Korelasi Perilaku Merokok Dengan Kesehatan Masyarakat Desa Tegal Mukti

Marlina Kamelia, Tantri Subo Marmanik, Rina Budi Satiyarti, Nurhaida Widiani, Aulia Novitasari

Abstract


Masyarakat Indonesia masih banyak yang memiliki pola hidup tidak sehat.  Pola hidup tidak sehat yang kerap dilakukan salah satunya adalah kebiasaan merokok.  Rokok memiliki kandungan gas dan partikel yang berbahaya bagi kesehatan apabila dikonsumsi secara terus menerus serta dalam jumlah banyak.  Hal ini karena zat yang terkandung dalam rokok tersebut bersifat genotoksik sehingga bisa memicu penyakit degeneratif. Setidaknya ada dua jenis rokok yaitu filter dan kretek.  Jenis rokok ini memiliki perbedaan pada kandungan nikotinnya serta kemampuannya menyaring zat-zat berbahaya.  Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi perilaku merokok dengan kesehatan masyarakat.  Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Responden yang terlibat berjumlah 68 dengan mempertimbangkan kriteria inklusi. Parameter yang diukur meliputi usia, tekanan darah, frekuensi denyut nadi, frekuensi pernafasan, dan saturasi oksigen.  Hasil penelitian menunjukkan jenis rokok berkorelasi nyata terhadap karakteristik responden berupa usia, tekanan darah, frekuensi pernapasan, serta saturasi oksigen namun tidak berpengaruh nyata pada frekuensi denyut nadi. Derajat merokok berkorelasi terhadap karakteristik responden pada tekanan darah, frekuensi denyut nadi, frekuensi pernapasan, dan saturasi oksigen namun tidak dengan usia. Berdasarkan data menunjukkan derajat merokok yang semakin tinggi berpotensi menurunkan kualitas kesehatan perokok tersebut.

Keywords


Jenis rokok, derajat merokok, status kesehatan

References


Anggraeny, N. (2019). Hubungan merokok dengan tekanan darah pada awak kapal di wilayah kerja KKP KLS III Palangkaraya. Universitas Airlangga.

Dani, A. K., Yuwono, S. S., & Wulan, S. N. (2017). Studi Kadar Nikotin dan Tar Sembilan Merk Rokok Kretek Filter yang Beredar di Wilayah Kabupaten Nganjuk. 5(3).

Fortuna, F. T., & Vestabilivy, E. (2016). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Timbulnya Gangguan Akibat Merokok Pada Perokok di Dusun SUka Maju Kecamatan Mempawah Hulu, Kabupaten Landak Kalimatan Barat Tahun 2014. Jurnal Persada Husada Indonesia, 3(9), 43-55.

Isra, R. (2018). Persepsi Bahaya Merokok Terhadap Kesehatan. Jurnal Patriot, 240-246.

Pandu, A. S., Facta, M., & Syakur, A. (2015). Pembuatan alat pereduksi gas CO pada asap rokok berbasis Cuk-Flyback tegangan tinggi. 4(4), 1–8.

Purnawinadi, I. G. (2020). The Degree of Smoking Based on the Brinkman Index and Insomnia. Jurnal Skolastik Keperawatan, 6(2), 85-93.

Samranah. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi status kesehatan pada Santri Kelas X SMA di Pondok Pesantren Ummul Mukminin Makassar. Skripsi UIN Alauddin Makasar.

Setyanda, Y. O. G., Sulastri, D., & Lestari, Y. (2015). Hubungan merokok dengan kejadian hipertensi pada laki-laki usia 35-65 tahun di Kota Padang. 4(2), 434–440.

Sudaryanto, W. tri. (2016). Hubungan antara derajat merokok aktif, ringan, sedang dan berat dengan kadar saturasi oksigen dalam darah (SpO2). 6(1).

Soekamto, T. H., & Perdanakusuma, D. (2005). Intoksikasi Karbon Monoksida. Jurnal. Surabaya: Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Terinawati, P. L., Sari, I. W. W., & Rukmi, D. K. (2018). GAMBARAN PERILAKU MEROKOK PENDUDUK USIA DEWASA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA DESA NGLENGIS (Doctoral dissertation, Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta).

Triyono, S., Trisnawati, E., & Hernawan, A. D. (2020). Hubungan Antara Paparan Asap Rokok dengan Kadar Hemoglobin pada Perokok Pasif di Desa Keraban Kecamatan Subah Kabupaten Sambas. JUMANTIK: Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan, 6(1), 27-34.

Umbas, I. M., Tuda, J., & Numansyah, M. (2019). Hubungan antara kebiasaan merokok dengan hipertensi di Puskesmas Kawangkoan. 7(1), 1–8.

Untario, E. (2018). Hubungan merokok dengan kejadian hipertensi. Universitas Hasanuddin.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v6i1.6021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI