Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Klinik Revalisa Pangkalan Balai Kabupaten Banyuasin Provinsi Sumatra Selatan

Dwi Ris Andiyanto, Andi Yusuf, Muhammad Khadafi

Sari


ABSTRACT

 

Quality health services that can satisfy every service user in accordance with the level of community or patient satisfaction and its implementation in accordance with the applicable code of ethics and health service standards. Good service quality will create service user satisfaction and increase public trust. The quality of health services in health services such as hospitals, health centers, and clinics must be maintained because the level of patient satisfaction greatly determines the existence of an institution, especially health clinics, where the quality of health services plays a role in improving the health status of the community. The purpose of this study was to determine the factors that influence patient satisfaction in receiving health services at the Revalisa Clinic in Pangkalan Balai, South Sumatra Province. The research method used is quantitative with an analytical approach and cross-sectional design. The number of samples is 50 patients. Primary data collection was obtained by filling out the questionnaire. The analysis used was the Chi-Square test with a limit of significance (α) = 0.05. The results showed that there was a significant relationship between physical evidence, reliability, responsiveness, and empathy with patient satisfaction at the Pangkalan Balai Revalisa Clinic with p<0.05, while the unrelated variable is the assurance variable. The results of this study also indicate that the most dominant variable that has an impact on patient satisfaction is tangible, so it is necessary to make efforts to improve the quality of health services so that the public can know that the quality of health services and increase public trust in the revalisa clinic, besides that special attention needs to be paid. and serious in terms of improving facilities and infrastructure.

 

Keywords: Patient Satisfaction, Quality of Health Services, Patient Satisfaction

 

 

ABSTRAK

 

Pelayanan kesehatan yang berkualitas yang dapat memuaskan setiap pengguna jasa pelayanan sesuai dengan tingkat kepuasan masyarakat atau pasien serta penyelenggaraannya sesuai dengan kode etik dan standar pelayanan kesehatan yang berlaku. Kualitas pelayanan yang baik akan menciptakan kepuasan pengguna jasa dan meningkatkan kepercayaan masyarakat. Mutu pelayanan kesehatan pada pelayanan kesehatan seperti rumah sakit, puskesmas dan klinik haruslah tetap terjaga mutunya sebab tingkat kepuasan pasien sangat menetukan eksistensi suatu instansi terutama klinik kesehatan, dimana mutu  pelayanan kesehatan berperan dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Tujuan penelitian adalah mengetahui factor yang berpengaruh terhadap kepuasan Pasien dalam Menerima Pelayanan Kesehatan Di Klinik Revalisa Pangkalan Balai Provinsi Sumatra Selatan. Metode penelitian yang digunakan adalah Kuantitatif dengan Pendekatan analitik dan desain cross sectional. Jumlah sampel sebanyak 50 pasien. Pengumpulan data primer diperoleh dari pengisian kuesioner. Analisis yang digunakan adalah uji Chi-Square dengan batas kemaknaan (α) = 0,05.hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara  bukti fisik, kehandalan, daya tanggap dan emphati  dengan kepuasan pasien di Klinik Revalisa Pangkalan Balai  dengan nilai , sedangkan variable yang tidak berhubungan adalah variable assurance. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa variable yang paling dominan yang memberikan dampak pada kepuasan pasien adalah tangible sehingga perlu dilakukan upaya-upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan agar masyarakat dapat mengetahui bahwa mutu pelayanan kesehatan dan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap klinik revalisa, selain itu perlu dilakukan perhatian khusus dan serius dalam hal peningkatan sarana dan prasarana.

 

Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Pasien


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Aprilia, Endang H. (2008). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat

Jalan Terhadap Kualitas Pelayana Instalasi Farmasi Rumah Sakit Umum. Jurnal, Diakses Tanggal 19 Juni 2021

Anisa, Yulia (2022) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bhayangkara Tk. Iii Banjarmasin Tahun 2022. Diploma Thesis, Universitas Islam Kalimantan Mab

Aswand. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Penggunaan Vending Machine Pada Pt Railink Cabang Medan. Jurnal Bisnis Corporate :Vol. 5 No. 1 Juni 2020

Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : Pt Cipta

Azwar, Azrul. (1993). Menjaga Mutu Pelayanan Kesehatan”, Grafika, Medika Pers, Jakarta.

Bruce, Andy & Langdon, Ken. (2004). Mengutamakan Pelanggan. Jogyakarta : Zenith Publizer.

Danim, Sudarwan. (2000). Metode Penelitian Untuk Ilmu-Ilmu Perilaku. Jakarta: Bumi Aksara

Safitri. Dedek, Dkk. (2022). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Pengguna Bpjs Di Puskesmas Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan

Depkes Ri. (1993). Pedoman Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta

Hamid, Achir Y. (2007). Buku Ajar Riset Keperawatan: Konsep, Etika & Instrumen. Jakarta: Egc

Hatmoko. (2006). Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Rantepao Kabupaten Toraja Utara Tahun 2013. Jurnal Akk Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin

Hidayat, A Aziz. (2004). Pengantar Konsep Dasar Keperawatan. Jakarta : Salemba Medika

Kotler, Philip., Keller, Kevin. (2007). Marketing Manajement. Indonesia. Pt Manca Jaya Cemerlang

Lita Astrid, 2020. Pengaruh Manajemen Puskesmas Terhadap Mutu Pelayanan Puskesmas Si Kota Ambon, Tesis Pascasarjana Fkm Unhas

Lupiyoadi. (2012). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Iii Pada Rs. Roemani Muhammadiyah Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang 2012

Mustika, Rinda. (2014). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Bpjs Terhadap Kepuasan Pasien. Stikes Hang Tuah Surabaya 2014.

Muninjaya, Aa. Gde. (2004). Manajemen Kesehatan. Jakarta : Egc

Notoatmodjo, Soekidjo. (2002). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Parasuraman, A. Valerei, A. Zeithman., Leonard I Berry. (2002). Conceptual Model Of Service Quality And Its Implecation For Future Research.

Pohan, Imbalo S. (2006). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan .Jakarta : Egc

Putu Alvina Yustikadevi. (2022). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Layanan Kesehatan Gigi Dan Mulut Di Klinik Bahayangkara Polresta Denpasar Tahun 2022. Poltekes Denpasar

Rahmi. (2002). Analisis Hubungan Antara Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Lanto Dg. Passewang Kab. Jeneponto Tahun 2002. Tesis, Program Pascasarjana Unhas.

Sanriwifa, Sitinja. (2018). Tingkat Kepuasan Mahasiswa Tentang Mutu Pelayanan Klinik Pratama Santa Elisabeth Medan

Zalima, Siti. (2002). Studi Kualitas Pelayanan Program Bina Usia Lanjut Di Puskesmas Plus Daya Tahun 2002. Skripsi Fkm Unhas




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i2.7800

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License