JAMINAN MUTU PESAWAT CT SCAN SINGLE SLICE DI UNIT RADIOLOGI RSU SEMARA RATIH

I Made Lana Prasetya, I Putu Juli Arthana

Abstract


Latar Belakang: Pesawat CT Scan single slice Merk SIEMENS/Dura 302 MV di unit Radiologi Rumah Sakit Umum Semara Ratih Kabupaten Tabanan Bali terpasang pada bulan Nopember 2020 merupakan alat second hand dengan tahun produksi 2012. Pelaksanaan kendali dilakukan pada saat penerimaan (acceptance test) meliputi pengujian terhadap indeks dosis  CT (CTDI) untuk  kepala, indeks dosis  CT (CTDI untuk badan, CT-Number udara, kesesuaian table slice dengan setting semua slice, indikator posisi meja (sumbu z), laser penanda dan pada bulan april 2021 yang dilakukan oleh Badan Pengawas Fasilitas Kesehatan (BPFK) Surabaya meliputi uji teknis generator dan tabung sinar-X (uji akurasi tegangan tabung, uji kualitas berkas sinar-X), uji kualitas citra (uji akurasi CT number air, keseragaman CT number), dan pelaksanaan kendali mutu rutin peralatan radiologi jarang dilaksanakan secara berkesinambungan untuk menjaga kinerja pesawat CT Scan. Metode penelitian: kualitatif deskriptif dengan pendekatan survey. Hasil dan Pembahasan: Pengujian yang telah dilakukan diperoleh nilai rata rata CT number untuk water phantom pada lima posisi yang berbeda adalah -1,68; -0,76; -2,21; -1,77; -1,53 HU dan semua berada pada rentang nilai toleransinya yaitu -4 sampai 4 HU. Pengujian Dry laser printer dengan dengan hasil sebagaian besar masih sesuai parameter uji yang berlaku, hanya pada pattern 0% terdapat nilai uji yang melebihi standar artinya quality control untuk Dry laser printer di Unit Radiologi RSU Semara Ratih tidak sasuai dengan standar sehingga di perlukan kalibrasi. Pada Pengujian form check list yang telah dilakukan di Unit Radiologi RSU Semara Ratih untuk mengetahui ada tidak nya  tombol alat yang tidak berfungsi dengan hasil semua fungsi dan tombol masih berfungi dengan baik. Kesimpulan: Hasil uji kesesuaian pada Pesawat CT Scan single slice Merk SIEMENS/Dura 302 MV di unit Radiologi Rumah Sakit Umum Semara Ratih Kabupaten Tabanan Bali dalam batas normal kecuali pada dry laser printer.


Keywords


Radiologi

References


Dillon Chad, Ms, Dkk. 2017, Computed Tomography (Ct) Quality Control Manual, American College Of Radiology.

Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1250/Menkes/Sk/Xii/2009 Tentang Pedoman Kendali Mutu (Quality Control) Peralatan Diagnostik.

Peraturan Badan Pengawas Tenaga Nuklir Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Uji Kesesuaian Pesawat Sinar -X Radiologi Diagnostik Dan Intervensional

Seeram, Euclid, 2009, Computed Tomography Physical Principles, Clinical Applications, And Quality Control, Third Edition, Saunders Elsevier.

Papp J. Quality Management In The Imaging Sciences. Third Edition. 2006




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v6i3.8666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI