PERBANDINGAN POLA SENSITIVITAS BAKTERI TERHADAP ANTIBIOTIK ANTARA RUANG ICU DAN NON ICU DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG PERIODE JANUARI-MARET TAHUN 2019

Hidayat Hidayat, Upik Febriani, Wirawan Anggotomo, M Agung Kurnia

Abstract


Penggunaan antibiotik yang irasional dapat menyebabkan timbulnya resisten di Rumah sakit terutama di unit perawatan intensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan perbandingan pola sensitivitas bakteri terhadap antibiotik antara ruang ICU dan non ICU di RSUD Dr H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Metode penelitian ini deskriptif analitik menggunakan pendekatan retrospektif. Sampel pada penelitian ini 284 dibagian mikrobiologi laboratorium Patologi klinik di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung. Uji statistik univariat. Hasil Pola kuman berdasarkan kultur pada  periode bulan januari- maret 2019 yaitu di ruang non ICU Enterobacter sp yaitu 51 sampel dan Klebsiella pneumoniae yaitu 9 sampel. Di ruang ICU adalah Enterobacter cloacea yaitu 68 sampel, Klebsiella sp yaitu 34 sampel, Proteus mirabilis yaitu 16 sampel, dan Escherichia coli yaitu 15 sampel. Kesimpulan Pola kuman terbanyak di ruang ICU adalah Enterobacter cloacea sensitivitas tertinggi terhadap amikacin sedangkan ruang non ICU adalah Enterobacter sp sensitivitas tertinggi terhadap antibiotik netilmycin.

Keywords


Pola sensitivitas Bakteri, Antibiotik, ICU, Non ICU

References


Nengah. (2016). Pola Mikroba Pasien Yang Dirawat Di Intensive Care Unit (Icu) Serta Kepekaannya Terhadap Antibiotik Di Rsup Sanglah Denpasar Bali Agustus-Oktober 2013. E-jurnal medika. 5(4): 5-6.

Kemenskes RI. (2013). Riskesdas (Riset kesehatan dasar). Jakarta: 1

Tjay H.T, Raharja K. (2007). Obat-obat Penting; Khasiat, Penggunaan, dan Efek Sampingnya. Edisi VI. Jakarta. Elex Media Komputindo.

Septi D. (2015). Pola resistensi bakteri terhadap antibiotik pada penderita infeksi luka operasi (ilo) di rumah sakit x periode agustus 2013–agustus. [Skripsi]. Surakarta : Fakultas Farmasi Universitas Muhammadiyah surakarta.

Zahra, M. (2018). Analisis Pola Kuman Dan Pola Resistensi Pada Hasil Pemeriksaan Kultur Resistensi Di Laboratorium Patologi Klinik Rumah Sakit Dr. H. Abdoel Moeloek Provinsi Lampung Periode Januari-Juli 2016. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan. 5(2): 84-85.

WHO. (2011). Collaborating Centre for Drug Statistics Methodology. ATC/DDD index 2011.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v4i1.2444

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Medika Malahayati



PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI