Hubungan Gangguan Kecemasan dan Kualitas Tidur Remaja di SMA Santo Yosef Selama Masa Pandemi Covid-19

Danes Davin Richard, Eko Kristanto Kunta Adjie

Sari


ABSTRACT

 

Sleep is a state of decreased consciousness in a person, but brain activity is still awake. There are many factors that can lead to poor sleep quality, one of which is anxiety. Dense activity and the many demands in education are one of the factors that cause anxiety in adolescents. In addition, due to the COVID-19 pandemic, there have been major changes in education. The learning process that was previously offline has been changed to online. It can also cause anxiety in teens. Excessive anxiety can make it difficult for a person to initiate and maintain sleep. The purpose of this study was to determine anxiety disorders with sleep quality in adolescents at Santo Yosef Senior High School during the COVID-19 pandemic. This research is cross-sectional analytic with total sampling. The research subjects were students with a total of 84 respondents. Data was collected using an online questionnaire. The results showed 27 people (32.1%) with minimal anxiety and anxiety, 21 people (25.0%) with moderate anxiety, and 9 people (10.7%) with severe anxiety. A total of 62 people (73.8%) with poor sleep quality and 22 people (26.2%) with good sleep quality. The results of the Chi-square test showed no significant result between anxiety disorders and sleep quality (P = 0.092). The conclusion of this study is that there is no significant relationship between anxiety disorders and adolescent sleep quality at Santo Yosef High School during the COVID-19 pandemic.

 

Keywords: Sleep Quality, Anxiety, COVID-19.

 

 

ABSTRAK

 

Tidur merupakan suatu keadaan terjadi penurunan kesadaran pada seseorang, tetapi aktivitas otak masih terjaga. Terdapat banyak faktor yang dapat mengakibatkan kualitas tidur kurang baik, salah satunya faktor kecemasan. Aktivitas yang padat serta banyaknya tuntutan dalam pendidikan merupakan salah satu faktor penyebab kecemasan pada remaja. Selain itu akibat adanya pandemi COVID-19, menyebabkan terjadi perubahan besar dalam pendidikan. Proses pembelajaran yang dulu dilakukan secara luring, dialihkan dan dilaksanakan secara daring. Hal ini juga dapat menyebabkan kecemasan pada remaja. Rasa cemas yang berlebihan dapat menyebabkan seseorang sulit untuk memulai dan mempertahankan tidurnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan gangguan kecemasan dengan kualitas tidur pada remaja di SMA Santo Yosef selama masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bersifat analitik potong lintang dengan pengambilan sampel dilakukan secara total sampling. Subjek penelitian adalah siswa-siswi dengan jumlah sebanyak 84 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online. Hasil penelitian menunjukkan 27 orang (32,1%) dengan kecemasan minimal dan kecemasan ringan, 21 orang (25,0%) dengan kecemasan sedang, dan 9 orang (10,7%) dengan kecemasan berat. Sebanyak 62 orang (73,8%) dengan kualitas tidur buruk dan 22 orang (26,2%) dengan kualitas tidur baik. Hasil uji Chi-square menunjukkan hasil tidak signifikan antara gangguan kecemasan dan kualitas tidur (P = 0,092). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak adanya hubungan yang signifikan antara gangguan kecemasan dan kualitas tidur pada remaja di SMA Santo Yosef selama masa pandemi COVID-19.

 

Kata Kunci: Kualitas Tidur, Kecemasan, COVID-19.


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abadi, F. F. (2022). Hubungan resiliensi dengan stress akademik pada santri kelas X sepuluh IPS Al Izzah Leadership School Batu Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim].

Amelia, S. R., Utami, A., & Roslita, R. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kualitas Hidup Anak Dengan Talasemia. Jurnal Keperawatan Abdurrab, 6(1), 18-32.

Amen, D. G. (2020). The End of Mental Illness: How Neuroscience is Transforming Psychiatry and Helping Prevent Or Reverse Mood and Anxiety Disorders, ADHD, Addictions, PTSD, Psychosis, Personality Disorders, and More. Tyndale Momentum.

Amid, S., Ati, N., & Subandi, S. (2022). Penerapan Aromaterapi Lavender Terhadap Penurunan Kecemasan Mahasiswa Poltekkes Kemenkes Bandung Dalam Mengikuti Pembelajaran Online Politeknik Kesehatan Kemenkes Bandung].

Dewi, R., Kp, S., Kes, M., & Kep, M. (2021). Teknik relaksasi lima jari terhadap kualitas tidur, fatique dan nyeri pada pasien kanker payudara. Deepublish.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid-19. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1-4.

Ford, S., O'Driscoll, M., & MacDonald, A. (2018). Living with Phenylketonuria: Lessons from the PKU community. Molecular genetics and metabolism reports, 17, 57-63.

Gunarsa, S. D., & Wibowo, S. (2021). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Kebugaran Jasmani Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani, 9(01), 43-52.

Hanggoro, A. Y., Suwarni, L., Selviana, S., & Mawardi, M. (2020). Dampak psikologis pandemi Covid-19 pada tenaga kesehatan: A studi cross-sectional di Kota Pontianak. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 15(2), 13-18.

HSB, R. A., Simbolon, P., & Siregar, N. H. (2021). Analisis Kejenuhan Belajar Siswa Analisis Kejenuhan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMA Negeri 1 Ulu Barumun. JURNAL EDUGENESIS, 4(2), 47-54.

Isnani, D. M. W. (2022). Konseling Islam dengan terapi Dzikir untuk mengurangi anxiety disorder pada seorang remaja saat pandemi covid-19 di Desa Pasinan Lemah Putih Gresik UIN Sunan Ampel Surabaya].

Lestari, A. D., Junaid, M., & Wirman, R. P. (2021). Hubungan Kejenuhan Belajar Secara Daring Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Sekolah Menengah Atas Islam Al-Falah Kota Jambi UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi].

Madeira, A., Wiyono, J., & Ariani, N. L. (2019). Hubungan Gangguan Pola Tidur Dengan Hipetensi Pada Lansia. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 4(1).

Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemi covid-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192-201.

Muslimin, K., Kom, M., & Maswan, M. (2021). Kecemasan Komunikasi: Mengatasi Cemas Berkomunikasi di Depan Publik. UNISNU PRESS.

Oktamarin, L., Kurniati, F., Sholekhah, M., Nurjanah, S., Oktaria, S. W., & Apriyani, T. (2022). Gangguan Kecemasan (Axiety Disorder) Pada Anak Usia Dini. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(01 April), 116-122.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541-544.

Permatasari, U. G., Muhartomo, H., & Sarjana AS, W. (2019). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Fungsi Kognitif Mahasiswa Tingkat Akhir Kedokteran Umum Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Faculty of Medicine].

Perrotta, G. (2019). Panic disorder: definitions, contexts, neural correlates and clinical strategies. Current Trends in Clinical & Medical Sciences, 1.

Prajayanti, E. D., & Sari, I. M. (2022). Pijat Kaki (Foot Massage) Terhadap Kualitas Tidur Penderita Hipertensi. Nursing Sciences Journal, 6(1), 49-54.

Ratnaningtyas, T. O., & Fitriani, D. (2020). Hubungan kecemasan dengan kualitas tidur pada mahasiswa tingkat akhir. Edu Masda Journal, 4(1), 21-31.

Rosana, N., & Maeda, C. (2021). Penyembuhan Gangguan Mental dengan Terapi Shirodhara dalam Pengobatan Ayurveda. Jurnal Yoga dan Kesehatan, 4(2), 216-227.

Sari, N. R. (2020). Peningkatan Kualitas Tidur Lansia dengan Terapi Dzikir: Literatur Review.

Shahzad, F., Du, J., Khan, I., Fateh, A., Shahbaz, M., Abbas, A., & Wattoo, M. U. (2020). Perceived threat of COVID-19 contagion and frontline paramedics’ agonistic behaviour: employing a stressor–strain–outcome perspective. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(14), 5102.

Yulianti, S. (2021). Hubungan Pengetahuan Dan Perilaku Dengan Tingkat Kecemasan Remaja Terhadap Covid-19 Pada Siswa Di Pesantren Pancasila Kota Bengkulu: Relationship Of Knowledge And Behavior With Adolescent Anxiety Against Covid-19 In Students In Pesantren Pancasila Bengkulu City. Jurnal Ilmiah Kebidanan (Scientific Journal of Midwifery), 7(1), 53-58.

Zhang, Y., Ding, H., Song, Q., Wang, Z., Yuan, W., Ren, Y., Zhao, Z., & Wang, C. (2020). Angiotensin II inhibits osteogenic differentiation of isolated synoviocytes by increasing DKK-1 expression. The International Journal of Biochemistry & Cell Biology, 121, 105703.

Zumiarti, S., & Kom, M. (2022). Dimensi Kesehatan Biologis Dan Psikologi Kesehatan Mental. Kesehatan Mental (Teori dan Penerapan), 291.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i12.7508

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License