EFEKTIVITAS SELF MANAGEMENT TERHADAP KECANDUAN BERMAIN GADGET PADA ANAK USIA SEKOLAH

Edriyani Yonlafado Simanjuntak, Novita Aryani, Vita Rahmadayanti

Abstract


Gadget merupakan hal yang sangat membantu anak dalam mengikuti perkembangan zaman, namun penggunaan gadget yang berlebihan akan mengakibatkan adanya kecanduan. Salah satu cara menurunkan kecanduan bermain gadget pada anak usia sekolah menggunakan teknik Self Management. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Self Management terhadap kecanduan bermain gadget pada anak usia sekolah di SD Negeri 0715 Pir Sosa IV dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Pre Experimen model one group pre-test post-test design. Populasi anak sekolah berjumlah 68 responden dan dilakukan screening yang kecanduan tinggi dan sedang sebanyak 60 orang dan diambil sampel untuk penelitian sebanyak 19 responden menggunakan Stratified Random Sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner SAS. Pengolahan data dengan uji statistic Paired Sample Test dan hasil penelitian menunjukkan kecanduan bermain gadget menurun dengan p-value 0,00 (<0,05) atau ada perubahan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan Self Management. Kesimpulan penelitian ini adalah Self Management efektif terhadap kecanduan bermain gadget pada anak usia sekolah.


Keywords


Kecanduan; Gadget; Self Management

Full Text:

PDF

References


Asrianti. (2016). Penerapan Teknik Self Management untuk Mengurangi Kebiasaan Bermain Game Online pada Siswa di SMA Negeri 1 Tinggimoncong. Makassar: UNS Makassar.

Bunga Alamiah, D. (2020). Pengaruh Terapi Perilaku Kognitif (Cognitive Behavioral Therapy) terhadap Tingkat Kecanduan Gadget pada Anak Sekolah Dasar di Mekarsari Kalibeber Mojotengah Wonosobo (Doctoral dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Fauziah, D. (2022). Pengaruh Teknik Self Management Untuk Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Akhir (Studi di Perum Talaga Bestari, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang-Banten) (Doctoral dissertation, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten).

Imran, N. A. (2022). Penerapan Teknik Self Management Untuk Mengurangi Kecanduan Media Sosial Pada Siswa Di SMA Negeri 1 Sinjai.

Irfan, A. E. (2020). Hubungan Smartphone Dengan Kualitas Tidur Remaja Di SMA Negeri 2 Majene. Journal of Islamic Nursing, 95-100.

Jalil, K. M. (2022). Efektivitas teknik self management dalam menangani anak tempramental akibat kecanduan game online di desa Karang kecamatan Semanding kabupaten Tuban (Doctoral dissertation, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember).

Kurniati, R. (2019). Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior Therapy Dengan Teknik Self-management Untuk Mengurangi Penggunaan Smartphone Secara Berlebihan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP NEGERI 4 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Kwon, M., Lee, J. Y., Won, W. Y., Park, J. W., Min, J. A., Hahn, C., ... & Kim, D. J. (2013). Development and validation of a smartphone addiction scale (SAS). PloS one, 8(2), e56936.

Mawitjere, O. T., Onibala, F., & Ismanto, Y. A. (2017). Hubungan lama penggunaan gadget dengan kejadian insomnia pada siswa siswi di SMA Negeri 1 Kawangkoan. Jurnal Keperawatan, 5(1).

Mayenti, N. F., & Sunita, I. (2018). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan anak usia dini di PAUD dan TK Taruna Islam Pekanbaru. Photon: Jurnal Sain Dan Kesehatan, 9(1), 208-213.

Pratiwi, S. N., Cari, C., & Aminah, N. S. (2019). Pembelajaran IPA abad 21 dengan literasi sains siswa. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 34-42.

Rizky, A. N. (2022). Analisis Keterampilan Sosial Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPS Kelas V SD Negeri Sondakan No. 11 Surakarta Tahun Ajaran 2021/ 2022

Santika, L. (2019). Efektifitas Teknik Self Management Dalam Menangani Kecanduan Game Online Remaja di Desa Patoloan Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Saruji, M. A. M., Hassan, N. H., & Drus, S. M. (2017, April). Impact of ICT and electronic gadget among young children in education: A conceptual model. In Proceedings of the 6th International Conference on Computing & Informatics (Vol. 165, pp. 480-486).

Sujianti, S. (2018). Hubungan Lama Dan Frekuensi Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Pra Sekolah Di Tk Islam Al Irsyad 01 Cilacap. Jurnal Kebidanan, 8(1), 54-65.

Syifa, Setianingsih & Sulianto (2019). Dampak penggunaan gadget terhadap perkembangan psikologi pada anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527-533.

Tarigan, M. B. (2018). Hubungan Gaya Hidup Remaja Terhadap Kejadian Anemia Pada Remaja Putri Kelas X Di Sma Negeri 2 Binjai Tahun 2018. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 3(1), 20-28.

Viviyanti, N. K. (2019). Pengaruh self control, leisure boredom dan smartphone usage terhadap kecanduan smartphone pada remaja (Bachelor's thesis, http://repository. uinjkt. ac. id/dspace/submit)

Zees, R. F., Ariani, G. A. P. P., Usman, L., & Djamalu, I. (2021, June). Effectiveness of Cognitive Behavior Therapy (CBT) Terhadap Ketergantungan Gadget pada Remaja Di Politeknik Kesehatan Gorontalo. In PROSIDING Seminar Nasional Tahun 2020 ISBN: 978-623-93457-1-6 (pp. 131-138).




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v8i2.15305

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI