Analisis Deskriptif Kepuasan Perawat terhadap Mutu Layanan Rekam Medis

Hasya Milati Hanifah* -  Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang, Indonesia
Bambang Wahyono -  , Indonesia

Supp. File(s): Sertifikat Perjanjian Penulis

ABSTRACT

 

Every health facility, including hospitals, is required to provide medical record services according to applicable standards and regulations to support the quality of health services. Provision of medical records must be done in a timely manner to achieve quality service that can give satisfaction. Based on observations results, problems were found regarding retrieval of medical records that did not meet the needs of doctors and nurses, incomplete filling of medical record files, and delays in the distribution of medical records. The purpose of this study is to analyze nurse satisfaction and find out the attributes that need to be improved by the medical record unit to improve service quality. The type of research is descriptive research with a quantitative approach. The sampling technique uses non-probability purposive sampling. The sample in this research was 93 nurses. The data analysis technique is descriptive analysis using the Service Quality (Servqual) method, and Importance-Performance Analysis. The results of the gap analysis using the Servqual method on all dimensions are negative which means dissatisfaction, namely tangibles -0.67, reliability -0.75, responsiveness -0.77, assurance -0.63, and empathy -0.65. Based on the results of the Importance-Performance Analysis, there are three attributes that need to be improved which are located in quadrant I, namely medical record officers are responsive when there are medical records that are not yet available (P11), medical record officers can provide medical records quickly and precisely (P12), and medical record officers always ask the needs of nurses regarding the provision of medical records (P24).

 

Keywords: Service Quality, Importance Performance Analysis (IPA), Nurse Satisfaction, Medical Records

 

 

ABSTRAK

 

Setiap fasilitas Kesehatan, termasuk rumah sakit, diwajibkan menyelenggarakan layanan rekam medis sesuai standar dan aturan yang berlaku untuk menunjang mutu layanan kesehatan. Penyediaan rekam medis harus dilakukan secara tepat waktu agar tercapainya pelayanan bermutu sehingga dapat memberikan kepuasan. Berdasarkan hasil observasi, ditemukan permasalahan mengenai pengambilan rekam medis yang tidak berdasar pada kebutuhan dokter dan perawat, ketidaklengkapan pengisian berkas rekam medis, serta keterlambatan pendistribusian rekam medis. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis kepuasan perawat dan mengetahui atribut-atribut yang perlu diperbaiki oleh unit rekam medis dalam upaya peningkatan mutu pelayanan. Jenis penelitian yang dipergunakan, yakni penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik sampling menggunakan non probability purposive sampling. Sampel pada penilitian ini sebanyak 93 perawat. Teknik analisis data, yaitu analisis deskriptif mempergunakan metode Service Quality (Servqual), dan Importance Performance Analysis. Hasil analisis gap dengan metode Servqual pada seluruh dimensi bernilai negatif yang bermakna tidak puas yakni tangibles -0.67, reliability -0.75, responsiveness -0.77, assurance -0.63, dan empathy -0.65. Berdasarkan hasil Importance Performance Analysis terdapat tiga atribut yang perlu dilakukan perbaikan terletak pada kuadran I yaitu petugas rekam medis tanggap apabila terdapat rekam medis yang belum tersedia (P11), petugas rekam medis dapat menyediakan rekam medis secara cepat dan tepat (P12), dan petugas rekam medis selalu menanyakan kebutuhan perawat terkait penyediaan rekam medis (P24).

