Hubungan Status Gizi dan Memori Jangka Pendek Terhadap Prestasi Belajar Pada Remaja Kelas VIII Di SMPN 27 Bandar Lampung

Mayla Fikhansa Barinda, Yesi Nurmalasari, Zulhafis Mandala, Devita Febriani Putri

Abstract


Prestasi belajar mencerminkan keberhasilan siswa dalam pendidikan. Kesulitan belajar menghalangi pencapaian hasil belajar remaja. Asupan gizi yang baik membantu meningkatkan kemampuan memori jangka pendek. National Institute of Mental Health melaporkan di Indonesia 16% remaja mengalami kesulitan menyimpan memori. Permasalahan tersebut mempengaruhi proses kognitif, sehingga status gizi yang seimbang penting untuk mendukung fungsi otak dalam mencapai prestasi belajar. Untuk mengetahui hubungan status gizi dan memori jangka pendek terhadap prestasi belajar pada remaja kelas VIII di SMPN 27 bandar lampung. penelitian kuantitatif dan rancangan crossectional. Sampel yang digunakan berjumlah 72. Data diperoleh melalui pengukuran berat dan tinggi badan, tes digit span, serta dari penilaian rata-rata rapor semester terakhir. Uji statistik menggunakan uji spearman. Hasil analisa korelasi spearman menunjukan terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar (p = 0,007 ; r = 0,313). Terdapat hubungan antara memori jangka pendek dengan prestasi belajar pada remaja (P = 0,000 ; r = 0,970). Terdapat hubungan status gizi dan memori jangka pendek terhadap prestasi belajar pada remaja kelas VIII di SMPN 27 bandar lampung.


Keywords


Memori Jangka Pendek; Prestasi Belajar; Status Gizi

Full Text:

PDF

References


Abidah, K. et al. (2020) ‘Pengaruh Penggunaan Warna Terhadap Short Term Memory untuk Peningkatan Pemahaman Matematika’, Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1(September), pp. 96–103. Available at: https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7696.

Alamdarloo, G.H., Moradi, S. and Dehshiri, G.R. (2013) ‘The Relationship between Students’ Conceptions of Learning and Their Academic Achievement’, Psychology, 04(01), pp. 44–49. Available at: https://doi.org/10.4236/psych.2013.41006.

Andayani, R.P. and Ausrianti, R. (2021) ‘Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Status Gizi Pada Remaja’, Jurnal Keperawatan, 13(1), pp. 1–9. Available at: http://journal.stikeskendal.ac.id/index.php/Keperawatan%0ANURSES.

Andrie, S., Novi W, R.A. and Saputri, S.D. (2019) ‘Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa’, Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2). Available at: https://doi.org/10.23887/ekuitas.v7i2.17917.

Arifin, J., Harahap, muhammad syahril and Lubis, R. (2023) ‘Pengaruh Tingkat Daya Ingat Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pythagoras Di Smp Negeri 3 Angkola Selatan’, Mathematic Education Journal, 6(3), pp. 42–51.

Cahyanto, E.B. et al. (2021) ‘Hubungan Status Gizi Dan Prestasi Belajar The Relationship between Nutritional Status and Learning Achievement’, PLACENTUM Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya, 9(1), p. 2021.

Defriyanto, D. and Dernawan, O. (2018) ‘Prevalensi Kesulitan Belajar Peserta Didik di Madrasah Aliyah Negeri I Bandar Lampung’, KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 5(1), p. 45. Available at: https://doi.org/10.24042/kons.v5i1.2635.

Hafiza, D., Agnita, U. And Niriyah, S. (2020) ‘Hubungan Kebiasaan Makan Dengan Status Gizi Pada Remaja Smp Ylpi Pekanbaru’, Yogyakarta: Pustaka Baru, 9(2), pp. 86–96. Available at: https://jurnal.stikes-alinsyirah.ac.id/index.php/keperawatan/.

Hasibuan, A.S., Nelwati, S. and Mardison, S. (2020) ‘Hubungan Kesiapan dengan Prestasi Belajar Peserta Didik’, Jurnal Al-Taujih : Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 6(1), pp. 37–43. Available at: https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/1751.

James Kpolovie, P., Igho Joe, A. and Okoto, T. (2014) ‘Academic Achievement Prediction: Role of Interest in Learning and Attitude towards School’, International Journal of Humanities Social Sciences and Education, 1(11), pp. 73–100. Available at: www.arcjournals.org.

