Hubungan Efektivitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19 Dengan Tingkat Stress Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Keperawatan

Safriadi Darmansyah Ar

Sari


ABSTRACT

 

One of the biggest health problems that have an impact on performance in college is stress. Students are a group that is vulnerable to the stress that comes from college life. The stress that students usually experience is caused by the demands of life and academic responsibilities. Changes in the online learning system during the Covid-19 pandemic require students to get more assignments and a busy lecture schedule. To find out whether there was an effect of online learning during the Covid-19 pandemic on the stress level of the Faculty of Nursing, St. Fatimah Mamuju Health and Business Institute. Quantitative research with the cross-sectional approach. The data was collected by distributing questionnaires to 62 students of the last semester, then analyzed using the Chi-Square test.  There were 24.2% who thought that online learning was effective and 75.2% thought that online learning was not effective. Students who experienced mild stress were ± 9.7%, students with moderate stress were ± 45.2%, students with severe stress were ± 38.7% and students with very severe stress were ± 6.5%. Online learning due to the pandemic is a trigger for increased students’ stress levels.

 

Keywords: Covid Pandemic, online learning, stress.

 

ABSTRAK

 

Salah satu masalah kesehatan terbesar yang memiliki dampak kinerja pada perkuliahan adalah masalah stres. Mahasiswa menjadi kelompok yang rentan terhadap stres yang berasal dari kehidupan perkuliahan. Stres yang biasanya dialami mahasiswa disebabkan adanya tuntutan kehidupan dan tanggung jawab akademik. Perubahan sistem pembelajaran online selama pandemi Covid-19 mengharuskan mahasiswa memperoleh tugas yang lebih banyak dan jadwal perkuliahan yang padat. Tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran via online selama pandemi Covid-19 terhadap tingkat stres mahasiswa tingkat akhir Fakultas Keperawatan Institut Kesehatan dan Bisnis St. Fatimah Mamuju. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara membagikan kuesioner kepada mahasiswa tingkat akhir sebanyak 62 orang, kemudian dianalisis menggunakan uji Chi-Square. Terdapat 24,2% menilai bahwa pembelajaran via online efektif dan 75,2% menilai pembelajaran via online tidak efektif. Mahasiswa yang mengalami stres ringan ±9,7%, mahasiswa dengan stres sedang ±45,2% yang memiliki stres berat ±38,7% dan yang memiliki stres sangat berat ±6,5%. Pembelajaran daring yang dilakukan akibat terjadinya pandemi pemicu peningkatan stres pada mahasiswa.

 

Kata Kunci: Covid Pandemi, Daring (Pembelajaran online), Stres


 


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abidin Z. (2009). Ketika Stress Beraksi Islam Punya Solusi. 2009;3(1).

Firman F, Rahayu S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indones J Educ Sci. 2020;2(2):81–9.

Herliandry LD, Nurhasanah, Suban ME, Heru K. (2020). Pandemic learning during the Covid-19. J Teknol Pendidik [Internet]. 2020;22(1):65–70. Available from:http://journal.unj.ac.id/ unj/index.php/jtp

Junaidi. (2018). Urgensitas Ilmu Menurut Konsep Islam. 2018;X.

Jiang F, Liehua D, Liangqing Z, Cai Y, Cheung chi wai, Xia Z. (2019). Review of the Clinical Characteristics of Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). J Gen Intern Med. 2020;35(5):1545–9.

Kusnayat A, Sumarni N, Mansyur AS, Zaqiah QY, Bandung UT. (2020). Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online Di Era Covid-19 Dan Dampak Terhadap Mental Mahasiswa. EduTech J Edukasi dan Teknologi Pembelajaran. 2020;1(2):153–65.

Susilo A, Rumende CM, Pitoyo CW, Santoso WD, Yulianti M, Heri Kurniawan H, et al. (2020) Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. J Penyakit Dalam Indones. 2020;7(1):45.

Kemenkes RI. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Germas. 2020. 0–115 p.

Kemenkes RI. (2021). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Germas. 2021. 0–115 p.

Livana PH, Mubin MF, Basthomi Y. (2020). “ Tugas Pembelajaran ” Penyebab Stres Mahasiswa Selama Pandemi Covid-19. J Ilmu Keperawatan Jiwa. 2020;3(2):203–8.

Musabiq S, Karimah I. (2018). Gambaran Stress dan Dampaknya Pada Mahasiswa. Insight J Ilm Psikol. 2018;20(2):74.

Mukharom M, Aravik H. (2020). Kebijakan Nabi Muhammad Saw Menangani Wabah Penyakit Menular dan Implementasinya dalam Konteks Penanggulangan Coronavirus Covid-19. Vol. 7, SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i. 2020.

Musradinur. (2016). Stres Dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi. J EDUKASI J Bimbing Konseling. 2016;2(2):183.

Notoadmojo. Soekdijo. (2018). Buku Metodologi keperawatan penelitian kesehatan jakarta PT Rneka Cipta Qiu W, Rutherford S, Mao A, Chu C. The Pandemic and its Impacts. Heal Cult Soc. 2017;9:1–11.

Rahmayani RD, Liza RG, Syah NA. (2019). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. J Kesehat Andalas. 2019;8(1):103.

Rahardjo W, Qomariyah N, Mulyani I, Andriani I. (2020). Social media fatigue pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19 : Peran Neurotisisme , kelebihan informasi , invasion of life , kecemasan , dan jenis kelamin. Psikol Sos. 2020;18(59).Sari MK. Tingkat Stres Mahasiswa S1 Keperawatan Tingkat Satu Dalam Menghadapi Wabah Covid 19 Dan Perkuliahan Daring Di Stikes Karya Husada Kediri. J Ilm Pamenang. 2020;2(1):31–5.

Sukadiyanto. (2010). Stress Dan Cara Menguranginya. cakrawala Pendidik. 2010;55–66.

Susatyo Y. (2010). Mengelola Stres Dalam Perspektif Islam Dan Psikologi. 2010;(1996):14–26

Zaharuddin. (2020). Stres Menghadapi Musibah Perspektif Islam ditinjau dari Adversity Quotient di Panti Asuhan di Kecamatan Plaju Palembang. 20(2):285– 301.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i7.6594

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License