratiwi, R., & Malwa, R. (2021). Faktor yang Memperngaruhi Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Remaja. Jurnal Ilmiah PSYCHE, 15(2), 105–112.

Prizki, T. B. D., & Sari, S. P. (2020). Kecanduan Gadget Pada Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Lahat. Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 11. https://doi.org/10.31851/juang.v3i1.4938

Sa’ngadah, N., Arief, Y. S., & Krisnana, I. (2020). Gambaran Pola Asuh Orang Tua Pada Anak Dengan Kecanduan Gadget. BIMIKI (Berkala Ilmiah Mahasiswa Ilmu Keperawatan Indonesia), 8(2), 56–62. https://doi.org/10.53345/bimiki.v8i2.132

Saniyyah, L., Setiawan, D., & Ismaya, A. (2021). Dampak Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2132–2140. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1161

Sudirman, S. J., & Yuwono, S. (2019). Dinamika Empati Pada Remaja Yang Kecanduan Gadget. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/77539

Widayani, S. (2020). Pembentukan




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i4.6221

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License