 

Kata Kunci: Mutu Pelayanan, Importance Performance Analysis (IPA), Kepuasan Perawat, Rekam Medis

Supplement Files

  1. Agustin, D. W., Wijayanti, R. A., & Permana, G. N. (2020). Identifikasi Faktor Penyebab Ketidaksesuaian Pelaksanaan Retensi Dokumen Rekam Medik Inaktif Di Rs Husada Utama Kota Surabaya. J-Remi : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 2(1), 57–63. Https://Doi.Org/10.25047/J-Remi.V2i1.2156
  2. Algifari. (2016). Mengukur Kualitas Layanan Dengan Indeks Kepuasan, Metode ImportancePerformanceAnalysis (Ipa), Dan Model Kano. Bpfe.
  3. Andi Ritonga, Z., & Rusanti, S. (2019). Gambaran Sistem Penyelenggaraan Rekam Medis Di Rumah Sakit Umum Bunda Thamrin Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda (Jipiki), 3(2),498509.Https://Doi.Org/10.52943/Jipiki.V3i2.69
  4. Aprilia, A. K. D., Nurmawati, I., & Wijayanti, R. A. (2020). Identifikasi Penyebab Keterlambatan Penyediaan Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan Di Rumah Sakit Husada Utama Surabaya Tahun 2020. J-Remi : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(4), 630–638.Https://Doi.Org/10.25047/J-Remi.V1i4.2130
  5. Aulia, N. Y. N., Nuraini, N., & Wijayanti, R. A. (2020). Analisis Kegiatan Penyediaan Berkas Rekam Medis Rawat Inap Di Rsu Haji Surabaya. J-Remi : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 1(4), 624–629.Https://Doi.Org/10.25047/J-Remi.V1i4.2107
  6. Azizah, A., Permata, A., Health, J. P.-… In M. And, & 2020, U. (2020). The Prediction Of Return Quality Medical Record Documents William Booth Hospital, Semarang. Asian Journal Of Case Reports In Medicine And Health, 3(3), 11–22.Https://Www.Journalajcrmh.Com/Index.Php/Ajcrmh/Article/View/30130
  7. Bappenas. (2018). Kelompok Usia. Sepakat Bappenas. Https://Sepakat.Bappenas.Go.Id/Wiki/Kelompok_Usia#:~:Text=35-44 Tahun%3a Kelompok Usia,Ke Atas%3a Kelompok Usia Lanjut
  8. Buana, A. A. P., & Haryanto, N. D. (2022). Perbaikan Kualitas Pelayanan Di Rsud R.A.A. Tjokronegoro Purworejo Dengan Metode Ipa, Pgcv, Dan Zot. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 25(03), 99–107.
  9. Danarahmanto, P. A. (2021). Pengaruh Rekam Medis Elektronik Terhadap Loyalitas Pasien Di Tami Dental Care. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 9(2), 151.Https://Doi.Org/10.33560/Jmiki.V9i2.332
  10. Djohar, D., Oktavia, N., & Damayanti, F. T. (2018). Analisis Penyebab Terjadinya Missfile Dokumen Rekam Medis Rawat Jalan Di Ruang Penyimpanan(Filling) Rsud Kota Bengkulu Tahun 2017. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 6(2), 79. Https://Doi.Org/10.33560/.Vi2.190
  11. Djoni, Salim, R. R. M., Ayundari, & Miftahurrahmi. (2016). Pengembangan Sistem Informasi Rekam Medis Berbasis Web Pada Rsu Muhammadiyah Sumut. Teknomatika, 6(2), 1–11.Https://Jurnal.Dcc.Ac.Id/Index.Php/Onesismik/Article/View/304/158
  12. Elfi, & Lestari, A. D. (2022). Hubungan Stres Kerja Dengan Kinerja Petugas Rekam Medis Di Rumah Sakit Sumber Kasih Kota Cirebon Tahun 2022. 18, 26–32.
  13. Farizaan, A., & Miharti, R. (2017). Kepuasan Perawat Bagian Poliklinik Terhadap Pelayanan Rekam Medis Rawat Jalan Di Rumah Sakit Tk.Ii 04.05.01 Dr. Soedjono Magelang. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 63.Https://Doi.Org/10.22146/Jkesvo.27571
  14. Fathoni, Z. A. N., & Akhmadi, A. (2017). Tingkat Kepuasan Dokter Dan Perawat Poliklinik Terhadap Pelayanan Rekam Medis Di Rsud Dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 154. Https://Doi.Org/10.22146/Jkesvo.30329
  15. Giyatno, & Rizkika, M. Y. (2020). Analisis Kuantitatif Kelengkapan Dokumen Rekam Medis Pasien Rawat Inap Dengan Diagnosa Fracture Femur Di Rsud Dr. R.M. Djoelham Binjai. 5(1), 62–71.
  16. Handayani, Sovia; Nurjayanti, Dwi; Handoko, N. T. (2017). Analisa Kepuasan Perawat Poliklinik Terhadap Pelayanan Petugas Rekam Medis Di Rsu Muhammadiyah Ponorogo. Tunas Riset Kesehatan, 7(3). Http://2trik.Jurnalelektronik.Com/Index.Php/2trik/Article/View/7313
  17. Hidayati, M., & Dewi, R. M. (2019). Pengaruh Kelengkapan Formulir Resume Medis Rawat Inap Terhadap Mutu Rekam Medis Di Rsud Kabupaten Sumedang. Jurnal Infokes Politeknik Piksi Ganesha, 3(2), 7282.Http://Journal.Piksi.Ac.Id/Index.Php/Infokes/Article/View/46
  18. Husnina, N., & Sutrisno, T. A. (2021). Literature Review : Aspek Keamanan Dan Kerahasiaan Dokumen Rekam Medis Di Rumah Sakit. Indonesian Journal Of Health Information Management, 01(01), 36–42.
  19. Inaku, H., Handayani, L., Pilomangu, A., & Muhamad, Z. (2022). Tinjauan Kepuasan Bidan Dan Perawat Terhadap Mutu Pelayanan Unit Rekam Medis Di Rsia Sitti Khadijah Gorontalo Tahun 2022. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (Mppki), 5(11), 14531458.Https://Doi.Org/10.31934/Mppki.V2i3
  20. Indriyani, V., & Herfiyanti, L. (2021). Pengaruh Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rekam Medis Di Bagian Pendaftaran Rawat Jalan Rsu Bina Sehat. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(7), 882892.Https://Doi.Org/10.36418/Cerdika.V1i7.139
  21. Irawan, B., Kurnia, R. A., Daniel, E., Achmady, S., & Sembiring, M. (2020). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Rumah Sakit Berdasarkan Metode Service Quality (Servqual). Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 3(1), 58–64.
  22. Karma, M., Wirajaya, M., Made, N., & Kartika, U. (2019). Analisis Ketidaklengkapan Rekam Medis Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Dharma Kerti Tabanan. Jurnal Administrasi Rumah Sakit Indonesia, 6(1), 1120.Https://Doi.Org/10.7454/Arsi.V6i1.3553
  23. Kementerian Kesehatan Ri. (2008a). Keputusan Menteri Kesehatan Ri No. 129/Menkes/Sk/Ii/2008 Tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit.
  24. Kementerian Kesehatan Ri. (2008b). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia No. 269/Menkes/Per/Iii/2008 Tentang Rekam Medis.
  25. Kementerian Kesehatan Ri. (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 Tentang Rekam Medis.
  26. Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran (13th Ed.). Erlangga.
  27. Laeliyah, N., & Subekti, H. (2017). Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Rawat Jalan Rsud Kabupaten Indramayu. Jurnal Kesehatan Vokasional, 1(2), 102. Https://Doi.Org/10.22146/Jkesvo.27576
  28. Mahsyar, S., & Surapati, U. (2020). Effect Of Service Quality And Product Quality On Customer. International Journal Of Economics, Business And Accounting Research (Ijebar), 4(1), 204–211.
  29. Mashita, D. A., Racmawati, E., Deharja, A., & Ardiyanto, E. T. (2022). Hubungan Kuatlitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Fktp: Literature Review. J-Remi : Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan, 3(2),177189.Https://Doi.Org/10.25047/J-Remi.V3i2.2608
