Pengaruh Bimbingan secara Daring dan Lamanya Penyelesaian Tugas Akhir terhadap Nilai Tugas Akhir

Sunaryo Joko Waluyo, Aprilia Nuryanti

Sari


ABSTRACT

 

The COVID-19 pandemic has had a major impact on the order of human life, both on the social, cultural, state, and spiritual order as well as on the education sector. education staff and lecturers should innovate to provide innovative and effective lectures in the midst of the pandemic. Lecturers must always think and find solutions and creative ideas to produce quality learning.

This study aims to determine whether there is an effect of online tutoring and the duration of the completion of the final project on the final assignment score for 6th semester students of the Diploma Nursing Study Program, Insan Husada Polytechnic Surakarta. Methodology The research used is descriptive correlational research. The research sample consisted of 49 respondents. The instrument uses a questionnaire and statistical testing using the SPSS application. 25. According to the findings of this study, there was a significant influence on the final assignment score of 68.8% in the online guidance process and the duration of completion of the final project, while the remaining 31.1% was influenced by other variables. The final project guidance process, which is carried out online, and the time of completion of the final project affect the final project value obtained by students. The guidance process still greatly determines the success of students in completing the final project/KTI.

 

Keywords: Online Guidance, Finish Time Final Project, Final Project Grade

 

 

ABSTRAK

 

Pandemi COVID-19 telah memberikan dampak yang besar terhadap tatanan kehidupan manusia, baik pada tatanan sosial, budaya, kenegaraan, dan kerohanian maupun pada sektor pendidikan. tenaga kependidikan dan dosen harus berinovasi untuk memberikan perkuliahan yang inovatif dan efektif di tengah pandemi. Dosen harus selalu berpikir dan mencari solusi serta ide-ide kreatif untuk menghasilkan pembelajaran yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh bimbingan belajar online dan lama waktu penyelesaian tugas akhir terhadap nilai tugas akhir mahasiswa semester 6 Program Studi Diploma Keperawatan Politeknik Insan Husada Surakarta. Metodologi Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian terdiri dari 49 responden. Instrumen menggunakan angket dan pengujian statistik menggunakan aplikasi SPSS. 25. Berdasarkan temuan penelitian ini, terdapat pengaruh yang signifikan terhadap nilai tugas akhir sebesar 68,8% pada proses bimbingan online dan durasi penyelesaian tugas akhir, sedangkan sisanya 31,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Proses bimbingan tugas akhir yang dilakukan secara online, dan waktu penyelesaian tugas akhir mempengaruhi nilai tugas akhir yang diperoleh mahasiswa. Proses bimbingan masih sangat menentukan keberhasilan mahasiswa   dalam menyelesaikan tugas akhir/KTI.

 

Kata Kunci: Bimbingan Online, Waktu Selesai Tugas Akhir, Nilai Tugas Akhir Akhir


Kata Kunci


Bimbingan Online, Waktu Selesai Tugas Akhir, Nilai Tugas Akhir Akhir

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Agustina, I. (2019). Hubungan Antara Prestasi Praktikum Laboratorium Dengan Pencapaian Target Kompetensi Praktek Klinik Kdpk Mahasiswa Tingkat I Kebidanan D3. Jurnal Ners Dan Kebidanan (Journal Of Ners And Midwifery), 6(1), 044–050. Https://Doi.Org/10.26699/Jnk.V6i1.Art.P044-050

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Culha, I. (2020). Conceptual Article Active Learning Methods Used In Nursing Education. 3(2), 74–86.

Daryati, E. I., & Soewarno, M. L. (2020). Analisis Faktor Prinsip Pembelajaran Yang Mendukung Student Centered Learning. Jurnal Mutiara Ners, 3(1), 22–27.

Dewi Juita, Y. M. (2020). Kualitas Proses Bimbingan Skripsi Mahasiswa Jurusan Tadris Biologi. 6(2), 135–143.

Janna, N. M. (2020). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan Spss. Sekolah Tinggi Agama Islam (Stai) Darul Dakwah Wal-Irsyad (Ddi) Kota Makassar, 18210047, 1–13.

Kpc & Pen. (2021). Peta Sebaran. Https://Covid19.Go.Id/Peta-Sebaran

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education And Literature, 3(1), 53–65. Https://Www.Syekhnurjati.Ac.Id/Jurnal/Index.Php/Jeill/Article/View/1820

Lale Gadung Kembang. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Tatap Muka

Dengan Model Pembelajaran Daring Ditinjau Dari Hasil Belajar Mata Pelajaran Ski (Studi Pada Siswa Kelas Viii) Mts. Darul Ishlah Tahun Peljaran 2019/2020. 2017(1), 1–9.

Mardhia, D., Kautsari, N., Syaputra, L. I., Ramdhani, W., & Rasiardhi, C. O. (2020). Penerapan Protokol Kesehatan Dan Dampak Covid-19 Terhadap Harga Komoditas Perikanan Dan Aktivitas Penangkapan. Indonesian Journal Of Applied Science And Technology, 1(9), 80–87.

Noor, S., Isa, F. M., & Mazhar, F. F. (2020). Online Teaching Practices During The Covid-19 Pandemic. Educational Process: International Journal, 9(3), 169–184. Https://Doi.Org/10.22521/Edupij.2020.93.4

Novitarum, L., Farida Tampubolon, L., Amorita Manurung, R., Ners, P., & Santa Elisabeth Medan, Stik. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kecemasan Mahasiswa Menghadapi Osce. In Jurnal Mutiara Ners Januari (Vol. 1, Issue 1).

Nurcahyo, F. A., & Valentina, T. D. (2020). Menyusun Skripsi Di Masa Pandemi ? Studi Kualitatif Kesejahteraan Psikologis. 136–144.

Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. Https://Sinestesia.Pustaka.My.Id/Journal/Article/View/44

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. Https://Doi.Org/10.22437/Bio.V6i2.9759

Satriah, L., Miharja, S., Setiana, W., & Rohim, A. S. (2020). Optimalisasi Bimbingan Online Dalam Upaya Mencegah Penyebaran Virus Covid-19 (Pada Fakultas Dakwah Dan Komunikasi, Uin Sgd Bandung). 19, 1–15.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. In Cv. Alfabeta : Bandung.

Sulandari, S., Prihartanti, N., Ali, Q., Salimah, M. R., Savitri, A. I., & Wijayanti, M. (2020). Gender , Research Approach , Type Of Research , And Completion Period Of The Minor Thesis ( Skripsi ). C, 32–39.

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis. Inovasi Pendidikan, Fkip Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat, 7(1), 50–62. Https://Jurnal.Umsb.Ac.Id/Index.Php/Inovasipendidikan/Article/View/2281

Who. (2020). Pertanyaan Dan Jawaban Terkait Coronavirus. Https://Www.Who.Int/Indonesia/News/Novel-Coronavirus/Qa/Qa-For-Public

Xander, M., Pasaribu, N., & Syofii, I. (2016). Analisis Kesulitan Penyelesaian Tugas Akhir Skripsi Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Mesin Universtas Sriwijaya. 24–28.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i3.8160

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License