HUBUNGAN ANTARA STRESS, JENIS MAKANAN, DAN RIWAYAT EMESIS PADA IBU HAMIL TRIMESTER I DENGAN EMESIS GRAVIDARUM DI BPM BIDAN ONI MARPUAH DEPOK

Sinda Mercy Safitri, Kuswati Kuswati, Siti Hodijah

Abstract


Abstrak: Hubungan Antara Stress, Jenis Makanan, Dan Riwayat Emesis Pada Ibu Hamil Trimester I Dengan Emesis Gravidarum Di Bpm Bidan Oni Marpuah Depok - Emesis gravidarum merupakan perasaan pusing, perut kembung dan badan terasa lemas disertai keluarnya isi perut melalui mulut dengan frekuensi kurang dari 5 kali sehari pada ibu hamil trimester I. Tujuan penelitian mengetahui hubungan antara stress, jenis makanan, dan riwayat emesis pada ibu hamil trimester I dengan emesis gravidarum di BPM Bidan Onih Marpuah Depok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain cross sectional, jumlah populasi dan sampel yang digunakan 50 pada ibu hamil yang sedang berkunjung untuk melakukan pemeriksaan Antenatal Care. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling, alat ukur adalah kuesioner dan analisa data menggunakan Analisa univariat dan bivariat. Hasil uji statistik diperoleh bahwa adanya hubungan antara stress dengan emesis gravidarum dengan nilai P-Value 0,003 (OR 6,644). Jenis makanan dengan emesis gravidarum dengan nilai P-Value 0,000 (OR 15,000). Riwayat emesis dengan emesis gravidarum dengan nilai P-Value 0,010 (OR 6,000). Disarankan kepada tenaga kesehatan dalam konseling di fokuskan kepada jenis makanan yang di konsumsi untuk mencegah terjadinya emesis gravidarum, serta informasi dan edukasi mengenai riwayat emesisdan stress, agar sedini mungkin ibu hamil dapat mencegah terjadinya pemicu emesis garvidarum lebih parah di sertai komplikasi lainnya.


Keywords


Emesis Gravidarum, Jenis Makanan, Riwayat Emesis, Stress

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bhineka Cipta. Bhineka Cipta.

Balitbang Kemenkes, R. I. (2013). Riset kesehatan dasar; RISKESDAS. Jakarta: Balitbang Kemenkes RI, 2013, 110–119.

Bustos, M., Venkataramanan, R., & Caritis, S. (2017). Nausea and vomiting of pregnancy-What’s new? Autonomic Neuroscience, 202, 62–72.

Depok, D. K. (2017). Profil Kesehatan Kota Depok 2017. Dinas Kesehatan Kota Depok, Depok.

Kartikasari, R. I., Ummah, F., & Taqiiyah, L. B. (2017). Aromaterapi Pappermint untuk Menurunkan Mual dan Muntah pada Ibu Hamil. 9.

Louik, C., Hernandez‐Diaz, S., Werler, M. M., & Mitchell, A. A. (2006). Nausea and vomiting in pregnancy: maternal characteristics and risk factors. Paediatric and Perinatal Epidemiology, 20(4), 270–278.

Mariantari, Y., & Lestari, W. (2009). Hubungan Dukungan Suami, Usia Ibu, dan Gravida terhadap Kejadian Emesis Gravidarum. Riau University.

Maulana, M. (2016). Panduan lengkap kehamilan (Cetakan 2). Yogyakarta: Kata Hati.

NOOR, H. M. F. (2016). Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil Dengan Hiperemesis Gravidarum Di Ruang Poli Kebidanan Rsud Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya.

Organization, W. H. (2015). Trends in maternal mortality: 1990-2015: estimates from WHO, UNICEF, UNFPA, World Bank Group and the United Nations Population Division. World Health Organization.

Pujiati, Y., & Herlin Fitriana K, S. S. T. (2009). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Emesis Graviadarum Pada Ibu Hamil Trimester Pertama Di Puskesmas Ngampilan Yogyakarta Tahun 2009. Universitas’ Aisyiyah Yogyakarta.

Rinata, E., & Ardillah, F. R. (2017). Penanganan Emesis Gravidarum Pada Ibu Hamil Di BPM Nunik Kustantinna Tulangan-Sidoarjo.

Rose, W. (2013). Panduan Lengkap Perawatan Kehamilan. Panduan Lengkap Perawatan Kehamilan. Jakarta: Dian Rakyat.

Rudiyanti, N., & Rosmadewi, R. (2019). Hubungan Usia, Paritas, Pekerjaan dan Stres dengan Emesis Gravidarum di Kota Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Keperawatan Sai Betik, 15(1), 7–18.

Verberg, M. F. G., Gillott, D. J., Al-Fardan, N., & Grudzinskas, J. G. (2009). Hyperemesis gravidarum, a literature review. Human Reproduction Update, 11(5), 527–539.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v7i4.12244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI