Studi Literatur Tentang Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Di Beberapa Wilayah Indonesia

Betseba Natalia Pangaribuan, Citra Prawesti Kurnia, Diah Ismunarti, Hernowo Anggoro Wasono, Tusy Triwahyuni, Devita Febriani Putri, Teuku Marwan Nusri

Sari


ABSTRACT

 

Anemia is a condition in which the number of red blood cells or erythrocyte mass is reduced so that it cannot meet the oxygen needs of peripheral tissues. Clinically, anemia is measured by decreased levels of hemoglobin, hematocrit, dan red blood cells or erythrocytes. Many women suffer from anemia, because biologically every month women menstruate so iron expenditure must also be balanced with nutrient intake. Knowledge of anemia will affect the behavior of adolescent girls in preventing the occurrence of anemia. Some studies show a correlation of knowledge level with the incidence of anemia. This study aims to find out the correlation of Knowledge Level with The Incidence of Anemia in Adolescent Girls in Some Regions of Indonesia. The type of research used in this research is descriptive by using a literature study research design that uses the Google Scholar search engine dan Research Gate. The source of the data that is the material in this research is tertiary data. The results of research that has been done dan published in national dan international online journals. Based on tables from 10 journals found that 8 journals obtained significant results between the level of knowledge with the incidence of anemia dan 2 journals obtained results of no significant association between the level of knowledge dan the incidence of anemia in adolescent girls. There is a correlation between knowledge levels dan the incidence of anemia in adolescent girls who have entered the menstrual phase.

 

Keywords: Knowledge, Anemia, Girls

 

 

ABSTRAK

 

Anemia adalah suatu kondisi dimana jumlah sel darah merah atau massa eritrosit berkurang sehingga tidak dapat memenuhi kebutuhan oksigen jaringan perifer. Secara klinis, anemia diukur dengan penurunan kadar hemoglobin, hematokrit, dan sel darah merah atau eritrosit. Banyak wanita yang menderita anemia, karena secara biologis setiap bulan wanita mengalami menstruasi sehingga pengeluaran zat besi juga harus diimbangi dengan asupan nutrisi. Pengetahuan tentang anemia akan mempengaruhi perilaku dari remaja putri dalam mencegah terjadinya anemia. Beberapa penelitian menunjukan adanya hubungan tingkat pengetahuan dengan kejadian anemia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri di Beberapa Wilayah Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan desain penelitian studi pustaka yang menggunakan mesin pencari Google Scholar dan Research Gate. Sumber data yang menjadi bahan bahan dalam penlitian ini adalah data tersier: yaitu hasil penelitian yang sudah dilakukan dan diterbitkan dalam jurnal online nasional dan internasional. Berdasarkan tabel dari 10 jurnal didapatkan bahwasanya 8 jurnal mendapatkan hasil yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan kejadian anemia dan 2 jurnal mendapatkan hasil tidak adanya hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan kejadian anemia pada remaja putri. Terdapat hubungan anatara tingkat pengetahuan dengan kejadian anemia pada remaja putri.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Anemia, Putri 


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Briawan, D. (2013). Anemia Masalah Gizi Pada Remaja Wanita. Jakarta: EGC.

Budianto, A. and Fadhilah, N. (2016). Anemia Pada Remaja Putri Dipengaruhi Oleh Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 5(10).

Dewi, I.M., Basuki, P. and Marlina, R.C. (2020) . Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia dengan Kejadian Anemia pada Remaja Putri. Jurnal Ilmiah Permas, 10(4), pp. 589–598.

Dieniyah, P., Sari, M.M. and Avianti, I. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Di Smk Analisis Kimia Nusa Bangsa Kota Bogor Tahun 2018’, Promotor, 2(2), p. 151.

Fajriyah, N.N. and Fitriyanto, M.L.H. (2016). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Anemia Pada Remaja Putri. Jurnal Ilmu Kesehatan, IX.

Hatini, E.E. and Noordiati, N. (2021). Pemanfaatan Video YouTube tentang Anemia pada Remaja Putri di SMK YPSEI Palangka Raya. Jurnal Surya Medika, 6(2), pp. 53–60.

Laksmita, S. and Yenie, H. (2018). Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Anemia dengan Kejadian Anemia di Kabupaten. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 14(1), p. 104.

Maharani, E.A. (2020). Hematologi Teknologi Laboratorium Medik. Jakarta: EGC.

Mularsih, S. (2017). Hubungan Pengetahuan Remaja Putri Tentang Anemia Dengan Perilaku Pencegahan Anemia Pada Saat Menstruasi Di Smk Nusa Bhakti Kota Semarang. Jurnal Kesehatan, 6(2), p. 80.

Notoadmodjo. (2012). Promosi Kesehatan & Prilaku Kesehatan, Jakarta: EGC.

Notoadmodjo (2018). Metodologi penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Permanasari, I., Jannaim, J. and Wati, Y.S. (2020). Hubungan Pengetahuan Tentang Anemia Dengan Kadar Hemoglobin Remaja Putri di SMAN 05 Pekanba. Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan dan Kesehatan, 8(2), p. 313.

Permanasari, I., Mianna, R. and Wati, Y.S. (2021) Remaja bebas anemia melalui peran teman sebaya. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Putri, kristy mellya (2018). Hubungan Pengetahuan Dengan Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Di Wilayah Kerja Puskesmas Paal Merah I Kota Jambi Tahun 2018. Scientia Journal Universitas Adiwangsa Jambi, 7(01), pp. 132–141.

Simanungkalit, S.F., P, I.D. and Arini, F.A. (2018). Hubungan Pengetahuan Anemia, Pengetahuan Tablet Tambah Darah, Status Gizi dan Asupan Gizi (Fe) dengan Anemia Remaja Putri di SMA/K Kota Depok Tahun 2017. ARKESMAS (Arsip Kesehatan Masyarakat), pp. 37–41.

Simanungkalit, S.F. and Simarmata, O.S. (2019). Pengetahuan dan Perilaku Konsumsi Remaja Putri yang Berhubungan dengan Status Anemia. Buletin Penelitian Kesehatan, 47(3), pp. 175– 182.

Utari, W.R., Lisum, K. and Marlina, P.W.N. (2020). Hubungan Karakteristik Responden Dan Sumber Informasi Dengan Pengetahuan Anemia Defisiensi Zat Besi Pada Remaja. 12 No 3, pp. 379–386.

Yeni, P.S.I. (2015). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pengetahuan Penggunaan Obat Generik Pada Masyarakat di Wilayah Kerja Puskesmas Padang Panyang Kabupaten Nagan Raya Tahun 2015. [Skripsi]. pp. 1576–1580.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i6.6366

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License