HUBUNGAN OLAHRAGA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UMUM UNIVERSITAS MALAHAYATI

Vira Sandayanti, Nopi Sani, Achmad Farich, Selly Oktaviani

Abstract


Konsentrasi belajar adalah pemusatan perhatian dalam proses Perubahan tingkah laku yang dinyatakan dalam bentuk penguasaan, penggunaan, dan penilaian terhadap atau mengenai sikap dan nilai-nilai, pengetahuan dan kecakapan dasar yang terdapat dalam berbagai bidang studi. Banyak faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar seseorang yaitu faktor internal dan faktor eksternal diantaranya ada olahraga/aktivitas fisik dan motivasi belajar. Tujuan penelitian ini adalah diketahui hubungan olahraga dan motivasi belajar dengan konsentrasi belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati. Jenis Penelitian ini adalah analitik observasional dengan metode cross sectional menggunakan purposive sampling sebanyak 180 sampel keseluruhan. Pengambilan data dimulai pada bulan Januari-Februari 2021. Penelitian ini dilakukan secara online dengan menggunakan google form. Data statistik uji Spearmans menggunakan SPSS 26. Didapatkan responden penelitian, berjumlah 180 responden dengan Konsentrasi belajar rendah  berjumlah 19 responden (10.6%), Konsentrasi belajar sedang berjumlah 100 responden (55.6%) dan Konsentrasi belajar berat berjumlah 61 responden (33.9%). Responden dengan dengan Aktivitas fisik ringan berjumlah 40 responden (22.2%), Aktivitas fisik sedang berjumlah 133 responden (73.9%) dan aktivitas fisik berat berjumlah 7 responden (3.9%). Responden dengan motivasi belajar rendah  berjumlah 0 responden (0%), motivasi belajar sedang berjumlah 74 responden (41.1%) dan motivasi belajar tinggi berjumlah 106 responden (58.9%). Terdapat hubungan olahraga dengan konsentrasi belajar pada Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati, dan terdapat hubungan motivasi belajar dengan konsentrasi belajar pada Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati.

Keywords


Olahraga, Motivasi Belajar, Konsentrasi Belajar

References


Bangun, S. Y. (2016). Peran Pendidikan Jasmani Dan Olahraga Pada Lembaga Pendidikan di Indonesia. Publikasi Pendidikan 6(3).

Cahyani, Y. R. (2016). Pengaruh Aktivitas Olahraga dalam Pendidikan Jasmani Terhadap Tingkat Konsentrasi Belajar dan Prestasi Akademik di SMA Negeri 3 Bandung (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Ferdiyanto, F., Salim, F., Ajang, L., & Lestari, A. (2019). Ubah Perilaku dengan Pendekatan Teori Pembelajaran Behaviouristik. Osf Preprint.

Guyton, A.C. (2012). Buku Ajar Fisiologi Kedokteran Edisi 11. Jakarta: EGC.

Mukhtar, R. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Seni Budaya Bidang Seni Musik Siswa Kelas X SMA Piri 1 Yogyakarta. Skripsi Sarjana Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Bahasa Dan Seni UNY [Universitas Negeri Yogyakarta].

Nasution, D.J. (2018). Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Konsentrasi Belajar Siswa. [Skripsi]. Padang: Universitas Negeri Padang.

Pratama, I. Y., Sinaga, J. L., & Ompusunggu, H. E. S. (2017). Korelasi antara kadar hemoglobin dengan tingkat konsentrasi pada mahasiswa laki-laki Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan. Nommensen Journal of Medicine, 3(2), 58-62.

Sagareno, A.Z. (2020). Korelasi Adiksi Ponsel Pintar dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. [Skripsi]. Bandar Lampung: Universitas Lampung

Santoso, S. S., & Anandaputra, H. (2017). Hubungan Intensitas Olahraga dengan Daya Konsentrasi Belajar Siswa/Siswi Kelas 10 dan 11 SMAN 5 Depok Jawa Barat. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 13(1), 1-8.

Sardiman, A.M. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v5i2.4120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Medika Malahayati



PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI