Hubungan Motivasi Dan Prestasi Akademik Mahasiswa Keperawatan Saat Pembelajaran Daring Pada Situasi Pandemi Covid-19

Indira Yobi, Juana Ivory Nababan, Risnariani Irmayanti Fua, Ni Gusti Ayu Eka, Kusman Sudarja

Sari


ABSTRACT

 

Online education is a method of imparting knowledge that makes use of the internet or computer network technology. Students' motivation can influence online learning, which can influence their academic achievement. Students are motivated to act to achieve their goals through motivation in their learning, where academic success is a result of their actions or work. Additionally, because of the Covid-19 pandemic, the method of instruction has shifted entirely online, which may affect students' motivation and academic achievement. This study aimed to identify the relationship between students' motivation and academic achievement in online learning during the Covid-19 pandemic at a private university. This study applied correlational quantitative research with a cross-sectional approach. The population in this study was 337 second-year nursing students at a private university. This study used simple random sampling. Data collection was carried out in January-March 2021. Data were analyzed using univariate and bivariate analyses. This study recruited 201 second-year nursing students. There was a significant relationship between students’ motivation and academic achievement (p-value = 0.025). Students’motivation was associated with academic achievement in online learning during the Covid-19 pandemic at a private university. Maintaining a high level of motivation is critical for online education, even more so given the current pandemic situation. As a result, both educators and students require an effective strategy for sustaining or increasing students’ motivation and academic achievement.

 

Keywords: Motivation, Academic Achievement, Online Learning, Nursing, Student

 

ABSTRAK

 

Pendidikan online adalah metode penyampaian pengetahuan yang memanfaatkan teknologi internet atau jaringan komputer. Motivasi mahasiswa dapat memengaruhi pembelajaran online, yang dapat mempengaruhi prestasi akademik mereka. Mahasiswa termotivasi untuk bertindak dalam mencapai tujuannya melalui motivasi dalam belajarnya, dimana keberhasilan akademik merupakan hasil dari tindakannya tersebut. Selain itu, terdapat perubahan metode pembelajaran menjadi full online learning karena adanya pandemik Covid-19, sehingga kemungkinan dapat memengaruhi motivasi mahasiswa dan prestasi akademiknya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan prestasi belajar dalam online learning pada mahasiswa tingkat dua selama pandemi Covid-19 di satu universitas swasta. Penelitian kuantitatif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tingkat dua berjumlah 337 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian adalah simple random sampling. Pengumpulan data dilaksanakan pada bulan Januari-Maret 202. Data dianalisis dengan teknik univariat dan bivariat. Penelitian ini merekrut 201 mahasiswa tingkat dua. Penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi mahasiswa dengan prestasi akademiknya (p-value = 0.025). Terdapat hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar dalam online learning pada mahasiswa tingkat dua selama pandemi Covid-19 di satu universitas swasta. Mempertahankan motivasi yang tinggi sangat penting untuk pembelajaran online learning, terutama pada saat situasi pandemi Covid-19 saat ini. Sehingga, perlu strategi yang baik bagi pendidik maupun pembelajar untuk mempertahankan atau meningkatkan motivasi mahasiswa dan prestasi akademiknya.

 

Kata kunci: Motivasi, Prestasi Akademik, Online Learning, Keperawatan, Mahasiswa


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Andoko, Trismiyana, E., & Sujito, N. A. (2022). Hubungan Persepsi Dan Sikap Dengan Perilaku Protokol Kesehatan 5m Sebagai Upaya Preverentif Covid 19 Pada Civitas Akademika Di Universitas Malahayati Bandar Lampung. MANUJU: MALAHAYATI NURSING JOURNAL, 4(4), 1011–1023.

Anggreini, Y. S., & Situmorang, P. (2022). Efektivitas Online Peer Assisted Learning (Opal) Dengan Pendekatan Model Attention Relevance Confidence Satisfaction (Arcs) Terhadap Pencapaian Kompetensi Perawatan Luka Mahasiswa Keperawatan. 4, 653–662.

Astuti, E. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Pada Mahasiswa S1 Keperawatan Di Stikes William Booth Surabaya. Jurnal Keperawatan. https://doi.org/10.47560/kep.v5i1.180

Aziz, A., , W., & Wicaksana, B. (2016). Pemanfaatan Web Service Moodle Berbasis REST-JSON untuk Membangun Moodle Online Learning Extension berbasis Android. Jurnal Teknologi & Informasi ITSmart. https://doi.org/10.20961/its.v2i2.622

Cokley, K. O., Bernard, N., Cunningham, D., & Motoike, J. (2001). A psychometric investigation of the academic motivation scale using a United States sample. Measurement and Evaluation in Counseling and Development, 34(2), 109–119. https://doi.org/10.1080/07481756.2001.12069027

Daniel Hasibuan, M. T., Mendrofa, H. K., Silaen, H., & Tarihoran, Y. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Menjalani Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Indonesian Trust Health Journal. https://doi.org/10.37104/ithj.v3i2.65

Eka, N.G.A., Houghty, G.S., Juniarta, J. (2019). Motivation and self-learning readiness of blended learning in reaserch and statistics course for undergraduate nursing students. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), in press.

Lubis, P. K. D. (2017). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi (Studi Kasus Tentang Pembelajaran Mandiri Mata Kuliah Matematika Ekonomi Dan Bisnis. Niagawan, 6(2), 60–64. https://doi.org/10.24114/niaga.v6i2.8336

Mahnun, N. (2018). Implementasi Pembelajaran Online dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online di Perguruan Tinggi Islam dalam Mewujudkan World Class University. Jurnal IJIEM, 1(1), 29–36. Retrieved from http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/IJIEM/article/download/5240/3088

Natalya, L., & Purwanto, C. V. (2018). Exploratory and Confirmatory Factor Analysis of the Academic Motivation Scale (AMS)–Bahasa Indonesia. Makara Human Behavior Studies in Asia, 22(1), 29. https://doi.org/10.7454/hubs.asia.2130118

Ompusunggu, H. E. S. (2020). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen. Nommensen Journal of Medicine, 6(1), 32–35. https://doi.org/10.36655/njm.v6i1.247

Polit, D. ., & Beck, C. . (2018). Essentials of Nursing Research: Appraising Evidence for Nursing Practice: Appraising evidence for nursing practice. In Wolters Kluwer.

Sianturi, S. R. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. JURNAL PENDIDIKAN KEPERAWATAN INDONESIA. https://doi.org/10.17509/jpki.v4i2.11563

Simbolon, P., Mendrofa, D. S., & Zega, A. I. (2020). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa di STIKes St. Elisabeth Medan. Jurnal Masohi, 1(1), 1–7.

SIVRIKAYA, A. H. (2019). The Relationship between Academic Motivation and Academic Achievement of the Students. Asian Journal of Education and Training, 5(2), 309–315. https://doi.org/10.20448/journal.522.2019.52.309.315

Syahrani, F. C., Nursiswati, & Hasniatisari, H. (2022). Computer Vision Syndrome Pada Mahasiswa S1 Keperawatan Di Masa Pandemi Covid-19. MANUJU: MALAHAYATI NURSING JOURNAL, 4(4), 807–820.

Trismiyana, E., Keswara, U. R., & Febrian, A. A. (2022). Hubungan Pengetahuan Dengan Perilaku Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Preverentif Covid 19 Pada Civitas Akademika Di Universitas Malahayati Bandar Lampung. MANUJU: MALAHAYATI NURSING JOURNAL, 4(1), 93–102.

Umboh, E., Kepel, B., & Hamel, R. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal Keperawatan UNSRAT, 5(1), 108275.

Winarno, R., Hermawan, D., & Furqoni, P. D. (2019). Hubungan Komunikasi Organisasi, Gaya Kepemimpinan, Motivasi Dan Sikap Dengan Kinerja Perawat Di Rsud Dr.A.Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung. Concept and Communication, null(23), 301–316. https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Yulianti, P., & Putra, G. F. (2018). Evaluasi Prestasi Belajar Didasarkan Pada Motivasi Belajar Dan Lingkungan Keluarga Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Dharma Andalas. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas.

Yusuf, M. (2013). Hubungan motivasi belajar dengan indeks prestasi akademik mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Unsyiah Banda Aceh. Idea Nursing Journal, 4(3), 124–131. Retrieved from http://jurnal.unsyiah.ac.id/INJ/article/view/1509/1398




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i5.6341

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License