Literature Review: Budaya Lapor untuk Meningkatan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah

Hasti Wulandari, Yuliani Setyaningsih, Syamsulhuda Budi Musthofa

Sari


ABSTRACT

 

Increasing number of patient safety incidents in Indonesia, it is important to raise awareness of various parties about reporting incidents that occur in every hospital to minimize unexpected events. Reporting of incidents in a hospital depends on voluntary reports from employees or hospital staff. The purpose of this study was to obtain data information related to Reporting Culture to improve Patient Safety in Hospitals. The method used in this study is a literature review technique based on data results through a Google Scholars search with the keywords used are Patient Safety Culture, Reporting Culture and Patient Safety, inclusion criteria with research sites in hospitals and published journals within the last 5 years years 2018-2022. The results of the analysis of 10 articles prove that almost all applications of patient safety reporting culture get a good category of 12 variables of patient safety culture, the highest is obtained at the Aji Muhammad Parikesit Tenggarong Hospital with the category of application of 12 good variables. Problems found in the application of patient safety in hospitals are openness and frequency of incident reporting. Good communication is needed that is built by the manager so that the patient reporting culture system can be implemented optimally. The importance of implementing a patient reporting culture as an effort to improve hospital service quality management and prevent incidents from happening again.

 

Keywords: Patient Safety Culture, Report Culture, Patient Safety

 

 

ABSTRAK

 

Meningkatnya kasus insiden keselamatan pasien di Indonesia sehingga sangat penting kesadaran berbagai pihak akan pelaporan insiden yang terjadi di setiap rumah sakit untuk meminimalisir kejadian yang tidak diharapkan. Pelaporan kejadian dirumah sakit tergantung oleh laporan sukarela dari pegawai atau staf rumah sakit tersebut. Tujuan penelitian ini ingin memperoleh informasi data terkait Budaya Lapor untuk meningkatan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. Metode yang digunakan penelitian adalah teknik literatur review berdasarkan hasil data melalui pencarian Google Scholars dengan kata kunci yang dipakai adalah Budaya Keselamatan Pasien, Budaya Lapor dan Keselamatan Pasien, kriteria inklusi dengan tempat penelitian pada RSUD dan jurnal terpublikasi dalam kurun waktu 5 tahun terakhir tahun 2018-2022. Hasil analisa 10 Artikel membuktikan hampir seluruh penerapan budaya lapor keselamatan pasien mendapatkan kategori baik dari 12 variabel budaya keselamatan pasien, tertinggi didapatkan pada rumah sakit RSUD Aji Muhammad Parikesit Tenggarong dengan kategori penerapan 12 variabel baik. Masalah yang ditemukan pada Penerapan keselamatan pasien dirumah sakit yaitu Keterbukaan dan Frekuensi Pelaporan Insiden. Diperlukan komunikasi baik yang dibangun oleh manajer tujuannya agar sistem budaya lapor pasien dapat terlaksana maksimal. Pentingnya penerapan budaya lapor keselamatan pasien sebagai upaya peningkatkan manajemen mutu pelayanan rumah sakit dan mencegah insiden agar tidak terulang Kembali.

 

Kata Kunci: Budaya Keselamatan Pasien, Budaya Lapor, Keselamatan Pasien


Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


A. A. Agus, S. Budhi, S. Nikmatus, A. M. A. Pinky, E. K. Wahyu, And L. Indah. (2021). “Analisis Insiden Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit Berdasarkan Pendekatan Beban Kerja Dan Komunikasi,” Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, Vol. 9, No. 3, Pp. 183–190.

A. Nurul Athifah, P. Syahrir A, And K. Irwandy. (2014). “Gambaran Budaya Keselamatan Pasien Di Rsud Syekh Yusuf Kabupaten Gowa.

Astuti, P. Syahril A, And R. K. Abdul. (2018). “Pengaruh Elemen People Pada Knowledge Management Terhadap Budaya Keselamatan Pasien Di Rsud A.M Parikesit Tenggarong,” Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim, Vol. 1, No. 2, Pp. 178–185.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. (2008). “Panduan Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit (Patient Safety).

E. Mandriani And H. Yetti. (2018). “Analisis Dimensi Budaya Keselamatan Pasien Oleh Petugas Kesehatan Di Rsud Dr Rasidin Padang,” Jurnal Kesehatan Andalas, Vol. 8, No. 1, 2019, [Online]. Available: Http://Jurnal.Fk.Unand.Ac.Id

F. Deasy And U. Desyawati. (2019). “Gambaran Budaya Keselamatan Pasien Berdasarkan Metode Ahrq Pada Pegawai Rs. Anna Medika Kota Bekasi Tahun 2018,” Jurnal Biologi Lingkungan, Industri, Kesehatan, Vol. 5, No. 2, Pp. 97–105, Doi: 10.31289/Biolink.V5i2.1972.

F. M. Hisam Jul. (2018). “Cara Menerapkan Budaya Bagi Keselamatan Pasien.

H. Andi, F. Suharni A, And Arman. (2020). “Kerjasama Dalam Unit Dan Keterbukaan Komunikasi Terhadap Persepsi Pelaporan Kesalahan Medisoleh Tenaga Kesehatan Di Rsud Bantaeng,” Window Of Nursing Journal, Vol. 01, No. 02, Pp. 73–86.

I. Feby, Guspianto, W. Rizalia, And S. Adila. (2022). “Hubungan Komunikasi Efektif Dengan Pelaksanaan Budayakeselamatan Pasien Di Rsud Raden Mattaher Provinsi Jambi,” Jurnal Kesmas Jambi, Vol. 6, No. 1, Pp. 32–41.

I. K. P. Muhammad, Romiko, And Murbiah. (2021). “Penerapan Budaya Keselamatan Pasien Sebagai Upaya Pencegahan Adverse Event : Literature Review,” Jurnal Keperawatan Merdeka (Jkm), Vol. 1, No. 2, Pp. 169–182.

I. S. Kim, M. Park, M. Y. Park, H. Yoo, And J. Choi. (2013). “Factors Affecting The Perception Of Importance And Practice Of Patient Safety Management Among Hospital Employees In Korea,” Asian Nurs Res (Korean Soc Nurs Sci), Vol. 7, No. 1, Pp. 26–32, Doi: 10.1016/J.Anr.2013.01.001.

J. Braithwaite, M. T. Westbrook, J. F. Travaglia, And C. Hughes. (2010). “Cultural And Associated Enablers Of, And Barriers To, Adverse Incident Reporting,” Qual Saf Health Care, Vol. 19, No. 3, Pp. 229–233 Doi: 10.1136/Qshc.2008.030213.

J. Dadge And D. Casey. (2009). “Supporting Mentors In Clinical Practice,” Paediatr Nurs, Vol. 21, No. 10, 2009, [Online]. Available: Www.Nmc-Uk.

N. Devi, H. Hanny, And P. Hening. (2013). “Pengaruh Program Mentoring Terhadap Penerapan Budaya Keselamatan Pasien,” Jurnal Manajemen Keperawatan, Vol. 1, No. 2, Pp. 79–78.

N. R. Thinni, W. S. Maya, E. Anang, And R. S. P. Cita. (2019). “Budaya Keselamatan Pasien Berdasarkan Indikator Agency For Healthcare Research And Qualitydi Rsud Dr. Soetomo,” Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, Vol. 10, No. 2, Pp. 112–118.

P. Try Ayu And R. D. Nur Asphina. (2020). “Analisis Budaya Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien Pada Perawat Di Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Sawerigading Palopo,” Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, Vol. 5, No. 2, Pp. 202–208.

P. Try Ayu, W. Yoseph, S. Maria Salestina, And A. Haeril, “Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Budaya Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien Pada Perawat,” Jurnal Keperawatan, Vol. 14, No. 2, Pp. 465–472, Jun. 2022, [Online]. Available: Http://Journal.Stikeskendal.Ac.Id/Index.Php/Keperawatan

P. Witri Andi And A. Qurratul. (2021). “The Effect Of Patient Safety Culture And Leader Coaching Behaviour Nursing Managers On Patient Safety Incident Reporting At Panembahan Senopati Hospital, Yogyakarta,” Jurnal Aisyah : Jurnal Ilmu Kesehatan, Vol. 6, No. 3, Pp. 623–634, Doi: 10.30604/Jika.V6i3.843.

Rosyada. (2014). “Gambaran Budaya Keselamatan Pasien Pada Perawat Unir Rawat Inap Kelas Iii Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo.

S. Dwi, S. Chriswardani, And S. Yuliani. (2020). “Analisis Budaya Keselamatan Pasien Pada Berbagai Tenaga Kesehatan Di Rsud Dr. Soediran Mangun Sumarso Kabupaten Wonogiri,” Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, Vol. 8, No. 1, Pp. 49–55.

S. Ernawati And T. William Sovinic. (2020). “Penerapan Budaya Keselamatan Pasien Oleh Perawat,” Klabat Journal Of Nursing, Vol. 2, No. 2, [Online]. Available: Http://Ejournal.Unklab.Ac.Id/Index.Php/Kjn

S. U. Thisna, T. K. Lucky & Mulyadi. (2015). “Hubungan Pelaksanaan Identifikasi Pasien Secara Benar Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Dadurat (Igd) Rsup Prof. Dr. R. D. Kandou Manado,” Ejournal Keperawatan (E-Kp), Vol. 3, No. 2.

V. F. Nieva And J. Sorra. (2012). “Safety Culture Assessment: A Tool For Improving Patient Safety In Healthcare Organizations,” In Qual Saf Health Care,Vol. 12, No. Suppl. 2. Doi: 10.1136/Qhc.12.Suppl_2.Ii17.

World Health Organization, (2021). “Global Patient Safety Action Plan 2021-2030.

World Health Organization. (2019). “Global Action On Patient Safety Doi: 10.1136/Bmjqs-2012-001748.

Y. Yeni And Maswarni. (2019). “Budaya Keselamatan Pasien Pada Perawat Di Instalasi Perawatan Intensive Rsud Arifin Achmad Provinsi Riau,” Jurnal Keperawatan Priority, Vol. 2, No. 2.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i7.8937

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License