Edukasi Kesehatan pada Peserta Didik Smpit dan Smait di Baitul Qurro’ Jakarta pada Pandemi Covid-19

Mohammad Labib, Tri Ariguntar, Yusri Hapsari, Zeinadine Zakaria, Shahfinaz Humaeratul Althaf

Sari


ABSTRACT

 

Health education is a activities of educating people about health. Areas within this profession encompass environmental health, physical health, social health, emotional health, intellectual health, and spiritual health, This health education held in Pesantren Al-Qur’an Baitul Qurro to giving knowledge about Covid-19.. Areas within this profession encompass environmental health, physical health, social health, emotional health, intellectual health, and spiritual health. This study aims to solve the problem of the health knowledge of students in improving the health status of  students at SMPIT and SMAIT Baitul Qurro Jakarta. Systematic Random Sampling. the implementation team prepares the tools and materials used in the activity. This preparation is focused on preparing all the media and equipment needed to carry out this activity. This activities are carried out by giving education with pamphlete and leaflet, With education pamphlete and leaflet, student getting more knowledge about Covid-19. Developing desirable health practices and health habits. Also health consciousness in the school and the community.

 Keywords: Schools, Health Education, Covid-19 

 

ABSTRAK

 

Pendidikan kesehatan merupakan kegiatan mendidik masyarakat tentang kesehatan. Bidang dalam profesi ini meliputi kesehatan lingkungan, kesehatan fisik, kesehatan sosial, kesehatan emosional, kesehatan intelektual, dan kesehatan spiritual, Pendidikan kesehatan ini diadakan di Pesantren Al-Qur'an Baitul Qurro untuk memberikan pengetahuan tentang Covid-19. Bidang-bidang dalam profesi ini meliputi kesehatan lingkungan, kesehatan jasmani, kesehatan sosial, kesehatan emosional, kesehatan intelektual, dan kesehatan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah pengetahuan kesehatan siswa dalam meningkatkan derajat kesehatan siswa di SMPIT dan SMAIT Baitul Qurro Jakarta. Systematic Random Sampling. Tim pelaksana menyiapkan alat dan bahan yang digunakan dalam kegiatan. Persiapan ini difokuskan untuk mempersiapkan segala media dan peralatan yang dibutuhkan untuk melaksanakan kegiatan ini. Kegiatan tersebut dilakukan dengan memberikan edukasi dengan pamflet dan leaflet, dengan adanya pamflet dan leaflet edukasi, siswa mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang Covid-19. Mengembangkan praktik kesehatan yang diinginkan dan kebiasaan kesehatan. Juga kesadaran kesehatan di sekolah dan masyarakat.

 

Kata Kunci: Sekolah, Pendidikan Kesehatan, Covid-19


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alhumary, F. M. (2021). Evaluasi Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) PJOK Menggunakan SIGUM (Sistem Informasi Guru Mengajar) di SMA Negeri Se-Kota Binjai TP 2020/2021. UNIMED.

Amalia, S. (2021). Implementasi Asuransi Jiwa Syariah Di Tengah Pandemi Covid-19 Pada Pt. Asuransi Jiwa Prudential Cabang. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Darmawati. (2020). Dasar-Dasar Pendidikan Islam Pada Anak Usia Dini. Jurnal Adzkiya.

Gunardi, W. D. (2021). Pemeriksaan Diagnosis Laboratorium COVID-19: Keterbatasan dan Tantangannya Saat Ini. Jurnal Kedokteran Meditek, 27(2), 173–182.

Karina, Z., & Sodik, M. A. (2018). Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesehatan.

Kurniawan, S. (2021). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dan Kebangsaan Dalam Pendidikan Pesantren (Studi Kasus Pondok Pesantren Universitas Islam Indonesia).

Labib, M. (2021). Health Examination To Student in Pesantren Baitul Qurro Jakarta. On The Pandemi Covid-19 Era. JURNAL ABDIMAS SERAWAI, 1(2).

Oktavia, M., Rahma, S., Akmalia, R., Teguh, A., Ramadhani, A., & Kusuma, A. (2021).Tantangan Pendidikan Di Masa Pandemi Semua Orang HarusMenjadi Guru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 122–128.

Rif’ati, M. I., Arumsari, A., Fajriani,

N., Maghfiroh, V. S., Abidi, A. F., Chusairi, A., & Hadi, C. (2018). Konsep Dukungan Sosial. Jurnal Penelitian: Fakultas Psikologi Universitas Airlangga Surabaya.

Rifa’i, I., Irwansyah, F. S., Sholihah, M., & Yuliawati, A. (2020). Dampak dan pencegahan wabah Covid-19: Perspektif sains dan Islam. Jurnal Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (LP2M).

Rosidin, U., & Suhendar, I. (2018). Penyuluhan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Tatanan Rumah Tangga Di RW 14 Desa Jayaraga Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 1(2).

Sari, H., Fahdi, F., Manulang, H. F., Bukit, H., Sitepu, S. A., & Hayati, E. (2021). Penyuluhan COVID-19 Dan Penerapan Protokol Kesehatan Di Kalangan Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Putri Hijau, 1(2), 79–84.

Sulaksono, G., & Wibowo, A. (2021). Studi Deskriptif Pelaksanaan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan pada Tingkat SMA Kelas XI Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 7(1), 82–90.

Syakhsiyah, I. N. (2021). Optimalisasi peran mahasiswa pendidikan dokter UIN Malang dalam upaya edukasi COVID-19 di Lawang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Tandra, H. (2021). VIRUS CORONA BARU COVID-19: Kenali, Cegah, Lindungi Diri Sendiri & Orang Lain. Rapha Publishing.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i11.7167

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License