EKSTRAK IKAN GABUS TERHADAP LUKA PERINEUM

Suci Mega Sari, Anggraini Anggraini, Ratna Dewi Putri

Abstract


Tingginya angka morbiditas dari 85% wanita yang melahirkan spontan pervaginam mengalami trauma perineum, 32-33% terjadi karena tindakan episiotomi dan 52% merupakan laserasi spontan. data Persalinan di Puskesmas Rawat Inap Sukamaju pada tahun 2019 terdapat jumlah persalinan yaitu sebanyak 355 ibu bersalin dengan kejadian rupture perineum sebanyak 27,6% yang diakibatkan oleh rupture spontan dan 9,5% yang diakibatkan oleh episiotomy. Dengan Konsumsi obat herbal seperti pemberian konsumsi ekstrak ikan gabus dapat mempercepat penyembuhan luka perineum tujuan mengetahui perbedaan efektivitas pemberian ekstrak ikan gabus dibanding dengan yang tidak diberikan terhadap lama penyembuhan luka perineum ibu post partum di wilayah kerja Puskesmas Rawat Inap Sukamaju Kota Bandar Lampung Tahun 2020. Penelitian quasi eksperimen dengan rancangan Post Test Only Control Group Design, populasi penelitian ini adalah seluruh ibu postpartum di wilayah kerja puskesmas rawat inap Sukamaju dengan sampel berjumlah 34 responden. Data dikumpulkan sejak tanggal 12 Februari – 17 Agustus 2020, dianalisa menggunakan uji t-independent. Hasil didapatkan terdapat perbedaan penyembuhan luka perineum ibu post partum dengan p-value=0,000 atau <0.05. Pemberian penambahan ekstrak ikan gabus lebih efektif terhadap penyembuhan luka perineum ibu postpartum dibanding dengan yang tidak diberikan.

Keywords


Ekstrak Ikan Gabus, Luka Perineum, Penyembuhan Luka

References


Ambarwati, Wulandari. 2010. Asuhan Kebidanan Nifas. Yogyakarta : Nuha Medika.

Boyle.(2009).Seri Praktik Kebidanan Pemulihan Luka. Jakarta: EGC.

Darmawati, Sastra.(2012). Hubungan Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Penyembuhan Luka Dengan Lama Penyembuhan Luka Perineum Pada Ibu Nifas. Idea Nursing Journal. 2(3).

Data Profil Kesehatan Indonesia 2018.https://pusdatin.kemkes.go .id. diakses pada 21 Februari 2020.

Fajri, Hadisaputro dan Soejoenoes. 2018. The Effect of Snake Fish Extract (Channa Striata) on Post Caesarean Section Wound Status in Postpartum Anemia Mothers. Indonesian Journal Of Medicine. 3(2): 84-88.

Fatimah, Prasetya.(2019). Pijat Perineum. Jakarta: Pustaka Baru Press.

Hanifa.(2010). Ilmu Bedah Kebidanan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka.

Intiyani, Astuti, dan Sofiana. 2018. Pemberian Suplementasi Zinc dan Ekstrak Ikan Gabus Untuk Mempercepat Penyembuhan Luka Perineum. University Research Colloqium. 3(3).

Karina, Wagiyo dan Elisa.2012. Efek Pemberian Ekstrak Ikan Gabus Terhadap Penyembuhan Luka Perineum Pada Ibu Post Partum Di Bpm Bonangrejo Demak. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan.

Nugraheni, Kurniarum. 2014. Perbedaan Efektivitas Ekstrak Ikan Gabus dan Daun Binahong Terhadap Lama Penyembuhan Luka Operasi Sectio Caesarea Pada Ibu Nifas. Jurnal Terpadu Ilmu Kesehatan. 5(2):110-237.

Nurpudji.(2019). Keajaiban Ikan Gabus. Jakarta: Kamboja Kelopak Enam.

Prawirohardjo, S.(2016). Ilmu Kebidanan edisi Keempat. Jakarta :PT Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v4i4.3332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Medika Malahayati



PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI