DAMPAK FAKTOR LINGKUNGAN DENGAN KECANDUAN GAME ONLINE PADA ANAK USIA SEKOLAH

Arief Budiman Budiman, Dewi Purwanti, Fitroh Asriyadi

Abstract


Kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi semakin canggih dan dapat mempengaruhi pada berbagai bidang salah satu contohnya yaitu perkembangan game online yang bisa membuat kecanduan pada anak usia sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan lingkungan dengan kecanduan game online pada anak usia sekolah di SDN 005 Sungai Kunjang Samarinda. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah anak usia sekolah 9-12 tahun di SDN 005 Sungai Kunjang Samarinda, berjumlah 93 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 43 responden memiliki lingkungan yang baik, sedangkan 50 responden memiliki lingkungan yang tidak baik. Siswa dengan kecanduan game online sebanyak 58 responden sedangkan siswa yang tidak kecanduan game online sebanyak 35 responden. Ada hubungan lingkungan dengan kecanduan game online pada anak usia sekolah di SDN 005 Sungai Kunjang Samarinda dengan didapatkan nilai (ρ-value = 0,049) menggunakan uji statistik Fisher Exact dengan taraf signifikansi 0,05 maka artinya H0 ditolak, sehingga kesimpulannya semakin tinggi pengaruh lingkungan maka semakin tinggi juga kecanduan game online yang terjadi pada anak usia sekolah di SDN 005 Sungai Kunjang Samarinda.


Keywords


Lingkungan; Kecanduan; Game Online; Anak Usia Sekolah

Full Text:

PDF

References


Andoyo, A. (2021). Sosialisasi dampak positif dan negatif game online bagi anak sekolah dasar. Jurnal pkm pemberdayaan masyarakat, 2(3), 89-95.

Fitri, E., Erwinda, L., & Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(3), 211-219.

Irawan, S. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kecanduan game online peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1).

Johan, R. (2019). Pengaruh Game Online Terhadap Minat Untuk Belajar Peserta Didik Kelas X Di Ma Al Hidayah Depok. Research and Development Journal of Education, 5(2), 12-25.

Kiniret, R. I. A., & Susilowati, T. (2021). Gambaran Karakteristik Anak yang Mengalami Kecanduan Bermain Game Online. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 2(2), 9-13.

Liputo, S., Ntobuo, F., & Basara, Y. (2022). Hubungan Kecanduan Game Online Dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja Didesa Dunggala Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Administrasi Negara Dan Ilmu Pemerintahan, 1(1), 66-73.

Rinartha, K., & Suryasa, W. (2017). Comparative study for better result on query suggestion of article searching with MySQL pattern matching and Jaccard similarity. In 2017 5th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM), 1–4.

Simon, K. (2021). “Digital 2021 April Global Statshot Report” https://datareportal.com, diakses 12 Maret 2024.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533.

Tiwa, J. R., Palandeng, O. I., & Bawotong, J. (2019). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Kecanduan Game Online Pada Anak Usia Remaja Di SMA Kristen Zaitun Manado. Jurnal Keperawatan, 7(1).

Wong. (2008). Buku ajar keperawatan pediatrik. Volume 2. Jakarta: EGC

World Health Organization. (2018). World health statistics 2018: Monitoring health for the SDGs, sustainable development goals. World Health Organization.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v8i2.14311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI