Pendidikan Kesehatan Pertolongan Pertama dengan Metode Demonstrasi dan Media Booklet dapat Meningkatkan Pengetahuan dan Ketrampilan Guru tentang Pertolongan Pertama

Ani Ratnaningsih, Ita Nur Itsna, Anisa Oktiawati

Sari


                                                    

 

Children are prone to injury and are at higher risk. Children have the potential for injury because they have not learned to be aware of various environmental hazards. Immediate first aid is essential in managing injuries outside the hospital. Injuries that may be experienced by children require immediate and appropriate first aid treatment before health workers arrive at the location or during the transportation process to health services. The teacher is the closest person when the child is at school. When a child is injured at school, the teacher should be able to respond properly in performing first aid. This study aims to determine the knowledge of preschool teachers before and after being given health education. This research is a pre-experimental quantitative research with one group pretest posttest design. The subject of the study was a teacher at Siti Khodijah IT Kindergarten with a sampling technique of random sampling with saturated samples. Data were obtained through interviews, observation and physical examination, documentation studies, and SCAS research instruments. The data is presented in the form of narrative text. This study shows the effect of first aid health education with demonstration methods and booklet media to increase teachers' knowledge and skills about first aid.

 

Keywords: Booklet, Demonstration, Knowledge, Skill, First Aid


 

 

ABSTRAK

 

Anak-anak rentan terhadap cedera dan berisiko lebih tinggi. Anak-anak memiliki potensi terhadap kejadian cidera karena mereka belum belajar untuk menyadari berbagai bahaya lingkungan. Pertolongan pertama dengan segera sangat penting dalam mengelola cidera di luar rumah sakit. Cidera yang mungkin dialami anak membutuhkan perawatan pertolongan pertama yang segera dan tepat sebelum tenaga kesehatan sampai ke lokasi atau selama proses transpotasi ke pelayanan kesehatan.Guru merupakan orang terdekat saat anak di sekolah. Ketika ada anak yang cidera di sekolah, guru sebaiknya bisa berespon dengan benar dalam melakukan pertolongan pertama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan guru prasekolah sebelum dan setelah diberikan pendidikan kesehatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pre eksperimental dengan rancangan one group pretest posttest. Subjek penelitian adalah guru di TK IT Siti Khodijah dengan tehnik pengambilan sampel adalah random sampling sampel jenuh. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan pemeriksaan fisik, studi dokumentasi, serta instrument penelitian SSFAKT. Data disajikan dalam bentuk teks naratif. Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh pendidikan kesehatan pertolongan pertama dengan metode demonstrasi dan media booklet untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilam guru tentang pertolongan pertama.

 

Kata Kunci: Booklet, Demonstrasi, Pengetahuan, Ketrampilan, Pertolongan Pertama


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abelairas-Gómez, C., Schroeder, D. C., Carballo-Fazanes, A., Böttiger, B. W., López-García, S., Martínez-Isasi, S., & Rodríguez-Núñez, A. (2021). Kids Save Lives In Schools: Cross-Sectional Survey Of Schoolteachers. European Journal Of Pediatrics, 180(7), 2213–2221. Https://Doi.Org/10.1007/S00431-021-03971-X

Akbar, F. ; Et Al. (2021). Strategi Menurunkan Gizi Kurang Pada Balita (Syamsidar (Ed.)). Deepublisher.

Alfikrie, F., Hidayat, U. R., & Wahyuningtyas, E. P. (2019). Edukasi Metode Demonstrasi Dan Role Play Terhadap Pengetahuan Polisi Lalu Lintas (Polantas) Tentang Pertolongan Pertama Gawat Darurat Kecelakaan Lalu Lintas. Khatulistiwa Nursing Journal, 1(2), 1–6. Https://Doi.Org/10.53399/Knj.V1i2.12

Amelia, K. &. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Kencana.

Apriliawati, A., Sulaiman, S., Pasca, P., Universitas, S., & Jakarta, M. (2020). Media Booklet Dan A Udiovisual Efektif Terhadap. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Ix, 60–65. Https://Ejournal.Umpri.Ac.Id/

Arsyad,G; Silfia, N. F. (2021). Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (Mpasi) (Kodri (Ed.)). Adab.

Azwar, S. (2016). Sikap Manusia. Pustaka Pelajar.

Basri, A. H., & Istiroha. (2019). Pelatihan Bantuan Hidup Dasar (Bhd) Meningkatkan Pengetahuan Dan Kesiapan Menolong Korban Kecelakaan Pada Tukang Ojek. Journals Of Ners Community, 10(November), 185–196.

Devhy, Nlp; Dewi, Pdpk; Rismayanti, I. (2021). Pendidikan Dan Promosi Kesehatan (M. Marini (Ed.)). Media Sains Indonesia.

Dianita, E. R. (2020). Stereotip Gender Dalam Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Genius, 1(2), 87–105. Https://Doi.Org/10.35719/Gns.V1i2.20

Djuwadi, G. (2021). Pertolongan Pertama Kegawatdaruratan Bencana. Cita Intan Selaras.

Ganfure, G., Ameya, G., Tamirat, A., Lencha, B., & Bikila, D. (2018). First Aid Knowledge, Attitude, Practice, And Associated Factors Among Kindergarten Teachers Of Lideta Sub-City Addis Ababa, Ethiopia. Plos One, 13(3), 1–15. Https://Doi.Org/10.1371/Journal.Pone.0194263

Gdmi. (2021). Btcls (Basic Trauma Cardiac Life Support) (Edisi Ketiga).

Getch, Y. Q., Neuharth-Pritchett, S., & Schilling, E. J. (2019). Asthma And The Public School Teacher: A Two State Study. Pediatric, Allergy, Immunology, And Pulmonology, 32(3), 109–116. Https://Doi.Org/10.1089/Ped.2019.1041

Hady, J. H. S. (2019). Metode Simulasi Kegawatdaruratan Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Ketrampilan Dalam Penanganan Kegawatdaruratan Pada Smp Negeri 2 Galesong. Jurnal Media Keperawatan: Politeknik Kesehatan Makassar, 10(2), 85–91.

Hidayati, A., Salawati, T., & Istiana, S. (2013). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Metode Ceramah Dan Demonstrasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Kanker Payudara Dan Keterampilan Melakukan Sadari. Jurnal Kebidanan, 1(1), 1–8. Http://Jurnal.Unimus.Ac.Id/Index.Php/Jur_Bid/Article/View/551/601

Hulu, Vt; Pane, H. T. (2020). Promosi Kesehatan Masyarakat (J. Simarmata (Ed.)). Yayasan Kita Mlenulis.

Jatmika, Septian Emma Dwi, Maulana, M., Kuntoro, & Martini, S. (2019). Pengembangan Media Promosi Kesehatan. In E. Khuzaenah (Ed.), Buku Ajar. K-Media.

Kurniasih, D. (2020). Failure In Savety Systems : Metode Analisis Kecelakaan Kerja. Zifatama Jawara.

Li, F., Jiang, F., Jin, X., Qiu, Y., & Shen, X. (2012). Pediatric First Aid Knowledge And Attitudes Among Staff In The Preschools Of Shanghai, China. Bmc Pediatrics, 12, 1–7. Https://Doi.Org/10.1186/1471-2431-12-121

Li, F., Sheng, X., Zhang, J., Jiang, F., & Shen, X. (2014). Effects Of Pediatric First Aid Training On Preschool Teachers: A Longitudinal Cohort Study In China. Bmc Pediatrics, 14(1), 1–8. Https://Doi.Org/10.1186/1471-2431-14-209

Makhudli, E. F. &. (2009). Keperawatan Kesehatan Komunitas (Teori Dan Praktek Dalam Keperawatan). Salemba Medika.

Matsuura, N., Nishida, Y., Harada, S., Takahashi, K., Koshikawa, K., & Konn, S. (2021). Study On The Causes, Types, And Mechanisms Of Childhood Injuries-Age And Disease Specificity. Jma Journal, 4(3), 246–253. Https://Doi.Org/10.31662/Jmaj.2019-0050

Miguel, N., Neto, G., Caetano, J. Á., Moreira Barros, L., Marques, T., Silva, D., Maria, E., De Vasconcelos, R., & Rego, A. M. (2017). First Aid In Schools: Construction And Validation Of An Educational Booklet For Teachers Primeiros Socorros Na Escola: Construção E Validação De Cartilha Educativa Para Professores First Aid In Schools: Construction And Validation Of An Educational Bookle. Acta Paul Enferm. Acta Paul Enferm, 30(301), 87–9387. Http://Dx.Doi.Org/10.1590/1982-0194201700013

National Savety Council. (2007). Pertolongan Pertama Dan Rjp Pada Anak (S. Satyanegara (Ed.)). Arcan.

Olmos-Gómez, M. D. C., Ruiz-Garzón, F., Pais-Roldán, P., & López-Cordero, R. (2021). Teaching First Aid To Prospective Teachers As A Way To Promote Child Healthcare. Healthcare (Switzerland), 9(4), 1–11. Https://Doi.Org/10.3390/Healthcare9040367

Pangesti, C. B., Rumiyati, E., Astuti, H. P., Kebidanan, P., Diploma, P., Kusuma, U., Surakarta, H., & Ibu, P. (2021). Jurnal Kebidanan Pengaruh Pendidikan Booklet The Effect Of Health Education With Demonstration And Booklet Methods On Behavior Of The Mother Brassing The Baby Pendahuluan. Xiii(01), 1–11.

Saadah, N & Yulianto, B. (2021). Peran Ibu Dalam Pemeliharaan Kesehatan Gigi Pada Anak Sekolah Dasar (U. Khasanah (Ed.)).

Sardjito. (2019). Hindari Resiko Kecelakaan Kerja. Sardjito.Co.Id. Http: //Sardjito.Co.Id/2019/02/11

Sari, N. (2021). Edukasi Perawatan Kaki Pasien Diabetes Melitus. Nem.

Sentana, D. A. (2017). Peran Masyarakat Dalam Penanganan Henti Jantung Dengan Melakukan Resusitasi Jantung Paru Yang Terjadi Di Luar Rumah Sakit. Jurnal Kesehatan Prima, I(2), 111–117.

Sinaga. (2021). Pendidikan Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Yayasan Kita Mlenulis.

Singletary, E. M., Charlton, N. P., Epstein, J. L., Ferguson, J. D., Jensen, J. L., Macpherson, A. I., Pellegrino, J. L., Smith, W. W. R., Swain, J. M., Lojero-Wheatley, L. F., & Zideman, D. A. (2015). Part 15: First Aid: 2015 American Heart Association And American Red Cross Guidelines Update For First Aid. Circulation, 132(18), S574–S589. Https://Doi.Org/10.1161/Cir.0000000000000269

Sriniyati. (2020). Pendidikan Kesehatan Menggunakan Booklet (Berpengaruh Terhadap Pengetahuan Dan Kecemasan Wanita Menghadapi Menopause). Jakad Media Publishing.

Sulistiyani, A. R. M. . (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Booklet Tentang Penanganan Tersedak Pada Anak Terhadap Tingkat Pengetahuan Kader Posyandu Di Desa Karangsari. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, Volume 4(I), 11–25. Http://Jurnal.Umt.Ac.Id/Index.Php/Jik/Index

Suryadi, A. (20202). Tehnolgi Dan Media Pembelajaran. In Jilid 2. Cv Jejak.

Susana, A. (2019). Pembelajaran Discovery Learning Menggunakan Multimedia Interaktif. Tata Akbar.

Susilowati, R. (2015). Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Lembah Langit Indonesia.

Sutianah, C. (2021). No Title. Qiara Media.

Stauri, S, Wantiyah & Rasni, H. (2016). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Demonstrasi Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Motivasi Penggunaan Alat Pelindung Diri (Apd) Pada Petani Desa Wringin Telu Kecamatan Puger Kabupaten Jember. E-Jurnal Pustaka Kesehatan, Volume 4 (No.1): 95-101.

Swaryana, K. (2022). Konsep Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Persepsi, Stress, Kecemasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi Covid 19 Akses Layanan Kesehatan Lengkap Dengan Konsep Teori, Cara Mengukur Variabel,Contoh Kuesioner. Cv Andi.

Umaroh, F. (2021). Pendidikan Kesehatan Dan Promosi Kesehatan. Media Sains Indonesia.

Waryono. (2013). Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan. Jurnal Pppk, 3(2), 1–13. Http://Staffnew.Uny.Ac.Id/Upload/197912032015042001/Pendidikan/Pertemuan 9-10 Pppk.Pdf

Zulaekah, S. (2012). Efektivitas Pendidikan Gizi Dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Gizi Anak Sd. Jurnal Unnes. Volume 7 (No.02). Http://Journal.Unnes.Ac.Id/Nju/Index.Php/Kemas/Article/View/1771




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i3.8180

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License