  30. Ohoiwutun, N., & Setiatin, S. S. (2021). Pengaruh Latarbelakang Pendidikan Perekam Medis Terhadap Sistem Penyimpanan Rekam Medis Di Rsud Boven Digoel. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(8), 1029–1036. Https://Doi.Org/10.36418/Cerdika.V1i8.161
  31. Parasuraman, A., Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (1988). Servqual: A Multiple-Item Scale For Measuring Consumer Perceptions Of Service Quality. Journal Of Retailing, 64(1), 12–40.
  32. Pemerintah Ri. (2016). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 47 Tahun 2016 Tentang Fasilitas Pelayanan Kesehatan.
  33. Pemerintah Ri. (2018). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Standar Pelayanan Minimal.
  34. Permata Sari Lubis, S., & Zebua, P. (2019). Analisis Mutu Layanan Unit Rekam Medis Berdasarkan Kepuasan Pelanggan Internal Dengan Menggunakan Metode Service Quality Dan Quality Function Deploymen Di Rsu Ipi Medan Tahun 2018. Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda, 5(1), 63–69. Https://Doi.Org/10.52943/Jikeperawatan.V5i1.310
  35. Prasasti, T. I., & Santoso, D. B. (2017). Keamanan Dan Kerahasiaan Berkas Rekam Medis Di Rsud Dr. Soehadi Prijonegoro Sragen. Jurnal Kesehatan Vokasional, 2(1), 135.Https://Doi.Org/10.22146/Jkesvo.30326
  36. Pratama, Y. Y., Mohamad, S. W., Marwati, T. A., & Hidayat, M. S. (2022). Kualitas Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Prima Di Rumah Sakit: Studi Literatur. Jurnal Kajian Ilmiah Kesehatan Dan Teknologi, 4(2),114.Https://Doi.Org/10.52674/Jkikt.V4i2.59
  37. Purbobinuko, Z. K., & Wurianing, R. (2020). Analisis Kepuasan Dengan Metode Csi Dan Ipa Terhadap Pelayanan Penyediaan Rekam Medis Rawat Jalan Di Rs. Dr Soetarto Yogyakarta. Indonesian Of Health Information Management Journal, 8(2), 80–91.
  38. Rerung, L. T., Oetari, R., & Herdwiani, W. (2021). Evaluasi Kualitas Pelayanan Dan Penanganan Keluhan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Instalasi Farmasi Rs Elim Rantepao. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 12(6), 451–458. Http://Forikes-Ejournal.Com/Index.Php/Sf/Article/View/Sf12417/12417
  39. Rizal, A. M., & Setiatin, S. S. (2021). Pengaruh Beban Kerja Petugas Pendaftaran Terhadap Efektivitas Pelayanan Di Rsu Bina Sehat. Jurnal Kesehatan Tambusai, 2(3), 84–91. Https://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Jkt/Article/View/1963
  40. Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis (Perintis’s Health Journal), 6(2), 116–126. Https://Doi.Org/10.33653/Jkp.V6i2.317
  41. Suryadi, A., Yunita Wisda Tumarta Arif, & Nur Syahbani No. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Rekam Medis Klinik Rawat Jalan Berbasis Web. Infokes: Jurnal Ilmiah Rekam Medis Dan Informatika Kesehatan, 12(1), 37–43. Https://Doi.Org/10.47701/Infokes.V12i1.1498
  42. Tjiptono, F., & Chandra, G. (2019). Service, Quality & Customer Satisfaction (5th Ed.). Andi.
  43. Tulus. (1992). Manajemen Sumber Daya Manusia. Gramedia Pustaka Utama.
  44. Wirajaya, M. K., & Nuraini, N. (2019). Faktor Faktor Yang MempengaruhiKetidaklengkapan Rekam Medis Pasien Pada Rumah Sakit Di Indonesia. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 7(2), 165.Https://Doi.Org/10.33560/Jmiki.V7i2.225
  45. Yunita, A., Arnawilis, & Irawan, Y. (2022). Upaya Instalasi Rekam Medis Dalam Menjaga Keamanan Rekam Medis Di Rumah Sakit Pekanbaru Medical Center. Jurnal Rekam Medis (Medical Record Journal), 1(3), 310325.Https://Doi.Org/10.25311/Jrm.Vol1.Iss3.384