Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Husada Kota Bandar Lampung

Nur Hidaya Tulaisyah, Usastiawaty Cik Ayu Saadiah Isnainy, Aryanti Wardiyah

Sari


ABSTRACT

 

The quality of hospital health services in Indonesia has been recognized internationally. This has been proven by the issuance of an accreditation certificate from The International Society for Quality in Health Care (ISQua) for the National Hospital Accreditation Standard. The National Hospital Accreditation Standard latest accreditation standard made by the Hospital Accreditation Commission independently. Pertamina Bintang Amin Hospital by taking a letter from the recapitulation of client satisfaction on the quality of nursing care for nurses, the results of patient and family perceptions are obtained with the criteria of nurses in the category of satisfied 86% and dissatisfied 14%. Meanwhile, for patient satisfaction with services at the hospital, 92% said they were satisfied, and 8% said they were not satisfied. This study aims to determine the relationship between the quality of nursing services and the level of patient satisfaction at Pertamina Bintang Amin Husada Hospital, Bandar Lampung City in 2022. The type of research used was quantitative, the research design used an analytical survey, with a cross-sectional approach. The population in this study were 783 patients who were hospitalized at Bintang Amin Hospital, while the sample was taken with the slovin formula so that the total number of respondents was 178 respondents. The sampling technique used purposive sampling. Analysis of univariate and bivariate data using chi-square test. This research was conducted from May to June 2022. Most of the quality of nursing services in the poor category with a percentage of 58.4%. Most of the patient satisfaction in the bad category as much as 57.3%. There is a relationship between the quality of nursing services and the level of patient satisfaction at Pertamina Bintang Amin Husada Hospital Bandar Lampung City in 2022 with a p-value of 0.000. This research can be used as input to improve the quality of nursing services in providing more services for patients, by means of nurses showing readiness when performing nursing services.

 

Keywords: Quality of Nursing Services, Level of Satisfaction, Patients

 

ABSTRAK

 

Mutu pelayanan kesehatan rumah sakit di Indonesia telah diakui secara internasional. Hal tersebut telah dibuktikan dengan diberikannya sertifikat akreditasi The International Society for Quality in Health Care (ISQua) untuk Standar Nasional Akreditasi RS (SNARS). SNARS merupakan standar akreditasi terbaru yang dibuat oleh Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) secara mandiri. Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin dengan melakukan pengambilan surat hasil rekapitulasi kepuasan klien terhadap kualitas asuhan keperawatan perawat didapat hasil persepsi pasien dan keluarga dengan kriteria perawat dengan kategori puas 86% dan tidak puas 14%. Sedangkan untuk kepuasan pasien terhadap layanan di RS 92% menyatakan puas, dan 8% menyatakan tidak puas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Husada Kota Bandar Lampung Tahun 2022. Jenis penelitian menggunakan kuantitatif, rancangan penelitian menggunakan survey analitik, dengan pendekatan crosssectional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 783 pasien yang melakukan rawat inap di Rumah Sakit Bintang Amin, sedangkan sampel diambil dengan rumus slovin sehingga didapat jumlah sebanyak 178 responden. Teknik sampling menggunakan purposive sampling.  Analisa data univariat dan bivariat menggunakan uji chisquare. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei s/d Juni tahun 2022. Sebagian besar kualitas pelayanan keperawatan dengan kategori buruk dengan persentase 58.4 %. Sebagian besar kepuasan pasien dengan kategori buruk sebanyak 57.3 %. Ada Hubungan kualitas pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Husada Kota Bandar Lampung Tahun 2022 dengan hasil p-value 0.000. Penelitian ini dapat sebagai bahan masukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dalam memberikan pelayanan yang lebih bagi bagi pasien, dengan cara perawat menunjukan kesiapan ketika melakukan pelayanan keperawatan.

 Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Keperawatan, Tingkat Kepuasan, Pasien


Kata Kunci


Kualitas Pelayanan Keperawatan, Tingkat Kepuasan, Pasien

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aaker, D. A., Biel, A. L., & Biel, A. (2013). Brand equity & advertising: advertising's role in building strong brands. Psychology Press.

Anggraeni, R. N. (2019). Tingkat kepuasan pasien swamedikasi terhadap pemberian informasi obat di apotek siaga kecamatan pandaan kabupaten pasuruan (Doctoral dissertation, Akademi Farmasi Putra Indonesia Malang).

Asmuji, A. (2016). Manajemen Keperaatan Konsep dan Aplikasi (M. Sandra Ed.). Yogyakarta: Ar.Ruzz Media.

Badriya, L. (2021). Tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan kefarmasian di apotek bareng Kota Malang (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).

Darmin, D. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Asuhan Keperawatan Dengan Tingkat KepuasanPasien Di Ruang Interna RSUD Kota Kotamobagu. MIRACLE Journal, 1(2), 29-35.

Dinas Kesehatan Provinsi Lampung. (2014). Provil Kesehatan Provinsi Lampung tahun 2014. Diakses dari: https://dinkes.lampungprov.go.id/profil-kesehatan-provinsi-lampung-tahun-2014/

Fadilah, A., & Yusianto, W. (2019). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Bedah Di RSUD dr. Loekmono Hadi Kudus. Jurnal Keperawatan dan Kesehatan Masyarakat Cendekia Utama, 8(1), 35-44.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2016). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 tentang standar pelayanan kefarmasian diapotek. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 3 tahun 2020 tentang klasifikasi dan perizinan rumah sakit. Diakses dari

Khamida, K., & Mastiah, M. (2015). Kinerja Perawat Dalam Memberikan Asuhan Keperawatan Berpengaruh Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Journal of Health Sciences, 8(2).

Krisnawati, T., Utami, N. W., & Lasri, L. (2017). Hubungan Kinerja Perawat dengan Kepuasan Pasien Ruang Rawat Inap di Rumah Sakit Panti Waluya Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(2).

Librianty, N. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatandengan Tingkat KepuasanPasien Rawat Inap di Puskesmas Sungai Sirih Kab. KuansingTahun 2017. Jurnal Doppler, 2(1).

Muninjaya, A. G. (2015). Health Management. Jakarta: Book Publisher. EGC Medicine.

Nursalam, D. (2014). Manajemen Keperawatan" Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional.

Nursalam, P. D. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional (PP Lestari (ed.).

Nursalam, M. K. (2002). Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Profesional. Salemba Medika, Jakarta.

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan tentang Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit. Peraturan Kementerian Kesehatan RI no 7 tahun 2019. Diakses dari: https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/111721/permenkes-no-7-tahun-2019

Pohan, I. S. (2003). Jaminan Mutu Pelayanan Kesehatan, Dasar-dasar Pengertian. Jakarta: Kesaint Blanc.

Pohan, I. S. (2007). Jaminan mutu layanan kesehatan: dasar-dasat pengertian dan penerapan. EGC.

Pulungan, R. M., Fithri, N. K., Priyambodo, R., Novitasari, S., & Wiradati, M. (2021). Gambaran Kondisi Kesehatan Berdasarkan Data Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Kota Bekasi. Afiasi: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 30-44.

Racham, T. (2017). Kepuasan Pelanggan. Manajemen Kualitas.

Ritonga, I. L., & David, M. (2020). Hubungan Layanan Asuhan Keperawatan Oleh Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Sakura RumahSakitUmum Imelda Pekerja Indonesia Medan. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 6(2), 128-135.

Saputro, A. D. (2015). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Tanggungan BPJS Dirumah Sakit Bethesda Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Suarli, S., & Bahtiar, Y. (2019). Manajemen keperawatan dengan pendekatan praktis.

Sudibyo, A. R. (2014). Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di RSIA Srikandi IBI JemberTahun 2014.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran jasa–prinsip, penerapan, dan penelitian. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2003). TQM: Total Quality Management. Andi offset. Yogyakarta, 132-148.

Triwibowo, C. (2013). Manajemen Pelayanan Keperawatan Dirumah Sakit.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i10.7719

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License