Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dengan Kepuasan Pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo

Siti Safira Annisah, Dwi Rochyani, Dayan Hisni

Sari


ABSTRACT

 

Therapeutic communication is a must-have skill for nurses in providing nursing care. If the quality of health services provided by nurses to patients is in accordance with their expectations, there is a feeling of pleasure for the services that have been provided, especially in therapeutic communication because they can establish a trusting relationship between nurses and patients, provide professional satisfaction, and improve the good impression of the nursing profession and hospitals. This study aims to determine the relationship between nurse therapeutic communication and patient satisfaction in inpatient General Hospital Pasar Rebo Area. The design of this study uses a correlation analytical design with a cross-sectional approach. The population in this study was inpatients at Pasar Rebo Hospital. Data collection technique with purposive sampling with a total sample of 80 people. The research instruments used were the nurse's therapeutic communication questionnaire and the patient satisfaction questionnaire. The data analysis used is the Chi-square test. The results showed that therapeutic communication and respondents who expressed satisfaction were 69 people (86,3%). Analysis of Chi-square test data obtained a p-value of 0,000 < 0,05 which showed that there was a relationship between nurse therapeutic communication and patient satisfaction and OR (Odds Ratio) = 28.438, meaning that respondents perceived therapeutic category nurse therapeutic communication was 28.438 times more likely to get patient satisfaction in the satisfied category compared to therapeutic communication in the non-therapeutic category. There is a relationship between nurse therapeutic communication and patient satisfaction at Pasar Rebo Regional General Hospital. It is hoped that nurses will maintain therapeutic communication so that a trusting relationship between nurses and patients is fostered and provides satisfaction in nursing services.

 

Keywords : Therapeutic Communication, Nurses, Patient Satisfaction

 

 

ABSTRAK

 

Komunikasi terapeutik merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh perawat dalam memberikan asuhan keperawatan. Jika kualitas pelayanan kesehatan yang diberikan oleh perawat kepada pasien sesuai dengan harapannya maka muncul perasaan senang atas pelayanan yang telah diberikan terutama dalam komunikasi terapeutik karena dapat terjalin hubungan saling percaya antara perawat dengan pasien, memberikan kepuasan profesional, dan meningkatkan kesan baik profesi keperawatan serta rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di rawat inap Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo. Desain penelitian ini menggunakan desain analitik korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah pasien rawat inap RSUD Pasar Rebo. Teknik pengumpulan data dengan purposive sampling dengan jumlah sampel 80 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner komunikasi terapeutik perawat dan kuesioner kepuasan pasien. Analisa yang digunakan yaitu uji Chi-square.: Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang terapeutik dan responden yang menyatakan puas sebanyak 69 orang (86,3%). Analisa uji Chi-square diperoleh nilai p-value 0,000 < 0,05 yang menunjukkan terdapat hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien dan OR (Odds Ratio) = 28.438, artinya responden yang mempersepsikan komunikasi terapeutik perawat kategori terapeutik ber sebesar 28.438 kali untuk mendapatkan kepuasan pasien kategori puas dibandingkan dengan komunikasi terapeutik kategori tidak terapeutik. Terdapat hubungan antara komunikasi terapeutik perawat dengan kepuasan pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Rebo. Diharapkan untuk perawat agar mempertahankan komunikasi terapeutik sehingga terbina hubungan saling percaya antara perawat dengan pasien serta memberi kepuasan dalam pelayanan keperawatan.

 

Kata Kunci: Komunikasi Terapeutik, Perawat, Kepuasan Pasien


Kata Kunci


Komunikasi Terapeutik, Perawat, Kepuasan Pasien

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Anjaswari, T. (2016). Komunikasi Dalam Keperawatan. Pusdik: Sdm Kesehatan.

Bidang, J., Kesehatan, I., Agil, H. M., Rohman, T., Puji, D., & Santosa, R. (2022). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Bung Karno Rsu Proklamasi Rengasdengklok. Jurnal Bidang Ilmu Kesehatan, 12, 83–93. Http://Ejournal.Urindo.Ac.Id/Index.Php/Kesehatan

Darmin, D. (2021). Hubungan Kualitas Pelayanan Asuhan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Interna Rsud Kota Kotamobagu (Vol. 1, Issue 2). Https://Ojs.Unhaj.Ac.Id/Index.Php/Mj

Daryanti, C., & Priyono, S. (2016). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 05, 217–224.

Dwi Lestari, H., Studi Sarjana Keperawatan, P., Tinggi Ilmu Kesehatan Sismadi, S., & Priok, T. (2022). Relationship Of Nurse Therapeutic Communication With Patient Satisfaction In The Inpatient Room. In Nursing Analysis: Journal Of Nursing Research (Vol. 2, Issue 1).

Muhith, A., & Siyoto, S. (2018). Aplikasi Komunikasi Terapeutik Nursing & Health (1st Ed.). Andi.

Nabila Nanda Prafika, A., Prawoto, E., Nisak, R., Iii Keperawatan, D., Keperawatan Pemerintah Kabupaten Ngawi, A., & Kunci Abstrak, K. (2022). Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Flamboyan Rsud Dr. Soeroto Ngawi Correlation Of Therapeutic Communication With Level Of Patient Satisfaction In Ward Flamboyan Of Rsud Dr. Soeroto Ngawi. In Cakra Medika Media Publikasi Penelitian (Vol. 9, Issue 2).

Nurjaman, D., Rukasa, D., Wijaya, S., & Bogor, H. (2018). Hubungan Komunikasi Terapeutik Tenaga Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Ruang Rawat Inap Rs Pmi Kota Bogor. In Jurnal Ilmiah Wijaya (Vol. 10). Www.Jurnalwijaya.Com;

Nursalam. (2016). Manajemen Keperawatan Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional (6th Ed.). Salemba Merdeka.

Nursalam, H. (2014). Manajemen Keperawatan : Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Http://Www.Penerbitsalemba.Com

Oxyandi, M., & Mustikasari, H. (2019). Hubungan Penerapan Komunikasi Terapeutik Oleh Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Stikes Aisyiyah Palembang .

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2016).

Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Pmk_No._4_Th_2018_Ttg_Kewajiban_Rumah_Sakit_Dan_Kewajiban_Pasien_.

Pohan. (2016). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan.

Prabowo. (2014). Komunikasi Dalam Keperawatan. Fitramaya.

Ramadani, A., Ningsih, R., & Susanti, E. (2019). Hubungan Pelaksanaan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Menara Medika, 1 No 2, 91–100.

Restu Pertiwi, M., Annalia Wardhani, Mk., Kep, S., & Kep, N. M. (N.D.). Komunikasi Terapeutik Dalam Kesehatan.

Ritonga, I. L., & David, M. (2020). Hubungan Layanan Asuhan Keperawatan Oleh Perawat Pelaksana Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Sakura Rumah Sakit Umum Imelda Pekerja Indonesia Medan 1. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 6(2). Http://Jurnal.Uimedan.Ac.Id/Index.Php/Jurnalkeperawatan

Rsud Pasar Rebo. (N.D.).

Simamora, N. D., Naziyah, N., & Usman, A. M. (2022). Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Melur Dewasa Rsud. Ferdinand L. Tobing Kota Sibolga. Mahesa : Malahayati Health Student Journal, 2(3), 544–549. Https://Doi.Org/10.33024/Mahesa.V2i3.6098

Suryani. (2015). Komunikasi Terapeutik Teori & Praktik (2nd Ed.). Egc.

World Health Organization . (2018).




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i9.9182

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License