Kemenkes RI (2018) ‘Hasil Riset Kesehatan Dasar Tahun 2018’, Kementrian Kesehatan RI, 53(9), pp. 1689–1699.

Mahyiddin, Z., Al’Abqary, R. and Fajri, Z. (2020) ‘Korelasi Status Gizi Terhadap Tingkat Intelligence Quotient Pada Anak Di Min Tungkop Aceh Besar’, Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), pp. 1–8.

Muin, M. et al. (2020) ‘Peran Status Gizi Terhadap Tingkat Kecerdasan Kognitif Anak Yayasan Citra Cendekia Celebes Address : Perumahan Bukit Tamalanrea Permai Email : Phone : Article history : ( dilengkapi oleh admin ) Received Tanggal Bulan Tahun Received in revised form Tangga’, Indonesian Journal of Health, 1(1), pp. 21–30. Available at: http://citracendekiacelebes.org/index.php/INAJOH URL artikel: http://citracendekiacelebes.org/index.php/INAJOH%0APeran.

Nalim and Pramesti, S.L.D. (2020) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar’, Pendidikan dan Dakwah, 2(2), pp. 278–288.

Nurmalasari, Y. et al. (2023) ‘Hubungan Status Gizi Terhadap Memori Jangka Pendek Anak Usia 6-12 Tahun dI SD Negeri 1 Srengsem’, Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 10(4), pp. 1791–1798. Available at: http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kesehatan.

Parwoko, N.A., Rasjad, A.S. and Alie, I.R. (2020) ‘Memori Jangka Pendek pada Anak Remaja Sekolah Umum dan Sekolah Tahfidz Al Qurâ€TM an’, Prosiding Pendidikan …, 6(1), pp. 6–10. Available at: https://karyailmiah.unisba.ac.id/index.php/dokter/article/view/19932.

Sa’adah, R.H., Herman, R.B. and Sastri, S. (2014) ‘Hubungan Status Gizi dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Negeri 01 Guguk Malintang Kota Padangpanjang’, Jurnal Kesehatan Andalas, 3(3), pp. 460–465. Available at: https://doi.org/10.25077/jka.v3i3.176.

Safitri, E., Purwitaningtyas, R.Y. and Nuzula, F. (2023) ‘Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory Pada Remaja’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Rustida, 10(01), pp. 29–36. Available at: https://www.e-journal.akesrustida.ac.id/index.php/jikr/article/view/180.

Septikasari, M. (2018) Status Gizi Anak dan Faktor yang Mempengaruhi, UNY Press.

Sujarwo, S. and Oktaviana, R. (2017) ‘Pengaruh Warna Terhadap Short Term Memory Pada Siswa Kelas VIII Smp N 37 Palembang’, Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 3(1), pp. 33–42. Available at: https://doi.org/10.19109/psikis.v3i1.1391.

Sumiaty, I.H. (2018) ‘Pengaruh Status Gizi Dengan Tingkat Kecerdasan Pada Siswa/i Sekolah Dasar Di Kota Makassar’, Seminar Nasional Sinergitas Multidisiplin Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (SMIPT), 1(April), pp. 71–77.

UNICEF (United Nations Children’s Fund) (2021) ‘Profil Remaja 2021’, Unicef, 917(2016), pp. 1–9. Available at: https://www.unicef.org/indonesia/media/9546/file/Profil Remaja.pdf.

Widiastuti, A.O. and Widiyaningsih, E.N. (2022) ‘Relationship Physical Activity With Nutritional Status Of High School In Surakarta’, University Research Colloqoium, pp. 66–74.

Winarsih, B.D., Fatmawati, Y. and Hartini, S. (2021) ‘Hubungan Status Gizi dan Status Hidrasi dengan Fungsi Memori Jangka Pendek Anak Usia Sekolah’, Jurnal Litbang: Media Informasi Penelitian, Pengembangan dan IPTEK, 17(2), pp. 115–130. Available at: https://doi.org/10.33658/jl.v17i2.261.

Yolanda and Rusli, D. (2019) ‘Hubungan Sibling Relationships Dengan Prestasi Belajar Pada Siswa Smp N 1 Bukittinggi’, Jurnal Riset Psikologi, 2(4), pp. 1–12.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v8i3.14941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI