PERILAKU MENCARI UMPAN BALIK MAHASISWA TAHAP SARJANA ANGKATAN PERTAMA DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI ANGKATAN 2020
Abstract
Sejak tahun 2008 sampai saat ini proses pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) sesuai dengan Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Sehingga peserta didik dituntut untuk menerapkan kemampuan Self Directed Learning (SDL) melalui pendekatan strategi Student Centered dan Problem Based. Agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang maksimal, maka diperlukan umpan balik oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui gambaran perilaku mencari umpan balik mahasiswa tahap sarjana angkatan pertama dalam proses pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2020. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa kedokteran Angkatan 2020 di Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Bandar Lampung. Alat ukur menggunakan kuesioner perilaku mencari umpan balik yang sudah diuji validitas dan reliabilitasnya. Dari 121 responden, sebagian besar didapatkan distribusi perilaku mencari umpan balik adalah kategori baik sebesar 68 responden (56.2%). Perilaku mencari umpan balik mahasiswa angkatan pertama (2020) sebagian besar sudah baik. Berdasarkan kategori yang sudah baik adalah kategori proses sedangkan yang kurang baik adalah kategori aspek.
Keywords
Umpan Balik, Mahasiswa, Pembelajaran
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v5i1.4005
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Medika Malahayati