HUBUNGAN KUALITAS TIDUR DAN POLA MAKAN (DIET DASH) DENGAN KEJADIAN PENYAKIT HIPERTENSI PADA USIA DEWASA MUDA DI PUSKESMAS SIMBARWARINGIN KECAMATAN TRIMURJO KABUPATEN LAMPUNG TENGAH PROVINSI LAMPUNG

Shelly Novitri, Toni Prasetya, Ika Artini

Abstract


Hipertensi menyebabkan sekitar 8 juta kematian setiap tahun, di mana 1,5 juta meninggal di Asia Tenggara, di mana sepertiga penduduknya menderita hipertensi, yang dapat menambah beban biaya pengobatan. Pola makan sangat berkaitan dengan frekuensi dan jenis makanan yang kita konsumsi dan ternyata perubahan pola makan seseorang sangat tidak lepas dari salah satu masalah hipertensi. Redline juga mengatakan, ahli jantung harus lebih memperhatikan pasien dengan kesulitan tidur atau kesulitan istirahat, karena gangguan tidur merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah pada orang dewasa, anak-anak dan remaja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan kualitas tidur dan pola makan (diet dash) dengan kejadian penyakit hipertensi pada usia dewasa muda di Puskesmas Simbarwaringin kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah, Provinsi Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik observasional. Metode sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik pengambilan sampel pada penelitian menggunakan accidental sampling pada responden di Puskesmas Simbarwaringin Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung. Terdapat 58 orang responden dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian yang dilakukan di Puskesmas Simbarwaringin, Kecamatan Trimurjo, Kabupaten Lampung Tengah Provinsi Lampung menunjukan ada korelasi yang signifikan antara kualitas pola tidur dengan kejadian hipertensi (p value=0.518) dan ada korelasi searah yang signifikan antara faktor pola makan (diet dash) dengan kejadian hipertensi (nilai korelasi data yaitu 0.601). Pola tidur yang buruk dapat meningkatkan resiko tekanan darah tinggi dan pola makan (diet dash) apabila tidak rutin menjalaninya maka resiko hipertensi masih ada.

Keywords


Hipertensi, Pola Tidur, Pola Makan

References


Almatsier. (2009). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Arza, P.A. dan Novi, Y. (2012). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Hipertensi pada Orang Dewasa di Wilayah Kerja UPTDK Puskesmas Simpang Empat Kecamatan Pasaman Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2012. LPPM STIKES YARSI.

Bertalina dan Muliani. (2016). Hubungan Pola Makan, Asupan Makanan Dan Obesitas Sentraldengan Hipertensi Di Puskesmas Rajabasa Indah Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan 7(1).

Breus, M.J. (2015). Sleep Hygiene Solutions for Better Sleep. Available from: http://www.webmd.com/sleep-disorders/features/sleep-hygiene

Dement, W.C. (2010). Sleep Apnea Management Service for Payers, Doctors, and Their Patients.

Depkes. (2019). Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. http://www.depkes.go.id/article/view/19051700002/hipertensi-penyakit-paling-banyak-diidap-masyarakat.html

Dewald, J.F., Anne, M.M., Frans, J.O., Gerard, A.K., and Susan, M.B. (2010). The Influence of Sleep Quality , Sleep Duration and Sleepiness on Scholl Performance in Children and Adolescents: A Meta-Analytic Review. Sleep Medicine Review 14(2010); 179-189.

Dipiro, J.T., Robert, L.T., Gary, C.Y. Gary, R.M., Barbara, G.W., and L.M.P. (2011). Pharmacotherapy: A Pathophysiologic Approach, 8th ed. United State of America: Mc Graw Hill.

Ilham, D., Harleni, dan Siska, R.M. (2019). Hubungan Status Gizi dan Riwayat Keluarga dengan Kejadian Hipertensi pada Lansia di Puskesmas Lubuk Buaya Padang. Prosiding Seminar Kesehatan Perintis 2(1).

Kemenkes. (2017). Profil Kesehatan Provinsi Lampung 2016. http://www.depkes.go.id/resources/download/profil/PROFIL_KES_PROVINSI_2016/08_Lampung_2016.pdf diaksestahun 2016

Liu, R., Qian, Z., Trevathan, E., Chang, J., Zelicoff, A., Hao, Y., & Lin, S. (2016). Poor Sleep Quality Associated with High Risk of Hypertension and Elevated Blood Pressure in China : Results From A Large Population-Based Study. Hypertension Research 39(1): 54–59. https://doi.org/10.1038/hr.2015.98

Mahmudah, S., Taufik, M., Firlia, A.A., dan Ibnu, M. (2015). Hubungan Gaya Hidup Dan Pola Makan Dengan Kejadian Hipertensi Pada Lansia Di Kelurahan Sawangan Baru Kota Depok Tahun 2015. Jurnal Biomedik 7(2).

Melizza, N., Nurul, H., Anggraini, D.K., Nur, L.M., Cici, I.S., Yoyok, B.P. (2020). Hubungan Kualitas Tidur Dengan Tekanan Darah Pada Pasien Hipertensi Di Wilayah Kerja Puskesmas Ciptomulyo. CHMK Nursing Scientific Journal 4(2).

Muliyati, H., Aminuddin, S., dan Saifuddin, S. (2011). Hubungan Pola Konsumsi Natrium dan Kalium serta Aktivitas Fisik dengan Kejadian Hipertensi pada Pasien Rawat Jalan di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar. Media Gizi Kesehatan Masyarakat 1(1):46-51.

Sitorus, J. (2019). Pengaruh Pola Makan dan Aktivitas Fisik Terhadap Kejadian Hipertensi pada Pasien Rawat Jalan di RSU HKBP Balige. Jurnal Ilmiah Kebidanan IMELDA 5(1):628-638.

Srirawinda, Firdaus, J.K., dan Eka, P.H.B. (2018). Hubungan Perilaku Merokok dan Pola Konsumsi Kopi dengan Terjadinya Hipertensi di Puskesmas Momunu Kabupaten Buol. Jurnal Kolaboratif Sains 1(1).

Suyono, S. (2001). Buku Ajar ilmu Penyakit Dalam Jilid II. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Widyaningrum, A.T. (2014). Hubungan Asupan Natrium, Kalium, Magnesium Dan Status Gizi Dengan Tekanan Darah Pada Lansia Di Kalurahan Makamhaji Kecamatan Kartasura. [Naskah Publikasi]. Surakarta: Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v5i3.4208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI