Hubungan Self-Efficacy dengan Academic Burnout saat Pandemi COVID-19 pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak

Zehro Masitoh, Triyana Harlia Putri, Faisal Kholid Fahdi

Sari


ABSTRACT

 

The COVID-19 pandemic has had various negative impacts in the world of education, including the change in learning methods from offline to fully online. These conditions can increase academic burnout in students which affects the lecture process. There are individual factors that influence academic burnout, one of which is self-efficacy or student self-confidence. Knowing the relationship between self-efficacy and academic burnout during the COVID-19 pandemic for Nursing students at Tanjungpura University, Pontianak. This research is quantitative in nature using a correlation design with a cross sectional approach. The research instrument used the GSES and MBI-SS questionnaires on 185 mahasiswats who were taken by purposive sampling technique with stratified random sampling. Bivariate test in this study using Spearman rho. The results of the correlation test show that there is a relationship between self-efficacy and academic burnout during the COVID-19 pandemic for Nursing students at Tanjungpura University Pontianak with a value (p-value = 0.019) and a value (r = -0.172). The results of the research are negative, which means that the higher the self-efficacy, the lower the academic burnout and vice versa. There is a relationship between self-efficacy and academic burnout during the COVID-19 pandemic for Nursing students at Tanjungpura University, Pontianak.

 

Keywords: Self-efficacy, Academic Burnout, COVID-19 Pandemic

 

 

ABSTRAK

 

Kondisi pandemi COVID-19 memberikan berbagai dampak negatif dalam dunia pendidikan, diantaranya perubahan metode pembelajaran dari luring menjadi sepenuhnya daring. Kondisi tersebut dapat meningkatkan kejenuhan akademik (academic burnout) pada mahasiswa yang berpengaruh terhadap proses perkuliahan.Terdapat faktor individu yang mempengaruhi academic burnout, salah satunya adalah self-efficacy atau keyakinan diri mahasiswa. Mengetahui hubungan antara self-efficacy dengan academic burnout saat pandemi COVID-19 pada mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak. Penelitian bersifat kuantitatif menggunakan desain korelasi dengan pendekatan cross sectional. Instrumen penelitian mengggunakan kuesioner GSES dan MBI-SS pada 185 mahasiswa yang diambil dengan teknik purposive sampling dengan stratified random sampling. Uji bivariate dalam penelitian ini menggunakan Spearman rho. Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara self-efficacy dengan academic burnout saat pandemi COVID-19 pada mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak dengan nilai (p-value=0,019) dan nilai (r=-0,172). Hasil penelitian berarah negatif, yang bermakna semakin tinggi self-efficacy maka semakin rendah academic burnout dan sebaliknya. Terdapat hubungan antara self-efficacy dengan academic burnout saat pandemi COVID-19 pada mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura Pontianak.

 

Kata Kunci :Self-efficacy, Academic burnout, Pandemi COVID-19


Kata Kunci


Self-Efficacy ; academic burnout ; covid-19

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alimah, S. (2016). Gambaran Burnout Pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan Fikes Universitas Jenderal Soedirman. Universitas Jenderal Soedirman.

Arlinkasari, F., & Akmal, Z. (2017). Hubungan antara School Engagement , Academic Self-Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa. Humanitas, 1(2), 81–102.

Arrianti, M. (2017). Keyakinan Diri (Self Efficacy) dan Intensi Perilaku Mencontek Pada Saat Ujian (Issue 8.5.2017). Universiitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.

Bariyyah, K., & Latifah, L. (2015). Tingkat stress akademik mahasiswa [Universitas Kanjuruhan Malang]. In Respository Unikama. http://repository.unikama.ac.id/id/eprint/823

Firman. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Bioma, 2(1), 14–20.

Fitriati, A. N. (2018). Hubungan antara self-efficacy dengan hasil evaluasi osca mahasiswa Prodi Keperawatan Universitas Muhammadiyah Surakarta [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/64379

Haniba, S. W., Nawangsari, H., & Maunaturrahmah, A. (2018). Analisa faktor-faktor terhadap tingkat kecemasan pasien yang akan menjalani operasi (di Ruang Rawat Inap Melati RSUD Bangil Tahun 2018). In Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Medika Repository.

Khairani, Y., & Ifdil, I. (2015). Konsep Burnout pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Konselor, 4(4), 208. https://doi.org/10.24036/02015446474-0-00

Khansa, F., & Djamhoer, T. D. (2020). Hubungan academic self efficacy dengan academic burnout pada mahasiswa di Kota Bandung. Prosisding Psikologi, 6(2), 834–839.

Khatami, R. A. (2018). Hubungan Stres Terhadap Burnout Pada Mahasiswa Preklinik Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun Ajaran 2018/2019. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

KOA, S. I. F. . (2019). Hubungan self-efficacy dengan prestasi akademik mahasiswa S1 keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panakkukang Makasar. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Panakkukang.

Larengkeng, T., Gannika, L., & Kundre, R. (2019). Burnout dengan self efficacy pada perawat. E-Journal Keperawatan, 7, 1–7.

Lim, W. Y., Ong, J., Ong, S., Hao, Y., Abdullah, H. R., Koh, D. L. K., & Mok, U. S. M. (2020). The Abbreviated Maslach Burnout Inventory Can Overestimate Burnout: A Study of Anesthesiology Residents. Journal of Clinical Medicine, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.3390/jcm9010061

Maharani, D. M. (2019). Hubungan Antara Self-Esteem dengan Academic Burnout Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Semarang Tahun Ajaran 2018/2019 [Universitas Negeri Semarang]. In Skripsi. http://lib.unnes.ac.id/32751/

Mostafavian, Z., Farajpour, A., Ashkezari, S. N., & Shaye, Z. A. (2018). Academic Burnout and Some Related Factors in Medical Students. Journal of Ecophysiology and Occupational Health, 18(1&2), 1–5. https://doi.org/10.18311/jeoh/2018/20928

Naderi, M., Salahinejad, A., Ferrari, M. C. O., Niyogi, S., & Chivers, D. P. (2018). Dopaminergic dysregulation and impaired associative learning behavior in zebra fi sh during chronic dietary exposure to selenium *. Environmental Pollution, 237, 174–185. https://doi.org/10.1016/j.envpol.2018.02.033

Njim, T., Makebe, H., Toukam, L., Kika, B., Fonkou, S., Fondungallah, J., & Fondong, A. (2019). Burnout Syndrome amongst Medical Students in Cameroon: A Cross-Sectional Analysis of the Determinants in Preclinical and Clinical Students. Hindawi Psychiatry Journal, 2019. https://doi.org/10.1155/2019/4157574

Novrianto, R., Marettih, A. K. E., & Wahyudi, H. (2019). Validitas Konstruk Instrumen. Jurnal Psikologi, 15(1), 1–9.

Orpina, S., & Prahara, S. A. (2019). Self-efficacy dan Burnout Akademik pada Mahasiswa yang Bekerja. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 119–130. https://doi.org/10.30653/001.201932.93

Patil, S. K., Patkar, U. S., & Patkar, K. U. (2016). Comparision of Levels of Stress in Different Years of M.B.B.S. Students in A Medical College - An Observational Study. International Journal of Contemporary Medical Research, 3(6), 1655–1657.

Permatasari, N., Sutanto, L., & Ismail, N. S. (2021). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Tingkat Kejenuhan Akademik: Studi Empiris Pembelajaran Daring Semasa COVID-19. Jurnal Sosio Sains, 7(1), 36–50.

Putri, A. F. (2019). Pentingnya orang dewasa awal menyelesaikan tugas perkembangannya. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(2), 35–40. https://doi.org/https://doi.org/10.23916/08430011

Rad, M., Shomoossi, N., Rakhshani, M. H., & Sabzevari, M. T. (2017). Psychological Capital and Academic Burnout in Students of Clinical Majors in Iran. Acta Facultatis Medicae Naissensis, 34(4), 311–319. https://doi.org/10.1515/afmnai-2017-0035

Rahmawati, S. (2021). Dampak Psikologis Pembelajaran Jarak Jauh bagi Kesehatan Mental Mahasiswa. Universitas Al Azhar Indonesia.

Sagita, R. F., Suryawan, A., & Anis, W. (2021). Karakteristik penerimaan orangtua dalam menghadapi diagnosis autisme anak. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 5(2), 186–197. https://doi.org/10.20473/imhsj.v5i2.2021.186-197

Saleh, D., Camart, N., & Romo, L. (2017). Predictors of Stress in College Students. Frontiers in Psychology, 8(January), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2017.00019

Silvianingrum, T. (2021). Hubungan Self Efficacy Dan Academic Burnout Dimasa Pandemi Pada Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Widya Dharma Fase Quarter Life Crisis. Universitas Widya Dharma Klaten.

Sofyana, L., & Rozaq, A. (2019). Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 8(1), 81. https://doi.org/10.23887/janapati.v8i1.17204

Wang, J., Bu, L., Li, Y., Song, J., & Li, N. (2021). The mediating effect of academic engagement between psychological capital and academic burnout among nursing students during the COVID-19 pandemic: A cross-sectional study. Nurse Education Today, 102(September 2020), 104938. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2021.104938

Widyawati, Y., & Hanifah, U. (2020). Efikasi diri mahasiswa dalam membaca selama learning from home di masa pandemi COVID-19. Jurnal Kependidikan, 14(2), 190–202.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i12.7469

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License