Efektifitas Metode Pembelajaran Kartu Berwarna dan Metode Pembelajaran Ceramah Terhadap Pemahaman Mahasiswa Dalam Menentukan Diagnosis, Intervensi dan Luaran Keperawatan
Sari
ABSTRACT
Every teacher have unique ways to deliver their learning materials, structure and certain purpose in deliver their materials. It is called learning method. Learning method consist of many thecnique, some of them are lecture method and visual method. In this research a group of sample was given a color card set and the other group was given lecture method learning. The purpose of this research was to see the effectiveness between the two learning methods in student comprehension in deciding nursing diagnosis, nursing intervention, and nursing outcome. The method of this research was quasy experiment with pre test and post test nonequivalent control group design. The population for this research was active student in 5th semester with 60 total samples. Sample was choosen using concecutive sampling method. The result of paired t-test on difference of pre and post intervention between two groups, the color card methods obtained p value of 0.038 and lecture method obtain p value 0.102. Meanwhile, the result of mann-whitney u-test showed that there was no difference of comprehension in deciding nursing diagnosis, nursing intervention, and nursing outcome between the two groups with p value = 0.240. The color card method was effective in increasing student comprehension. Meanhwile, between the two methods of color card method and lecture method showed neither group was more effective.
Keywords: Learning Method, Visual, Lecture, Comprehension, Student
ABSTRAK
Tenaga pendidik menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang berbda-beda, terstruktur dan memiliki tujaun tertentu. Hal itu disebut juga dengan metode pembelajaran. Metode pembelajaran terdiri dari banyak jenis beberapa diantaranya adalah metode media visual yang dalam penelitian ini akan diberikan dalam satu set kartu berwarna pada satu kelompok dan metode ceramah pada kelompok lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat keefektifan metode pembelajaran kartu berwarna pemahaman mahasiswa, keefektifan metode pembelajaran ceramah terhadap kemampuan mahasiswa dan membandingkan keduanya. Metode penelitian yang akan digunakan adalah quasy experiment dengan desain pretest dan post test nonequivalent control group. Populasi adalah mahasiswa aktif pada semester 5 dengan total sampel 60. Sampel akan dipilih menggunakan metode consecutive sampling. Hasil uji paired t-test pada perbedaan pemahaman sebelum dan sesudah diberikan intervensi pada dua kelompok didapatkan p value 0.038 pada kelompok metode pembelajaran kartu berwarna dan p value 0.102 pada kelompok metode pembelajaran ceramah. Sedangkan untuk menunjukan metode mana yang lebih efektif pada hasil uji mann-whitney u-test didapatkan hasil p value = 0.240. Metode pembelajaran kartu berwarna efektif dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa. Sedangkan, antara metode pembelajaran kartu berwarna dan metode pembelajaran ceramah diantara kedua metode tersebut tidak ada yang lebih efektif.
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Visual, Ceramah, Pemahaman, Mahasiswa
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Arsyad. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.
Dharma, K. K. (2011). Metodologi Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.
Hamalik, O. (2011). Proses Belajar Mengajar. PT Bumi Aksara.
Hamdayana, J. (2016). Metodologi Pengajaran. Bumi Aksara.
Harto, K. (2012). Active Learning Dalam Pembelajaran Agama Islam, Rekonstruks Model Pembelajaran PAI di Sekolah dan Madrasah. Pustaka Felicha.
Iffatun Rosyidah, W. (2016). Efektifitas Ceramah Dan Audio Visual Dalam Peningkatan Pengetahuan Dismenorea Pada Siswi SMA. Jurnal STIK ’Aisyiyah Surakarta, 14(2), 10. http://jurnal.stikes-aisyiyah.ac.id/index.php/gaster/article/view/120/113
Lusiana, A., Ellyda, W. R., & Istri, U. (2020). Ceramah Dan Audio Visual Terhadap [Universitas ’Aisyiyah Yogyakarta]. http://digilib.unisayogya.ac.id/id/eprint/5373
Majid, A. (2009). Perencanaan Pembelajaran. PT Remaja Rosda Karya.
PPNI, T. P. S. D. (2017). Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia: Definisi dan Indikator Diagnostik (1st ed.). Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.
PPNI, T. P. S. D. (2018a). Standar Intervensi Keperawatan Indonesia: Definisi dan Tindakan Keperawatan (1st ed.). Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.
PPNI, T. P. S. D. (2018b). Standar Luaran Keperawatan Indonesia: Definisi dan Kriteria Hasil Keperawatan (1st ed.). Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perawat Nasional Indonesia.
Purwanto, N. (2010). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Remaja Rosdakarya.
sanjaya, wina. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media Group.
Sadiman, A. S. (2011). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya . Jakarta: Raja Grafinfo Persada.
Sari, D., & Lestari, N. D. (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Mahasiswa. Jurnal NERACA, 71-80. doi:http://dx.doi.org/10.31851/neraca.v2i2.2690
Sudjana, N. (2005). Dasar Dasar Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Sudjana, N. (2012). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Remaja Rosdakarya.
Syaiful, J. B., & Azman, Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Reneka Cipta.
Yogo, B. T. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Poster Comment Didukung Media Visual Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Hubungan Antara Makhluk Hidup Dengan Lingkungannya Pada Siswa Kelas IV SDN PELEM 1 Kabupaten Nganjuk Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Simki Pedagogia. doi:https://doi.org/10.29407/jsp.v3i5.3
Zaini, Hisyam; Muthe, Bermawy; Ayu, S. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Pustaka Insan Madani.
DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i3.8152
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Penerbit: Universitas Malahayati
Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License