PERBEDAAN PROFIL HEMATOLOGI ANTARA SEROTIPE DENGUE PADA PASIEN YANG TERINFEKSI DENGUE DI RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG

Hidayat Hidayat, Tusy Triwahyuni, Tony Prasetia, Rizka Rahmawati

Abstract


Infeksi dengue merupakan salah satu masalah kesehatan yang terjadi di Indonesia. Terdapat 4 serotipe dengue, yaitu DENV-1, DENV-2, DENV-3, dan DENV-4. Empat serotipe tersebut mirip secara antigenetik. Penelitian yang telah ada menunjukkan hasil yang berbeda-beda terhadap faktor penjangkitan infeksi dengue, salah satunya karena faktor populasi serotipe tiap daerah yang bermacam-macam, oleh karenanya perlu dilakukan penelitian di Bandar Lampung untuk melihat keragaman serotipe virus Dengue dan perbandingannya terhadap profil hematologi pasien yang terinfeksi Dengue. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbandingan profil hematologi antara serotipe virus dengue pada pasien yang terinfeksi dengue. Jenis penelitian ini menggunakan analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian adalah pasien terdiagnosis infeksi dengue di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Provinsi Lampung yang berjumlah 37 orang. Alat pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini pada pemeriksaan profil hematologi dilakukan dengan menggunakan alat hematology analyzer dan serotipe dengue dilakukan dengan RT-PCR di laboratorium. Berdasarkan dari hasil penelitian didapatkan dominasi jumlah leukosit diantara 4000-15000 (sel/µl), nilai hematokrit diaantara 37-52% dan kadar hemoglobin diantara 11,5-18 g/dL. Hasil uji Independent T-test terhadap nilai hematokrit dan kadar hemoglobin pada masing-masing serotipe dengue menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan dengan nilai p>0,05. Hasil uji Mann Whitney yang membandingkan masing-masing serotipe terhadap jumlah leukosit juga menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan dengan nilai p>0,05. Tidak ada perbandingan yang signifikan pada masing masing serotipe virus dengue terhadap jumlah leukosit, nilai hematokrit maupun kadar hemoglobin.

Keywords


Infeksi Dengue, Serotipe Dengue, Profil Hematologi

References


Andriani, S., Aryati, A., & Hadi, U. (2018). Corelation of Dengue Virus Serotype and DVI Severity in Adult Patients. Indonesian Journal of Clinical Pathology and Medical Labolatory 24(2): 185-190.

Andriyoko, B., Parwati, I., Tjandrawati, A., & Lismayanti, L. (2012). Penentuan Serotipe Virus Dengue dan Gambaran Manifestasi Klinis serta Hematologi Rutin pada Infeksi Virus Dengue. Majalah Kedokteran Bandung 44(4): 253-260.

Hardi, J., Rambert, G., Manoppo, F. (2015). Kadar Hemoglobin Dan Uji Tourniquet Pada Pasien Anak DenganInfeksi Virus Dengue Di Manado. Jurnal e-Biomedik 3(1):1- 4.

Hidayat, W.A., Rismawati, Y., dan Arina, W.M. (2017). Hubungan Jumlah Trombosit dengan Nilai Hematokrit pada Penderita Demam Berdarah Dengue dengan Manifestasi. Jurnal Kesehatan Andalas 6(2):446-451.

Kemenkes RI. (2020). Buletin: Diunduh dari https :// www. kemkes.go.id /folder /view /01/structure-publikasi-pusdatinbuletin.html

Notoadmojo. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugraha, J., & Widijatmoko, T. E. (2018). Peran Antigen NS1 Dengue terhadap Penghitungan Trombosit dan Penampakan (Manifestasi) Klinis Penjangkitan/Penularan (Infeksi) Virus Dengue. Indonesian Journal of Clinical Pathology and Medical Labolatory 16(3): 110-117.

Saraswati, L. P. C., & Mulyantari, N. K. (2017). Prevalensi Demam Berdarah Dengue (DBD) Primer dan Sekunder Berdasarkan Hasil Pemeriksaan Serologis di Rumah Sakit Balimed Denpasar. E-Jurnal Medika Udayana 6(8).

Sukohar, A. (2014). Demam Berdarah Dengue (DBD). Jurnal Medula 2(02).

Teoh, B. T., Sam, S. S., Tan, K. K., Johari, J., Abd-Jamil, J., Hooi, P. S., & AbuBakar, S. (2016). The Use of NS1 Rapid Diagnostic Test and qRT-PCR to Complement IgM ELISA for Improved Dengue Diagnosis from Single Specimen. Scientific reports 6(1): 1-8.

Thomas, L., Najioullah, F., Besnier, F., Valentino, R., Césaire, R., Rosine, J., Cabié A. (2014). Clinical Presentation of Dengue by Serotype and Year of Epidemic in Martinique. Am J Trop Med Hyg 91(1):138-145.

Tjokroprawiro, A. (Ed.). (2015). Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Ed. 2: Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga Rumah Sakit Pendidikan Dr. Soetomo Surabaya. Surabaya: Airlangga University Press.

Vicente, C.R., Karl-Heinz, H., Günter, F., Romano, C.M., Aline, d.S.A.C., and Crispim, C.J. (2016). Serotype Influences on Dengue Severity: A Cross-Sectional Study on 485 Confirmed Dengue Cases in Vitória, Brazil. BMC Infect Dis 16:320.

Vongsouvath, M., Phommasone, K., Sengvilaipaseuth, O., Kosoltanapiwat, N., Chantratita, N., Blacksell, S. D., et al. (2016). Using Rapid Diagnostic Tests as a Source of Viral RNA for Dengue Serotyping by RT-PCR- a Novel Epidemiological Tool. PLoS neglected tropical diseases 10(5).

Wardhani, P., Aryati, A., Yohan, B., Trimarsanto, H., Setianingsih, T. Y., Puspitasari, D., et al. (2017). Clinical and Virological Characteristics of Dengue in Surabaya, Indonesia. PLoS One 12(6).




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v5i3.4198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI