HUBUNGAN FREKUENSI LAMA MENJALANKAN HD DENGAN KADAR TROMBOSIT PADA PASIEN CKD DI RSPBA BANDAR LAMPUNG

Nurul Jannah, Hetti Rusmini, Ratna Purwaningrum, Rina Kriswiastiny

Abstract


Chronic Kidney Disease (CKD) merupakan masalah yang sangat serius, dimana terjadi kerusakan ginjal yang terjadi selama lebih dari 3 bulan, terapi yang biasa dilakukan untuk pasien ckd adalah dengan melakukan hemodialisa dimana digunakan untuk mengambil zat – zat nitrogen yang bersifat toksik dari dalam darah, tindakan tersebut mempunyai efek samping pada kondisi fisik serta psikologis penderita CKD. Trombosit memiliki peran penting yaitu melindungi integritas endotel pembuluh darah dalam proses hemostasis apabila terjadi kerusakan pada dinding pembuluh darah. Hasil pemeriksaan hitung trombosit dipengaruhi oleh suhu dan waktu sejak pengumpulan spesimen. Hasil pemeriksaan hitung trombosit dipengaruhi oleh suhu dan waktu sejak pengumpulan spesimen. Pada pemeriksaan laboratorium bisa terjadi kelainan pada trombosit yaitu trombositopenia dan trombositosis. Penelitian ini bersifat analitik retrospektif dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel secara total sampling, dengan sampel yang dipakai sebanyak 76. Berdasarkan lama menjalankan perawatan HD terhadap kadar trombosit diperoleh (p-value = 0,294), sedangkan lama waktu pelaksanaan HD terhadap kadar trombosit (p-value 0,014). Tidak terdapat hubungan yang signifikan lama menjalankan perawatan HD dengan kadar trombosit pada pasien CKD, dan terdapat hubungan yang signifikan lama proses HD dengan kadar trombosit pada pasien CKD di RSPBA Bandar Lampung Tahun 2019 – 2020.

Keywords


CKD, HD, Kadar Trombosit

References


Baradero, M., Esty, W. Mary, W.D., Monica, E., dan Yakobus, S. (2009). Seri Asuhan Keperawatan: Klien Gangguan Ginjal. Jakarta: EGC

Damayanti, A., Elisabeth, L, S. S., Stefany, A. W. (2019). Perbedaan Neutrofil Limfosit Rasio dan Trombosit Limfosit Rasio Pre dan Post Hemodialisis Pada Pasien Penyakit Ginjal Kronik di RSUD Prof. DR. W. Z. JOHANNES KUPANG. Cendana Medical Journal 17(2).

Fadhilah, A. Z. (2014). Chronic Kidney Disease Stage V. Jurnal Kesehatan dan Agromedicine 1(2).

Hill, N. R., Fatoba, S. T., Oke, J. L., Hirst, J. A., O’Callaghan, C. A., Lasserson, D. S., & Hobbs, F.R. (2016). Global Prevalence of Chronic Kidney Disease A Systematic Review And Meta-Analysis. United Kingdom: Plos One.

Kandacong, A, C. (2017). Jumlah Trombosit Pre dan Post Hemodialisis (HD) Pada Pasien Penyakit Gagal Ginjal Kronik (PGK) di Rumah Sakit Perguruan Tinggi Negeri (RSPTN) Universitas Hasanuddin. [Skripsi]. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Kaparang, S., Emma, S, M., Linda, R. (2013). Nilai Trombosit Pada Pasien Penyakit Ginjal Kronik Yang Menjalani Hemodialisis Di Unit Hemodialisis Bagian/SMF Ilmu Penyakit dalam FK Unsrat BLU RSUP PROF. DR. R. D. Kandou Manado. Jurnal e-biomedik (Ebm) 1(1): 95 – 100.

Levey, A, S., Kai-Uwe, E. Yusuke, T., Adeera, L., Josef, C., Jerome, R., et al. (2005). Definition and Classification of Chronic Kidney Disease: A Position Statement from Kidney Disease: Improving Global Outcomes (KDIGO). Kidney International. 67(6): 2089-2100.

Maqrifah, A. N., Retno, D.N., dan Dewi, M. (2020). Hubungan Lama Menjalani Hemodialisis Dan Kepatuhan Diet Dengan Kadar Hemoglobin Pasien Hemodialisis Di RSUD Pandan Arang Boyolali. PROFESI (Profesional Islam) Media Publikasi Penelitian 17(2).

PERNEFRI. (2012). Annual Report of Indonesia Renal Registry. https://www.penefriinasn.org/laporan/5th%20annual%20report%20%IRR%202012.

Prasetyo, A., Suko, P., Neni, H. (2018). Karakteristik Pasien Gagal Ginjal yang Menjalani Terapi Hemodialisa di RSUD Cilacap. Prosiding seminar Nasional dan Diseminasi Penelitian Kesehatan STIKes Bakti Tunas Husada Tasikmalaya, 21 April 2018 ISBN : 978-602-72636-3-5.

Siregar, S. dan Muhammad, I. K. (2019). Karakteristik Pasien Penyakit Ginjal Kronis yang di Rawat di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung Tahun 2018. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 4(4): 82-85.

Suwitra, K. (2014). Penyakit Ginjal Kronik Dalam I Setiati S, Alwi I, Sudoyo AW, SImadibrata M, Setyohadi B, penyunting. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jakarta: Pusat Penerbitan Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI. hlm. 2161–2167.

Ujiani, S., Maria, T., dan Tiatira, M.R.H. (2018). Perbedaan Nilai PDW, MPV, dan Jumlah Trombosit Pada Pre Dan Post Hemodialisa Pasien Gagal Ginjal Kronik. Jurnal Analis Kesehatan 7(1).

Widyastuti, R. (2014). Korelasi Lama Menjalani Hemodialisis dengan Indeks Massa Tubuh Pasien Gagal Ginjal Kronik di RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Jurnal Gizi 1(2).




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v5i3.4175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI