HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT X BANDAR LAMPUNG
Abstract
Abstrak: Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit X Bandar Lampung. Di Indonesia dan negara berkembang lainnya, kepuasan pasien yang rendah masih menjadi masalah. Data dari rumah sakit di salah satu negara ASEAN menunjukkan bahwa kepuasan pasien hanya sebesar 79%, sedangkan standar yang ditetapkan adalah > 85%. Di Rumah Sakit X Bandar Lampung, persentase kepuasan pasien rawat inap pada tahun 2017 hanya sebesar 75%, di bawah indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) rawat inap yang sebesar 90%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dan kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit X Bandar Lampung pada tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sedangkan rancangan penelitian ini adalah adalah penelitian cross sectional yang dilakukan dengan menggunakan instrument berupa kuesioner. Adapun responden penelitian ini sebanyak 124 responden dan analisis datanya menggunakan diagram kartesius. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa prioritas utama atau faktor yang dianggap mempengaruhi kepuasan pelanggan, atributnya yang dianggap sangat penting, namun pihak rumah sakit belum melaksanakannya sesuai keinginan/harapan pelanggan, antara lain: terdapat nama nomor telepon (call centre) yang mudah di hubungi, waktu besuk rumah sakit tepat waktu, dan petugas rumah sakit tepat waktu saat layanan. U,lkntuk meningkatkan kepuasan pasien perlu dilakukan peningkatan terhadap kualitas pelayanan terutama dalam aspek yang masih kurang optimal.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arisman. 2014. Mengukur Kepuasan Masyarakat dan Kualitas Pelayanan Publik. Dalam jakarta.kemenkumham.go.id.
Azwar, Saifuddin. (2016). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka pelajar.
Az-Zahroh, T. N. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Ruang Dewasa Umum Rumah Sakit X Kabupaten Gresik. Psikosains: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi, 12(2), 99-111. http://journal.umg.ac.id/index.php/psikosains/article/view/136
Citra. (2012). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap RSU.Bunda Thamrin Medan Tahun 2012. Medan: Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara. https://media.neliti.com/media/publications/14383-ID-pengaruh-
mutu-pelayanan-terhadap-kepuasan-pasien-rawat-inap-rsu-bunda-
thamrin-me.pdf
Handayani (2021) Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien BPJS Mandiri Di Poli Rawat Jalan RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung Melalui Diagram Kartesius Tahun 2022. Program Studi Administrasi Rumah Sakit Fakultas Pasca Sarjana Universitas Respati Indonesia Jakarta 2022
Kosnan, Wilhelmina. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Merauke Wilhelmina Kosnan 1 * 1.” 21. http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/1538
Muninjaya, A. Gde. (2014). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Edisi 2. Jakarta: EGC.
Notoatmodjo, S., (2016). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nursalam. (2014). Manajemen Keperawatan: Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika
Nyorong, M., Hamzah, A., & Mukti, W. Y. (2013). Pengaruh Mutu Layanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Woodward Kota Palu. Jurnal Administrasi dan Kebijakan Kesehatan Indonesia, 2(03), 8226. https://www.neliti.com/id/publications/8226/
Permenkes, R. I. (2014). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 75 tahun 2014 Tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Menteri Kesehatan Republik Indonesia, 323.
Pohan I.(2016). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC
Rivai, F., Lestari, S., & Shaleh, K. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI.
https://repository.unar.ac.id/jspui/handle/123456789/3944
Riyanto. (2017). Aplikasi Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta : Nuha Medika
Rosita, S., Arina, A., & Muhazar, M. (2021). Faktor yang Berhubungan dengan Efektivitas Pelayanan Kesehatan pada Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit TK II Iskandar Muda Banda Aceh. Serambi Saintia: Jurnal Sains dan Aplikasi, 9(2), 112-119.
https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-
saintia/article/view/3863
Rospita. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien BPJS Terhadap Layanan Kesehatan.
Sangadji, E.M., dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Siregar, R. A. (2020). Pembaharuan Dalam Organisasi Pelayanan Kesehatan.
Sudiro. (2011). Perencanaan Sumber Daya Manusia. Cetakan Pertama. UB Press. Malang Indonesia.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Supranto, J. (2011). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan. Pangsa Pasar, Cetakan keempat, Jakarta. Penerbit PT Rineka Cipta
Tjiptono. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi
Yuditia, A., Hidayat, Y., & Achmad, S. (2021). Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional Oleh Bpjs Berdasarkan Undang-Undang No. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Jurnal Magister Ilmu Hukum, 6(1), 43-61. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/JMIH/article/view/796
Widodo, M. D., & Renaldi, R. (2018). Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Di Poli Umum Puskesmas Siak Hulu II Kabupaten Kampar, 2017. Collaborative Medical Journal (CMJ), 1(2), 21-29. https://jurnal.univrab.ac.id/index.php/cmj/article/view/449
DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v7i4.12037
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Medika Malahayati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.