Efektifitas Pelatihan Pertolongan Pertama Henti Jantung dengan Model Selamat terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Masyarakat Kota Pontianak

Uti Rusdian Hidayat, Fauzan Alfikrie, Debby Hatmalyakin, Ali Akbar, Nurpratiwi Nupratiwi, Mimi Amaludin

Sari


ABSTRACT

 

Cardiac arrest outside the hospital or commonly called OCHA (Out of Hospital Cardiac Arrest) is a condition that often threatens a person's life. In some countries the incidence of OHCA has increased and for the most part only a few victims have survived. This condition is related to the low rate of BLS first aid in cardiac arrest in the community and the time required by health workers to the scene. This will certainly affect the survival rate of patients with cardiac arrest outside the hospital. This study aims to see the effectiveness of Cardiac Arrest First Aid Training with the SELAMAT model on the knowledge and skills of the people of Pontianak City in 2021. This study uses a quantitative method using a quasi-experimental design (quasi-experimental) with a pre and post test design with control, namely to intervene in two groups. The results of this study indicate that cardiac arrest first aid training with the SELAMAT model is effective in increasing the knowledge and skills of the Pontianak city community with p = 0.000 each. There is a need for further development in the application of the technology-based SELAMAT model to facilitate first aid for cardiac arrest.

 

Keywords: BLS, SELAMAT, Knowledge, Skills

 

 

ABSTRAK

 

Henti jantung di luar rumah sakit atau yang biasa disebut OCHA (Out of Hospital Cardiac Arrest) merupakan kondisi yang seringkali mengancam hidup seseorang. Di beberapa negara kejadian OHCA mengalami peningkatan dan sebagian besar hanya sedikit korban yang bisa selamat. Kondisi ini berkaitan dengan rendahnya angka pertolongan pertama BHD pada henti jantung di masyarakat serta waktu yang dibuthkan tenaga kesehatan ke lokasi kejadian. Hal ini tentunya akan mempengaruhi tingkat keberlangsungan hidup pasien dengan henti jantung di luar rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk melihat Efektifitas Pelatihan Pertolongan Pertama Henti Jantung Dengan Model SELAMAT Terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Masyarakat Kota Pontianak. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan desain quasi experiment (eksperimen semu) dengan rancangan pre and post tes with control yaitu melakukan intervensi pada dua kelompok. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelatihan pertolongan pertama henti jantung dengan Model SELAMAT efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan masyarakat kota pontianak dengan masing-masing nilai p= 0,000.  Perlunya pengembangan lebih lanjut dalam penerapan model SELAMAT berbasis teknologi untuk memudahkan pertolongan pertama henti jantung.

 

Kata Kunci: BHD, SELAMAT, Pengetahuan, Keterampilan


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aha. (2020). Highlights of the 2020 American Heart Association Guidelines For CPR and ECC. American Journal of Heart Association, 53(9), 1689–1699.

Basri, A. H., & Istiroha, I. (2019). Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (BHD) Meningkatkan Pengetahuan dan Kesiapan Menolong Korban Kecelakaan Pada Tukang Ojek. Journals of Ners Community, 10(2), 185–196.

Buzan, T. (2006). Use Your Memory – Gunakana Memori Anda. Interaksara.

Drushlyak, M. G., Semenikhina, O. V., Proshkin, V. V., & Sapozhnykov, S. V. (2021). Training pre-service mathematics teacher to use mnemonic techniques. Journal of Physics: Conference Series, 1840(1), 12006.

González-Salvado, V., Rodríguez-Ruiz, E., Abelairas-Gómez, C., Ruano-Raviña, A., Peña-Gil, C., González-Juanatey, J. R., & Rodríguez-Núñez, A. (2020). Training adult laypeople in basic life support. A systematic review. Revista Española de Cardiología (English Edition), 73(1), 53–68.

Higbee, & Kenneth L. (1997). Your Memory: How it Works and how to Improve it. Prentice-Hall.

Keightley, E., & Pickering, M. (2012). The mnemonic imagination. In The Mnemonic Imagination (pp. 43–80). Springer.

Koksal, O., Sunbul, A. M., Ozturk, Y. E., & Ozata, M. (2013). The Impact of Mnemonic Devices on Attainment and Recall in Basic Knowledge Acquisition in Nursing Education. Mevlana International Journal of Education, 3(4).

Levett-Jones, T., & Guinea, S. (2017). The evolution of a mnemonic for quality simulation practices. Clinical Simulation in Nursing, 13(11), 552–561.

Qodir, A. (2020). Efektifitas Pelatihan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Keterampilan Batuan Hidup Dasar Pada Orang Awam. Jurnal Ilmiah Kesehatan Media Husada, 9(1), 15–20.

Trinurhilawati, T., Martiningsih, M., Hendari, R., & Wulandari, A. (2019). Pengetahuan Bantuan Hidup Dasar dan Keterampilan Tindakan Recovery Position Pada Kader Siaga Bencana. Jurnal Keperawatan Terpadu (Integrated Nursing Journal), 1, 78. https://doi.org/10.32807/jkt.v1i1.31




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i10.7784

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License