Terapi Kognitif Mampu Menurunkan Tingkat Ansietas Mahasiswa Tingkat III dalam Menghadapi Sidang Kti dan Uji Kompetensi

Sri Laela* -  Akademi Keperawatan Hermina Manggala Husada, Indonesia

ABSTRACT

 

Level III students of the Nursing Academy are at risk of experiencing anxiety, this is because at level three, they will face a Final Writing Test and a Nurse Competency Test, both of which must be passed in order to graduate as a professional nurse. They are worried that if they do not pass the KTI Session and the Competency Test, they will not be able to graduate. The purpose of this study was to determine the effectiveness of cognitive therapy on student anxiety in dealing with the KTI trial and the nurse competency test. The research method used is pre-post test design. The sample in this study were 83 level III students. The research was conducted from June to August 2022.  Students' level of anxiety was measured using the Zung Self-rating Anxiety Scale (ZSAS) questionnaire. Characteristics of third-level students in facing the KTI Session and Competency Test experienced moderate anxiety. The results showed that there was a significant decrease in anxiety (p-value = 0.047) after receiving nursing care and cognitive therapy. Nursing interventions and cognitive therapy were able to reduce the anxiety of third-level students in facing the KTI Session and the Nurse Competency Test.

.

Keywords: Anxiety, Cognitive Therapy, Competency Test

 

 

ABSTRAK

 

Mahasiswa tingkat III Akademi Keperawatan berisiko mengalami ansietas, hal ini dikarenakan saat tingkat tiga, mereka akan menghadapi Uji Sidang Karya Tulis Akhir dan Uji Kompetensi Perawat, yang keduanya wajib dilewati untuk dapat lulus menjadi seorang perawat yang professional. Mereka merasa khawatir jika tidak lulus Sidang KTI dan Uji kompetensi, maka mereka tidak dapat di wisuda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas terapi kognitif terhadap ansietas mahasiswa dalam menghadapi sidang KTI dan uji kompetensi perawat. Metode penelitian yang digunakan pre – post test design. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat III sebanyak 83 orang. Penelitian dilakukan pada Juni – Agustus 2022. Mahasiswa di ukur tingkat ansietasnya dengan menggunakan kuesioner Zung Self - rating Anxiety Scale (ZSAS), Karasteristik mahasiswa tingkat III dalam menghadapi Sidang KTI dan Uji Kompetensi mengalami ansietas sedang. Hasil penelitian menunjukkan ada penurunan ansietas secara bermakna (p-value = 0,047) setelah mendapat tindakan keperawatan Ners dan terapi kognitif. Tindakan keperawatan Ners dan terapi kognitif mampu menurunkan ansietas mahasiswa tingkat III dalam menghadapi Sidang KTI dan Uji Kompetensi perawat.

 

Kata Kunci: Ansietas, Terapi Kognitif, Uji Kompetensi

Kata Kunci : ansietas, sidang KTI, terapi kognitif, uji kompetensi

  1. Andrew, V. Dan L. N. (2014). Hubungan Faktor Demografi Dan Pengetahuan Keuangan Dengan Perilaku Keuangan Karyawan Swasta Di Surabaya. Finesta, 2(2).
  2. Anggraeini, N. (2015). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 1(2). Https://Doi.Org/10.17509/Jpki.V1i2.9752
  3. Asmaningrum, N., Siswoyo, & Fiandini, S. P. (2012). Pengaruh Pemberian Tehnik Relaksasi Nafas Dalam Terhadap Tingkat Kecemasan Pasien Pra Operasi Di Ruang Bedah Rs Dr Soebandi. Spirulina, 7(2). Https://Repository.Unej.Ac.Id/Bitstream/Handle/123456789/62533/Spirulina%20vol.%207%20no.%202%20juni%202012-Pengaruh%20pemberian%20teknik%20relaksasi.Pdf?Sequence=1&Isallowed=Y
  4. Ayu, N. (2017). Uji Kompetensi Perawat Dan Ners Indonesia (17th Ed.). Yogyakarta : Nuha Medika.
  5. Brust, J. C. M. (2008). Current Diagnosis And Treatment : Neurology (3rd Ed.). Usa: The Mcgraw-Hill Companies, Inc.
  6. Hadyan, N. (2014). Hubungan Antara Body Mass Index (Bmi) Dengan Kecemasan. Http://Eprints.Undip.Ac.Id/44107/
  7. Halter, Margaret. J. (2018). Varcarolis’ Foundations Of Psychiatric-Mental Health Nursing A Clinical Approach Eighth Edition. Http://Repository.Poltekkes-Kaltim.Ac.Id/617/1/Varcarolis%C3%A2%E2%82%Ac%E2%84%A2%20foundations%20of%20psychiatric-Mental%20health%20nursing%20a%20clinical%20approach%20by%20margaret%20jordan%20halter%20%28z-Lib.Org%29.Pdf
  8. Hastuti, R. Y., & Arumsari, A. (2015). Pengaruh Terapi Hipnotis Lima Jari Untuk Menurunkan Kecemasan Pada Mahasiswa Yang Sedang Menyusun Skripsi Di Stikes Muhammadiyah Klaten. Motorik Jurnal Ilmu Kesehatan, 10(21).
  9. Keliat, B. A. , Dkk. (2019). Asuhan Keperawatan Jiwa. Penerbit Buku Kedokteran : Egc.
  10. Kemdikbud. (2016). Layanan Uji Kompetensi .
  11. Kemendikbud. (2019). Data Kelulusan Peserta Uji Kompetensi.
  12. Kemenkes Ri. (2018). Riskesdas. Https://Kesmas.Kemkes.Go.Id/Assets/Upload/Dir_519d41d8cd98f00/Files/Hasil-Riskesdas-2018_1274.Pdf
  13. Laela, S. (2019). Panduan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah : Studi Kasus Program Studi Diii Keperawatan Tahun 2018/2019 Akademi Keperawatan Hermina Manggala Husada. Https://Akperherminamanggalahusada.Ecampuz.Com/File_Upload/E_Pustaka/Penelitian/260_Pedomankti2019.Pdf
  14. Merikangas, K. , P. D. (2002). 61 Genetic And Other Vulnerability Factors For Anxiety And Stress Disorders.
  15. Paputungan, F., Gunawan, P. N., Pangemanan, D. H., & Khoman, J. A. (2019). Perbedaan Tingkat Kecemasan Berdasarkan Jenis Kelamin Pada Tindakan Penumpatan Gigi. E-Clinic, 7(2). Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Eclinic/Article/View/23879/23532
  16. Prasetya, A. S. (2014). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Ansietas Klien Hipertensi. Jurnal Kesehatan, 7(1). Https://Doi.Org/10.26630/Jkm.V7i1.541
  17. Prasetyaningrum, S., Fasikhah, S. S., & Karmiyati, D. (2012). Terapi Kognitif Perilaku Untuk Mereduksi Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pasca Stroke Cognitive Behavior Therapy To Reduce The Patient’s Post Stroke Anxiety. Jurnal Intervensi Psikologi, 4(1), 113.
  18. Riadi, M. (2015, March). Prestasi Akademik (Pengertian, Fungsi, Jenis, Ukuran Dan Faktor Yang Mempengaruhi).
  19. Sadock, B. J., Sadock, V. A., & Ruiz, P. (2015). Kaplan-Sadocks-Synopsis-Of-Psychiatry-11th-Edition.
  20. Sarfika, R. (2012). Pengaruh Terapi Kognitif Dan Logoterapi Terhadap Depresi, Ansietas, Kemampuan Mengubah Pikiran Negatif, Dan Memaknai Hidup Klien Diabetes Melitus Di Rsup Dr. M Djamil Padang. Https://Lib.Ui.Ac.Id/File?File=Pdf/Abstrak/Id_Abstrak-20314856.Pdf
  21. Setyaningrum, R. Feny, & Maryanto, S. (2013). Hubungan Usia Ibu Primigravida Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Dalam Menghadapi Persalinan Di Wilayah Kerja Puskesmas Pembantu Kandangan Bawen. Https://Adoc.Pub/Queue/Hubungan-Usia-Ibu-Primigravida-Dengan-Tingkat-Kecemasan-Ibu-.Html
  22. Stuart, G. W., & Keliat, B. A. (2016). Prinsip Dan Praktik Keperawatan Kesehatan Jiwa (1st Ed.). Elsevier.
  23. Sutjiato, M., Kandou, ) G D, & Tucunan, A. A. T. (2015). Hubungan Faktor Internal Dan Eksternal Dengan Tingkat Stress Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Manado Internal And External Factors Correlated With Stress Levels Medical Students University Of Sam Ratulangi. 5(1). Https://Ejournal.Unsrat.Ac.Id/Index.Php/Jikmu/Article/View/7176
  24. Townsend, M. (2015). Psychiatric Mental Health Nursing : Concept Of Care In Evidence Based Practice, Eighth Edition. File:///C:/Users/Lenovo/Downloads/Psychiatric%20mental%20health%20nursing%20concepts%20of%20care%20in%20evidence-Based%20practice%20by%20mary%20c.%20townsend%20dsn%20%20pmhcns-Bc%20(Z-Lib.Org).Pdf
  25. Vellyana, D., Lestari, A., Rahmawati, A., Muhammadiyah, S., & Lampung, P. (2017). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Pada Pasien Preoperative Di Rs Mitra Husada Pringsewu. 108–113. Https://Doi.Org/10.26630/Jk.V8i1.403
  26. Verawaty, K., & Widiastuti, H. (2020). Pengaruh Teknik Relaksasi Napas Dalam Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Semester Ii Dalam Menghadapi Ujian Akhir Semester Di Akademi Perawatan Rs Pgi Cikini. 1(1), 16–21.
  27. Videback, S. L. (2020). Psychiatric-Mental Health Nursing (Eighth). Lippincott Williams.
  28. Videbeck, S. L. (2017). Psychiatric Mental Health Nursing (Seventh Edition). Philadelphia: Wolters Kluwer.