HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DAN AKTIVITAS FISIK ANAK TERHADAP STATUS GIZI ANAK USIA 6-12 TAHUN DI SD NEGERI 1 SRENGSEM

Cindi Cantika Viyani, Yesi Nurmalasari, Festy Ladyani Mustofa, Dessy Hermawan

Abstract


Abstrak: Hubungan Pengetahuan Ibu dan Aktivitas Fisik Anak Terhadap Status Gizi Anak Usia 6-12 Tahun di SD Negeri 1 Srengsem. Status gizi adalah keadaan tubuh yang terjadi akibat konsumsi makanan atau ukuran keberhasilan dalam pemenuhan nutrisi. Kekurangan dan kelebihan gizi dapat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi status gizi yaitu pengetahuan ibu dan aktivitas fisik anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu dan aktivitas fisik anak terhadap status gizi anak usia 6-12 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan rancangan penelitian yang digunakan yaitu observasional analitik dengan pendekatan crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di SD Negeri 1 Srengsem yang berusia 6-12 tahun. Sampel yang digunakan berjumlah 225 siswa yang dipilih dengan metode statified random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan pengukuran berat dan tinggi badan anak serta pengisian kuisioner. Uji statistik dengan menggunakan uji spearman. Hasil uji statistik menunjukan terdapat hubungan antara pengetahuan ibu dan status gizi anak usia 6-12 tahun di SD Negeri 1 Srengsem dengan nilai ρ value 0,000 dengan koefisien korelasi sebesar 0,475, artinya tingkat kekuatan hubungan cukup. Hasil uji statistik juga menunjukan terdapat hubungan antara aktivitas fisik anak danstatus gizi anak usia 6-12 tahun di SD Negeri 1 Srengsem dengan nilai ρ value 0,000 dengan koefisien korelasi sebesar 0,267 artinya tingkat kekuatan hubungan cukup. Status gizi anak dipengaruhi oleh pengetahuan Ibu dan aktivitas fisik anak. Sehingga diperlukan peningkatan pengetahuan Ibu tentang gizi serta penjelasan ke anak untuk lebih banyak melakukan aktivitas fisik daripada bermain gadget.

 


Keywords


Gizi; Pengetahuan; Aktivitas

References


Afriani, K. (2020). Gambaran Pengetahuan Ibu Balita Tentang Gizi Dan Status Gizi Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Simpang Tiga Pekanbaru.

Andini, E. N., Udiyono, A., Sutiningsih, D., & Wuryanto, M. A. (2020). Faktor – Faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi pada Anak Usia 0-23 Bulan Berdasarkan Composite Index of Anthropometric Failure (CIAF) di Wilayah Kerja Puskesmas Karangayu Kota Semarang. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Komunitas, 5(2), 104–112. https://doi.org/10.14710/jekk.v5i2.5898

Anggraini, L. (2014). Hubungan Tingkat Aktivitas Fisik Terhadap Status Gizi Pada Anak Usia Pra Sekolah.

Angkat, A. (2018). Penyakit Infeksi Dan Praktik Pemberian MP-ASI Terhadap Kejadian Stunting Pada Anak Usia 12-36 Bulan Di Kecamatan Simpang Kiri Kota Subulussalam. 1(1), 52–58.

Anisa, A. F., Darozat, A., Aliyudin, A., Maharani, A., Fauzan, A. I., Fahmi, B. A., Budiarti, C., Ratnasari, D., N, D. F., & Hamim, E. A. (2017). Permasalahan gizi masyarakat dan upaya perbaikannya. Gizi Masyarakat, 40, 1–22.

Apriyanti, S. ., Zen, D. ., & Sastraprawira, T. (2020). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Balita Di Desa Jelat Kecamatan Baregbeg Tahun 2020. Molecules, 2(1), 1–12. http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201

Damayanti, A. Y., Darni, J., & Octavia, R. (2019). Hubungan Aktifitas Fisik dengan Status Gizi Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurussalam. Nutrire Diaita, 11(2), 42–46.

Hanum, N. L., & Khomsan, A. (2016). Pola Asuh Makan, Perkembangan Bahasa, Dan Kognitif Anak Balita Stunted Dan Normal Di Kelurahan Sumur Batu, Bantar Gebang Bekasi. Jurnal Gizi Dan Pangan, 7(2), 81. https://doi.org/10.25182/jgp.2012.7.2.81-88

Kemenkes RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, Id, 1–674.

Puspitasari, B., & Kartikasari, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Balita Dengan Status Gizi Balita Umur 1-3 Tahun Di Posyandu Jaan Desa Jaan Kecamatan Gondang Kabupaten Nganjuk. Jurnal Kebidanan Dharma Husada, 5(2), 53–59. https://doi.org/10.35890/jkdh.v5i2.68

Suharsa, H., & Sahnaz. (2016). Status Gizi Lebih dan Faktor-faktor lain yang Berhubungan pada Siswa Sekolah Dasar Islam Tirtayasa Kelas IV dan V di Kota Serang Tahun 2014. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 3(1), 53–76. www.juliwi.com

Sundari, S., & Khayati, Y. N. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Gizi dengan Status Gizi Balita. Indonesian Journal of Midwifery (IJM), 3(1), 17–22. https://doi.org/10.35473/ijm.v3i1.343

Suriani, N., Moleong, M., & Kawuwung, W. (2021). Hubungan Antara Pengetahuan Ibu Dengan Kejadian Gizi Kurang Pada Balita Di Desa Rambusaratu Kecamatan Mamasa. Jurnal Kesehatan Masyarakat UNIMA, 02(03), 53–59. https://ejurnal-mapalus-unima.ac.id/

Tinneke, putri. (2015). Faktor Yang Berhubungan Dengan Status Gizi Balita di Daerah Miskin Perdesaan dan Perkotaan dI Kabupaten Bojonegoro. 1–21. http://lib.ui.ac.id/file?file=digital/123707-S-5516-Faktor-faktor-Literatur.pdf

Tomasoa, V. A., Dary, D., & Dese, D. C. (2021). Hubungan Asupan Makan dan Aktifitas Fisik Terhadap Status Gizi Anak Usia Sekolah. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 6(2). https://doi.org/10.30651/jkm.v6i2.7819

Uce, L. (2018). Pengaruh Asupan Makanan Terhadap Kualitas Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini. Bunayya Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 79–92.

Wahyuni, I. S. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Dengan Status Gizi Anak Balita Di Desa Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar. 1–90.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v7i2.10421

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI