PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DOKTER GIGI MUDA TERHADAP KEPUASAN PASIEN PEMAKAI GIGI TIRUAN LEPASAN

Sahara Nur, Slamat Tarigan

Abstract


Abstrak : Pengaruh Kualitas Pelayanan Dokter Gigi Muda Terhadap Kepuasan Pasien Pemakai Gigi Tiruan Lepasan. Berdasarkan data Riskesdas (2018) melaporkan pengguna gigi tiruan sebagian di Indonesia sebesar 3,5%, gigi tiruan penuh sebesar 1,2% dan gigi tiruan cekat 0,8% pada umur. Angka pengguna gigi tiruan yang tinggi menuntut adanya upaya pemberian pelayanan kesehatan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dokter gigi muda terhadap kepuasan pasien pemakai gigi tiruan lepasan. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik.Sampel penelitian berjumlah 30 orang subjek. Pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuisioner kepada subjek penelitian yang telah diberi informed consent. Terdapat pengaruh kualitas pelayanan dokter gigi muda terhadap kepuasan pasien pemakai gigi tiruan lepasan. Kualitas pelayanan didominasi oleh kategori puas pada dimensi Kehandalan (Realibility) 56,7%, dimensi Ketanggapan (Responsiveness) 63,3%, dimensi Jaminan (Assurance) 80%, dimensi Perhatian (Empathy) 70% dan dimensi Tampilan (Tangible) 76,7%. Penilaian responden kepuasan pasien pemakai gigi tiruan lepasan terbanyak menjawab puas 76,7% dan sangat puas 23,3%. Berdasarkan hasil uji Chi-Squre menunjukkan nilai p=0,000 < α 0,05. Dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan dokter gigi muda memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien pemakai gigi tiruan lepasan.


Keywords


kualitas pelayanan, kepuasan pasien, gigi tiruan lepasan

Full Text:

PDF

References


Akeel RF. Effect of the quality of removable prostheses on patient satisfaction. The Journal of Contemporary Dental Practice 2009;10(6):1-9.

Anshary MF, Cholil, Arya WI. Gambaran pola kehilangan gigi sebagian pada masyarakat desa guntung ujung Kabupaten Banjar. Dentino Journal Kedokteran gigi 2014;2(2):139.

Aulia R, Adhani R, Taufiqqurahman I, Hatta I. Pengaruh kualitas pelayanan kesehatan gigi dan mulut terhadap kepuasan pasien bpjs di layanan primer Banjarmasin. Dentino Jurnal Kedokteran Gigi 2017;2(1):95-100.

Bilhan H, Erdogen O, Ergin S, Celik M, Ates G, Geckili O. Complication rates and patient satisfaction with removable dentures. J Adv Prosthodont 2012;4:109-15.

Chuanda C, Wowor VNS, Mintjelungan C. Gambaran kepuasan pelayanan perawatan gigi tiruan lepasan berbasis akrilik pada masyarakat kelurahan Molas. e-GiGi 2014;2(1).

Dang BN, Westbrook RA, Black WC, Rodriguez-Barradas MC, Giordano TP. Examining the link between patient satisfaction and adherence to hiv care: a structural equation model. Plos One 2013;8(1):e54729.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia.Laporan Riset Kesehatan

Dasar Nasional 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, 2020. [cited 2 Maret 2020].Available from URL:http://www.depkes.go.id

Dewi NKDC, Sudirman PL, Wirawan IMA. Faktor–faktor sosiodemografi yang mempengaruhi terjadinya kehilangan gigi pada lansia di Desa Penatahan Penebel Tabanan. Bali Dental Journal 2018;2(2):77-81.

Figatami F, Wahyuningtyas E, Ismiyati T. Pengaruh mutu pelayanan mahasiswa kepaniteraan prostodonsia terhadap tingkat kepuasan pasien pemakai gigi tiruan sebagian lepasan (Kajian di RSGM UGM Prof. Soedomo tahun 2018). https://etd.repository.ugm.ac.id/penelitian/detail/168258

Haryani W, Purwanti DE, Satrianingsih S. Hubungan antara tingkat pendidikan dan status ekonomi dengan kepatuhan perawatan gigi tiruan lepasan. Majalah Kedokteran Gigi Indonesia 2017;3(3):160-166.

Hayati K, Hakim RF, Miftahul J. Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien pada unit radiologi rumah sakit gigi dan mulut Unsyiah.Cakradonya Dent J 2016;10(2):78-85.

Herwanda, Novita CF, Berutu MP. Peran motivasi terhadap tingkat kooperatif pasien yang berkunjung ke Rumah Sakit Gigi dan Mulut Unsyiah. Journal of Syiah Kuala Dentistry Society 2017;2(1):73-77.

Khoman JA, Mariati NW, Siagian ED. Profil pemakaian gigi tiruan lepasan berbasis akrilik pada masyarakat kelurahan bahu kecamatan Malalayang. Jurnal Biomedik 2012;4(1):43-51.

Kristiani D, Naini A, Achmad G. Tingkat kepuasan pasien gigi tiruan sebagian lepasan di rumah sakit gigi dan mulut Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Jember. Stomatognatic (J.K.G.Unei) 2011;8(2):67-121.

Mayun GARUI, Indrasari M, Kusdhany LS. Relationship between patient’s satisfaction of removable denture wearers and oral health-related quality of life. International Journal of Applied Pharmaceutics 2017;9)2):150-154.

Nazeer B, Ahmed N, Faruqui S, Ansari MAA, Maqsood A, Buksh HA. Assessment of patient’s satisfaction with removable denture therapy. Intrnational Journal of Current Research 2016;8(9):38012-38015.

Nurhaeni, Abubakar S. Tingkat kepuasan pasien pengguna gigi tiruan lepasan terhadap pelayanan kesehatan gigi dan mulut di rumah Sakit Khusus Daerah Provinsi Sulawesi Selatan. Media Kesehatan Gigi 2019;18(2):37-43.

Persic S, Celebic A. Influence of different prosthodontic rehabilitation options on oral health-related quality of life, orofacial esthetics and chewing function based on patient- reported outcomes. Qual Life Res 2014;24(4).

Prabhu N, Kumar S, D’Souza M, Hegde V. Partial edentulousness in a rural population based on Kennedy’s classification: An epidemiological study. The Journal of Indian Prosthodontic Society 2009;9(1):18-23.

Simbolon BH. Faktor-faktor yang berhubungan dengan penggunaan gigi tiruan pada lansia. Jurnal Keperawatan 2015;11(2):344-351.

Tanudjaya PK. Pengaruh kualitas pelayanan klink gigi terhadap kepuasan dan kepercayaan pasien sehingga meningkatkan keinginan untuk berobat kembali. Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa 2014;7(1):40-60.

Thio TLM, Mintjelungan CN, Hutagalung BSP. Pola kehilangan gigi dan kebutuhan perawatan gigi tiruan sebagian lepasan di Kelurahan Meras Kecamatan Bunaken. e- GiGi 2014;2(1).

Utami LA, Andreas P, Anggraeni ZK. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pengguna pekerjaan ortodonti cekat oleh tukang gigi dari perspektif masyarakat (Tinjauan pada Murid-murid SMP, SMA, SMK Ksatrya Jakarta, SMKN 14 Jakarta dan Pengguna Jasa Tukang Gigi di Depok dan Bogor). https://lib.sssui.ac.id.naskahringkas/2016-05/S-Pdf-Lulu%20Amanda%20Utami




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v7i3.10791

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI