PENGARUH KONSUMSI BUAH PISANG AMBON (Musa paradisiaca) TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KIBANG BUDI JAYA KECAMATAN LAMBU KIBANG KABUPATEN TULANG BAWANG BARAT

Festy Ladyani Mustofa, Ade Maria Ulfa, Novita Putri, Ismalia Husna

Abstract


Penyakit hipetensi tidak mengenal usia dikarenakan masih kurannya pengetahuan dan pola hidup yang tidak sehat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi buah pisang terhadap tekanan darah pada lansia dengan hipertensi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimental, dengan jumlah populasi dan sampel sebanyak 116 lansia yang terkena hipertensi. Dari beberapa diperoleh sampel sebanyak 30 sampel. Analisis data yang digunakan menggunakan Uji Paired Sample T Test. Tekanan darah sebelum mengkonsumsi pisang pada Lansia dengan Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Kibang Budi Jaya Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2020 rata-rata tekanan darah sistolik 147,33 mmHg, sedangkan rata-rata tekanan darah diastolik adalah sebesar 93,33 mmHg. Tekanan darah sesudah mengkonsumsi pisang pada Lansia dengan Hipertensi di Wilayah Kerja Puskesmas Kibang Budi Jaya Kecamatan Lambu Kibang Kabupaten Tulang Bawang Barat Tahun 2020 mengalami penurunan rata-rata tekanan darah sistolik 138,83 mmHg, sedangkan rata-rata tekanan darah diastolik 84,83 mmHg. Konsumsi buah pisang ambon mempunyai pengaruh yang signifikan untuk menurunkan tekanan darah pada lansia yang menderita hipertensi.

Keywords


Buah Pisang Ambon, Tekanan Darah, Lansia, Hipertensi

References


Kemenkes RI. (2019). Laporan Provinsi Lampung Riskesdas 2018. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan.

Mahdiana, R. (2010). Mencegah Penyakit Kronis Sejak Dini. Yogyakarta: Tora Book.

Pandiangan, M. J. (2019). Pengaruh Konsumsi Pisang Ambon Terhadap Tekanan Darah Pada Mahasiswa Prehipertensi Di Universitas Advent Indonesia Bandung. [Skripsi]. Bandung: Universitas Advent Indonesia Bandung.

Sugeng, B. (2016). Pengaruh Konsumsi Pisang (Musa paradisiaca L.) Terhadap Tekanan Darah Penderita Hipertensi Di Dusun Jitengan Balecatur Gamping Sleman Yogyakarta. Jurnal Prodi Keperawatan 2(2): 1-4.

Susetyowati, Huriyati, E., Kandarina, B.J.I., dan Faza, F. (2018). Peranan Gizi Dalam Upaya Pencegahan Penyakit Tidak Menular. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Susilo, Y dan Wulandari, A. (2011). Cara Jitu Mengatasi Hipertensi. Yogyakarta: Andi

Tangkilisan, L.R., Kalangi, S., dan Masi, G. (2013). Pengaruh Terapi Diet Pisang Ambon (Musa paradisiaca var. Sapientum Linn) Terhadap Penurunan Tekanan Darah Pada Klien Hipertensi di Kota Bitung. ejournal keperawatan (e-Kp) 1(1).

Tryastuti, D. (2012). Pengaruh Konsumsi Pisang Ambon Terhadap Tekanan Darah Lansia Penderita Hipertensi Sedang. [Skripsi]. Padang: Fakultas Keperawatan Unand.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v5i1.4119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Medika Malahayati



PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI