Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Perkembangan Usia Dewasa di Puskesmas Banjar Baru

Yuningsih Yuningsih, Hendi Surya Nugraha, Ardinata Ardinata, Feri Agustriyani

Sari


ABSTRACT

 

Today mental health is an important thing to pay attention to. Because, with a healthy mental individual can be more productive in carrying out daily activities. One form of effort to maintain mental health, especially preventing depression in adulthood. An intervention that can be used in various situations and can be applied individually or in groups is Psychoeducation. The scientific writing, the author uses a nursing care approach that focuses on nursing actions, using the Pre-Experimental method. The subjects of nursing care are adult clients. Nursing care is the focus of nursing action. The action that is the focus of this nursing care is the action of Psychoeducation. Data collection in this scientific paper uses the SRQ Screening tool. The method of data collection is in the form of interviews and observations and the ethics used are in the form of nursing ethics and research ethics. Result study, data were obtained from 4 families with adult children. The diagnosis that the author adopted was Readiness to increase self-concept. In nursing planning according to SIKI, (2018) there was promotion of coping: one of them was Psychoeducation. After being given Psychoeducational nursing actions for three days, it showed an increase in behavior. and Interest and self-motivation seen from the evaluation results after being given psychoeducation to 4 patients.

 

Keywords: Psychoeducation, Development, Adult Age

 

 

ABSTRAK

 

Dewasa ini kesehatan mental menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Sebab, dengan mental yang sehat individu bisa lebih produktif dalam melakukan kegiatan sehari – hari. Salah satu bentuk usaha menjaga kesehatan mental terutama mencegah terjadinya depresi pada Usia Dewasa, Intervensi yang dapat digunakan dalam berbagai situasi dan dapat diterapkan secara individual ataupun kelompok adalah Psikoedukasi Tujuan penulisan karya ilmiah ini adalah Mejelaskan Pengaruh Psikoedukasi Terhadap Perkembangan Usia Dewasa Dipuskesmas Banjar Baru Tahun 2022. Karya tulis ilmiah ini penulis menggunakan pendekatan asuhan keperawatan yang berfokus pada tindakan keperawatan, dengan menggunakan metode Pre Eksperimen, Subyek asuhan keperawatan adalah klien Usia Dewasa, Asuhan keperawatan fokus tindakan keperawatan ini dilakukan di bulan Oktober 2022 di Puskesmas Banjar Baru. Tindakan yang menjadi focus dalam asuhan keperawatan ini adalah tindakan Psikoedukasi Pengumpulan data pada karya tulis ilmiah ini dengan menggunakan alat Skrening SRQ, Metode pengumpulan data berupa wawancara dan obsevasi serta etika yang digunakan berupa etika keperawatan dan etika penelitian. Hasil pengkajian diperoleh data 4 keluarga yang memiliki anak usia dewasa, Diagnosa yang penulis angkat adalah Kesiapan peningkatan konsep diri Dalam perencanaan keperawatan menurut SIKI, (2018) terdapat promosi koping : salah satunya Psikoedukasi, Setelah diberikan tindakan keperawatan  Psikoedukasi selama tiga hari, menunjukkan peningkatan perilaku dan Minat serta motivasi diri dilihat dari hasil evaluasi setelah diberikan psikoedukasi kepada 4 pasien

 

Kata Kunci: Psikoedukasi, Perkembangan, Usia Dewasa


Kata Kunci


Psikoedukasi, Perkembangan, Usia Dewasa

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Dariyo, Agoes. (2003). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Erikson, E.H. (2006). Identitas Dan Siklus Hidup Manusia. Jakarta: Gramedia.

Feldman, Ruth D. (2011). Human Development. Edisi Kesembilan. Jakarta: Kencana

Hanny Lyana (2022) Psikoedukasi Orientasi Masa Depan Pada Dewasa Awal Dusun Tegal Bedug Desa Tamansari Kabupaten Indramayu. Universitas Tarumanegara

Hurlock, 2008. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga Press.

Hurlock, Elizabeth B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang. Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Infodatin. (2019). Situasi Kesehatan Jiwa Di Indonesia.

Kementerian Kesehatan Ri. 2020. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019. Jakarta: Kementerian Kesehatan Ri;

Monks, F. J, Knoers, A. M. P & Haditono, S. R. (2001). Psikologi Perkembangan: Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Muhith, A. (2015). Pendidikan Keperawatan Jiwa( Teori Dan Aplikasi). Yogyakarta: Andi. Direja,

Novia Kartikasari, 111511133157 (2019) Hubungan Antara Literasi Kesehatan Mental Dan Stigma Diri Terhadap Intensi Mencari Bantuan Pada Dewasa Awal. Skripsi Thesis, Universitas Airlangga.

Purwaningsih, Wahyu Dan Karlina, Ina. (2010). Asuhan Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Nuha Medika

Purwanto, T. (2015). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmayanti, Y.E, & Rahmawati, E. 2018. Hubungan Dukungan Keluarga Dengan. Kejadian Depresi Pada Remaja Awal. Jurnal Asuhan Ibu & Anak. 3(2): 47-.

Riskesdas 2018. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Kementrian Kesehat. Republik Indonesia

Stuart, G.W. (2006). Buku Saku Keperawatan Jiwa. Jakarta: Egc.

Supratiknya. 2011. Merancang Program Dan Modul Psikoedukasi Edisi Revisi. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Tim Pokja Sdki Dpp Ppni, (2016), Standar Diagnosis Keperawatan Indonesia. (Sdki), Edisi 1, Jakarta, Ppni

Tim Pokja Siki Dpp Ppni. 2017. Standar Intervensikeperawatan Indonesia Definisi Dan Kriteria Hasil Keperawatan Edisi 1. Jakarta: Dewan Pengurus Pusat Ppni.

Tim Pokja Slki Dpp Ppni. 2017. Standar Luaran Keperawatan Indonesia Definisi Dan Kriteria Hasil Keperawatan Edisi 1. Jakarta: Dewan Pengurus Pusat Ppni.




DOI: https://doi.org/10.33024/mnj.v5i10.9597

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Penerbit: Universitas Malahayati


 Creative Commons License

Semua artikel dapat digunakan dibawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License