Strategi Peningkatan Perilaku Caring dalam Asuhan Keperawatan pada Mahasiswa Keperawatan di Stikes Permata Nusantara

Asep Suryadin, Ujang Nurjaman, Ujang Cepi Barlian, Suharyanto H Soro

Sari


ABSTRACT

 

Caring behavior (care) of nurses is a guarantee of quality care services. Caring is a term that should be synonymous with nursing. Most students choose to enter nursing because they have a desire to care for others. While some nurses may be skilled, being a real nurse can be judged by the caring behavior they provide to clients. Caring is the essence of nursing which means responsiveness between nurses and clients. Knowledge of management strategies for improving Caring behavior in nursing care. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. This study resulted in five themes, the themes are 1) Planning strategies for improving Caring behavior in nursing care 2) Organizing an increase in Caring behavior in nursing care 3) Implementation of strategies for improving Caring behavior in nursing care 4) Evaluation of improving Caring behavior in nursing care 5) Factors the obstacles faced and solutions to overcome the inhibiting factors for increasing Caring behavior in nursing care. Caring behavior improvement strategy in nursing care is to form an altruistic humanistic value system that is taught to students while undergoing nursing education so that they have human values through planning, organizing, implementing and evaluating.

 

Keywords: Strategy, Caring Behavior, Nursing Care

 

 

ABSTRAK

 

Perilaku Caring (kepedulian) perawat menjadi jaminan akan layanan perawatan bermutu. Caring adalah istilah yang harus identik dengan keperawatan. Sebagian besar siswa memilih untuk masuk keperawatan karena mereka memiliki keinginan untuk peduli dengan orang lain. Sementara beberapa perawat mungkin terampil, namun menjadi perawat yang sesungguhnya dapat dinilai dari prilaku Caring yang mereka berikan ke klien. Caring merupakan intisari dari keperawatan yang mengandung arti responsive antara perawat dengan klien. Diketahuinya manajemen strategi peningkatan perilaku Caring dalam asuhan keperawatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menghasilkan lima tema, tema tersebut yaitu 1) Perencanaan staregi peningkatan perilaku Caring dalam asuhan keperawatan 2) Pengorganisasian peningkatan perilaku Caring dalam asuhan keperawatan 3) Implementasi strategi peningkatan perilaku Caring dalam asuhan keperawatan 4) Evaluasi peningkatan perilaku Caring dalam asuhan keperawatan 5) Faktor penghambat yang dihadapi dan solusi mengatasi faktor penghambat peningkatan perilaku Caring dalam asuhan keperawatan. Strategi peningkatan perilaku Caring dalam asuhan keperawatan yaitu membentuk sistem nilai humanistik altruistik  yang diajarkan kepada mahasiswa saat menjalani pendidikan keperawatan agar memiliki nilai-nilai kemanusiaan melaui perencanaan, pengorganisasia, implementasi dan evaluasi.

 

Kata Kunci: Strategi, Perilaku Caring, Asuhan Keperawatan


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Alligood, M. R. (2016). Nursing Theorists And Their Work 8th Edition. Usa: Mosby

Asmadi. (2008) Teknik Prosedural Konsep & Aplikasi Kebutuhan Dasar Klien. Jakarta:Penerbit Salemba

Helen Iggulden (2009) Clinical Skill: The Essence Of Caring. Newyork: Mcgraw Hil

Hermawan, Hadi, 2009, Persepsi Pasien Tentang Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Dalam Asuhan Keperawatan Pada Pasien Di Unit Gawat Darurat Rs. Mardi Rahayu Kudus.

Hunger, J. David Dan Wheelen, Thomas L (2003) Manajemen Strategis,Yogyakarta: Andi

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru Dan Siswa. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya Offset

Lindh I-B, Barbosa Da Silva A, Berg A, Severinsson E. (2010) Courage And Nursing Practice: A Theoretical Analysis. Nursing Ethics. 2010;17(5):551-565. Doi:10.1177/0969733010369475

Lumbatobing, Valentina, Dkk. (2019). Persepsi Mahasiswa Dan Tenaga Kependidikan Tentang Perilaku Caring Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Di Fakultas Keperawatan Unpad. Journal Of Nursing Care & Biomolecular – Vol 4 No 1.

Mariyanti, S. (2017). Profil Psychological Well Being Mahasiswa Reguler Program Studi Psikologi Semester 1 Di Universitas Esa Unggul. Jurnal Psikologi, 15(2), 45–50. Https://Jpsikologi.Esaunggul.Ac.Id/Index.Php/Jpsi/Article/View/20

Moleong, L.J., (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya

Nurhadi, A. (2020). Implementasi Manajemen Strategi Berbasis Pembiasaan Dalam Menumbuhkan Karakter Religius Siswa Di Sman 1 Galis Pamekasan. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 3(1), 65–76. Https://Doi.Org/10.31943/Afkar_Journal.V3i1, January.84

Nursalam. (2015). Manajemen Keperawatan (5th Ed.). Jakarta: Egc

Susilaningsih, Nur. 2013. Pengaruh Kepemimpinan, Disiplin, Motivasi, Pengawasan, Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Wonogiri). Jurnal Excellent Vol.1 No.2 September 2013. Stie Aub Surakarta

Watson, J. (2010). Watson’s Theory Of Human Caring And Subjective Livingexperiences: Carative Factors/Caritas Processes As A Disciplinary Guide To The Professional Nursing Practice. Texto & Contexto - Enfermagem, 16(1), 129– 135. Https://Doi.Org/10.1590/S0104- 07072007000100016




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v4i11.7884

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License