PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN PERAWATAN LUKA TERHADAP KEMAMPUAN SISWA – SISWI KELAS 1 SMP PATRIOT BEKASI PADA PERTOLONGAN PERTAMA LUKA

Ayu Rismayati, Asep Rusman

Abstract


Abstrak: Pengaruh Pendidikan Kesehatan Perawatan Luka Terhadap Kemampuan Siswa – Siswi Kelas 1 Smp Patriot Bekasi Pada Pertolongan Pertama Luka. Kecelakaan di Indonesia oleh World Health Organisation (WHO) dinilai menjadi pembunuh terbesar ketiga setelah penyakit jantung koroner dan tuberculosis (TBC). Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K) adalah upaya pertolongan dan perawatan sementara terhadap korban kecelakaan sebelum mendapat pertolongan yang lebih lanjut dari dokter atau tim medis lainnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengaruh Pendidikan Kesehatan Perawatan Luka Terhadap Kemampuan Siswa – Siswi Kelas 1 Smp Patriot Bekasi Pada Pertolongan Pertama Luka. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Pre Eksperimental Design dengan tehnik purposive sampling pre-test post-test control group desain. Jumlah responden dalam penelitian ini 28 responden. Dari hasil Analisis Bivariat menggunakan Shapiro-Wilk dengan nilai p 0,009 ( nilai P < 0,05 Lebih kecil dari alpha), atau Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang bermakna  (significant) antara Pendidikan Kesehatan Perawatan Luka Terhadap Kemampuan Siswa – Siswi Kelas 1 Smp Patriot Bekasi Pada Pertolongan Pertama Luka. Dan penelitian ini perlu lebih meningkatkan dan mempertahankan pengetahuan dan keterampilan pertolongan pertama luka.


Keywords


Pertolongan Pertama Luka, Kemampuan Pertolongan Pertama Luka

Full Text:

PDF

References


Dya Sustrami, N. A. S. (2011). Hubungan Faktor Sikap Dengan Pelaksanaan Program Pelayanan Kesehatan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Di SMP Muhammadiyah 4 Gadung Surabaya. Jurnal Keperawatan. https://doi.org/10.1002/eji.201444988.This

Fatkur Nur Hadi, Eka Prasetya, dkk. (2017). Makalah Karakteristik Anak Dan Remaja. Surabaya

Iga Paramita. (2017). Pengaruh Bercerita Menggunakan Audiovisual Terhadap Tingkat Kecemasan Anak Usia Prasekolah Sebelum Pemasangan Infus Di Rumah Sakit Harapan Tahun 2017. Jurnal Keperawatan.

Kementrian kesehatan RI, badan penelitian dan pengembangan kesehatan. Hasil Utama RISKESDAS (2018).

Maryunani, A. (2015). Perawatan Luka Modern (Modern Wound Care)

Terkini Dan Terlengkap, Jakarta: EGC

Natalia gabriel, mulyadi, M. killing. (2018). pengaruh pendidikan kesehatan perawatan luka akibat kecelakaan terhadap tingkat pengetahuan dan sikap pertolongan pertama pada siswa kelas x di smk negeri 6 manado. Ejournal Keperawatan, 6 nomor 1.

Natalia Gabriela Christy Lasut, Mulyadi, M. K. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Perawatan Luka Akibat Kecelakaan Terhadap Tingkat Pengetahuan dan Sikap Pertolongan Pertama Pada Siswa Kelas x di SMK Negeri Manado. Ejournal Keperawatan, 6.

Notoatmodjo. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni, Jakarta: Rineka Cipta.

Notoatmodjo. (2010). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nursalam, & E. (2008). Pendidikan dalam keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Ranintya, M., & Kriswanto, erwin setyo. (2015). Pengembangan Buku Saku Pengenalan Pertolongan Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 11(April).

Rohmayanti. (2018). Faktor Yang Mempengaruhi luka. Magelang: Tim

Wound Care Fikes UMMagelang.

Siwi Indra Sari, Wahyuningsih Safitri, R. D. P. U. (2018). Pengaru Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Demonstrasi Terhadap Praktik Pertolongan Pertama Luka Bakar Pada Ibu Rumah Tangga di Garen RT.01/RW.04 Pandean Ngemplak Boyolali. Jurnal KesMaDaSka.

Sjamsuhidajat.R, Theddeus O.H.Prasetyo, Reno Rudiman, D. (2017). Buku Ajar Ilmu Bedah Masalah Pertimbangan Klinis Bedah dan Metode Pembedahan (4th ed.). jakarta: EGC.

Soekidjo Notoatmodjo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan (3rd ed.). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suprajitno. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan Pengantar Riset Keperawatan. jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Sutarto. (2017). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Islamic Counseling, 1(2), 1–26.

Vinda Kuswana Murti. (2019). Pengaruh Metode Pendidikan Kesehatan Demonstrasi Dengan Media Short Education Movie (SEM) Terhadap Perilaku Perawatan Luka Pada Anak Usia Sekolah. https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Widya Wati. (2010). Makalah Strategi Pembelajaran Teori Belajar dan Pembelajaran.

Wisnu Wijiyanto Saputro. (2017). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode simulasi terhadap pengetahuan dan sikap tentang pertolongan pertama pada kecelakaan di smk negeri 1 mojosongo boyolali. Jurnal Keperawatan.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v8i1.10697

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI