Hubungan Kesiapan Belajar Mandiri Dan Motivasi Dengan Nilai Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Pada Mahasiswa Angkatan 2021 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati

Salwa Fawwaz Sety, Marisa Anggraini, Muhammad Hatta, Dewi Lutfianawati

Abstract


Indonesia menghadapi tantangan signifikan dalam memastikan pencapaian nilai akademik yang baik bagi mahasiswa, salah satunya pada Fakultas Kedokteran. Keberhasilan proses pendidikan ditentukan oleh tinggi rendahnya prestasi belajar mahasiswa yang dilihat dari nilai evaluasi belajar. Untuk mencapai indeks prestasi yang baik, tidak terlepas dari faktor yang mempengaruhi, salah satunya kesiapan belajar mandiri dan motivasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara kesiapan belajar mandiri dan motivasi dengan IPK pada mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Populasi yang digunakan adalah 126 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2021, dengan sampel sebanyak 68 mahasiswa yang dipilih melalui metode random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner MSLQ dan SDLRS, dan analisis data menggunakan uji Chi-square. Hasil menunjukkan kesiapan belajar mandiri tinggi (85,3%) dan tingkat motivasi tinggi (91,2%), dan hasil uji statistik didapatkan nilai p = 0,901 dan p=0,255 atau > 0,05. Tidak terdapat hubungan antara kesiapan belajar mandiri dan motivasi dengan nilai IPK pada mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Hasil ini menunjukkan bahwa terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhi hasil prestasi akademik mahasiswa kedokteran, tidak hanya kesiapan belajar mandiri dan motivasi.


Keywords


IPK; Kesiapan Belajar Mandiri; Motivasi

Full Text:

PDF

References


Ahisya, H., Utami, D., Supriyati, S., & Farich, A. (2020). Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9(1), pp.103-108.

Anggraini, D., Herman, H., & Righo, A. (2024). Hubungan Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19 Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan Universitas Tanjungpura. Berkala Ilmiah Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat (Scientific Periodical Journal Of Medicine And Public Health), 2(2).

Chandra, K., Manoppo, F.P. and Mewo, Y.M. (2023). Peran Motivasi Belajar terhadap Indeks Prestasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Medical Scope Journal, 4(2), pp. 115–123.

Djamarah Syaiful Bahri. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajriany, M., Khoirun, V., Arifiani, W., & Zaki, S. (2023). Hubungan Asosiasi Antara IPK Dengan Waktu Belajar Mahasiswa/i Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Journal of Creative Student Research, 1(5), pp. 320-332.

Handayani, D. (2022). Hubungan Self Directed Learning Readiness (SDLR) Terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2021 (Bachelor's Thesis, Fakultas Kedokteran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Kapitan, I. K., Kareri, D. G. R., & Amat, A. L. S. (2021). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Nusa Tenggara Timur. Cendana Medical Journal, 9(1), pp. 64-71.

Kholis, M. R., Anggraini, M., Rimawati, V. E., & Farich, A. (2024). Hubungan Usia, Jenis Kelamin Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Belajar Mandiri Pada Mahasiswa Angkatan 2023 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 11(10), pp. 1841-1848.

Kusuma. (2020). Dampak Penerapan Pembelajaran Daring Terhadap Kemandirian Belajar (Self-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(2), pp. 169-

Kompri. (2016). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Rosda Karya.

Lisiswanti, R., Sanusi, R. and Prihatiningsih, T.S. (2015). Hubungan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 4(1), p. 1.

Lutfianawati, D., Puji Lestari, S.M. and Istiana, S. (2019). Hubungan Kesiapan Belajar Mandiri Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Tahun 2017. Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 5(4), pp. 232–244.

Marliando, C. M. (2018). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Akademik pada Mahasiswa Kedokteran Tahap Preklinik. Vol. 6(2), pp. 109–16.

Ningsih, S. W., & Astuti, A. M. (2024). Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa. Kognitif: Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 4(3),

pp. 1007-1021.

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pravesti, C. A., & Mufidah, E. F. (2024). Pengembangan Skala Kesiapan Belajar Mandiri (Self-Directed Learning Readiness/SDLR). Counsellia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 14(1), pp. 1-10.

Ramli, N., Muljono, P. and Farit, M.A. (2018). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Self Directed Learning Readiness dan Prestasi Akademik. Jurnal Kependidikan, 2(1), pp. 153–166.

Sadiqin, A.F., Lestari, S.M.P. and Setiawati, R.S. (2016). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Tingkat Self Directed Learning Readiness (SDLR) Pada Mahasiswa Pendidikan Sarjana Kedokteran Angkatan 2013 Di Universitas Malahayati’. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 3(1)

Sahabuddin, R., Arif, H. M., Ali, M. G., Asysyahid, A., & Ramadhan, A. M. G. (2024). Efikasi Diri dan Prestasi Akademik: Analisis Motivasi Belajar Sebagai Variabel Mediasi di Kalangan Mahasiswa: Studi pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Negeri Makassar. Jurnal Ilmu Manajemen, Bisnis dan Ekonomi (JIMBE), 2(1), pp. 51-60.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tjakradidjaja, F. A., Prabandari, Y. S., Prihatiningsih, T. S., & Harsono, H. (2016). The Role of Teacher in Medical Student Self-Directed Learning Process. Journal of Education and Learning (EduLearn), 10(1), pp. 78.

Zulharman, H. and Kumara, A., 2008. Peran Self Directed Learning Readiness Pada Prestasi Belajar Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia, 3, pp.104.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v9i3.21509

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI