ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN POLI PENYAKIT DALAM TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT PERTAMINA BINTANG AMIN BANDAR LAMPUNG

Sherin Malinda, Martianus Perangin Angin, Annisa Primadiamanti

Abstract


Abstract: Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Poli Penyakit Dalam Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung, Skripsi, Program Studi Farmasi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Malahayati, Bandar Lampung. Kepuasan adalah tanggapan pelanggan atau pengguna jasa untuk setiap pelayanan yang diberikan. Pelayanan kesehatan yang bermutu adalah pelayanan yang mampu memuaskan setiap pengguna jasa kesehatan kepada pengguna layanan kesehatan sebagai customer sesuai kode etik dan standar pelayanan profesi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien poli penyakit dalam terhadap pelayanan farmasi yang diukur menggunakan lima dimensi di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian deskriptif non-eksperimental dengan pendekatan cross sectional. Hasil penelitian pada tingkat kepuasan pasien poli penyakit dalam terhadap pelayanan kefarmasian di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin kategori puas paling tinggi pada dimensi empati (Empaty) dengan nilai 79,8%. Selanjutnya pada bukti langsung (Tangible) 79,5%, dimensi keandalan (Reliability) 78,3%, dan dimensi jaminan (Assurance) 77%. Sedangkan tingkat kepuasan paling rendah pada dimensi ketanggapan (Responsiveness) dengan nilai 73,1%. Terdapat hubungan usia dan golongan dengan kepuasan pasien, tidak ada hubungan antara jenis kelamin, pendidikan dan pekerjaan dengan kepuasan pasien poli penyakit dalam di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin.


Keywords


Kepuasan pasien, Pelayanan kefarmasian, Instalasi Farmasi Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung

References


Arifiyanti, A. L., & Djamaludin, R. (2017). UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA TAHUN 2016. JURNAL MANAJEMEN KESEHATAN

Yayasan RS Dr. Soetomo, 3(1).

Azami, R. (2021). Pelayanan pasien rawat jalan poli penyakit dalam di RSUD meuraxa kota banda aceh. UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Ervianingsih, Dewi, N. P., Kusumaningrum, A. E., Ismainar, H., Umniyatun, Y., Nurmansyah,M. I., Alaydrus, S., Siregar, R. A., & Darmayani, S. (2020). Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Widina Bhakti Persada.

Iman, A. T., & Lena, D. (2017). Manajemen Mutu Informasi Kesehatabn I: Quality Assurance. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kartikasari, D. (2019). Administrasi Rumah Sakit. Wineka Media.

Kepmenkes RI. (2004). Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1197/Menkes/SK/X/2004 Tentang Standar Pelayanan Farmasi di Rumah Sakit.

Kusumaningtias. (2019). Pengaruh Mutu Pelayanan Farmasi Terhadap Loyalitas Pasien Umum Rawt Jalan RSUD Kota Madiun.

Manurung, L. P. (2010). Analisis Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Instalasi Farmasi dengan Minat Pasien Menebus Kembali Resep Obat di Instalasi Farmasi RSUD Budhi Asih Tahun 2010. Universitas Indonesia.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan Notoatmodjo S, editor. In Jakarta: PT. Rineka Cipta (pp. 139–142).

Novaryatini, S. et al. (2018). 258508- Tingkat-Kepuasan-Pasien-Terhadap- Pelayan-13B3250D. TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI RSUD Dr., 1(1), 22–26.

Panjaitan. (2017). Oleh: lisna w.u panjaitan nim 151524054. Rahmawati, I. N., & Wahyuningsih, S. S. (2016). Faktor Pelayanan Kefarmasian dalam Peningkatan Kepuasan Pasien di Pelayanan Kesehatan. Indonesian Journal on Medical Science, 3(1).

Rohmah. (2019). TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PELAYANAN KEFARMASIAN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT ISLAM MAGELANG.

Rusli. (2016). Modul Bahan Ajar Farmasi Rumah Sakit dan Klinik. Kementerian Kesehatan

Sibagariang, E. E. dkk. (2010). metodologi penelitian untuk mahasiswa diploma keseshatan. (jusirm., Ed.). CV. Trans Info Media.

Siburian, T. R. (2018). Analisis tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan farmasi di instalasi farmasi rawat jalan rumah sakit umum daerah doloksanggul. Institut Kesehatan Helvetia Medan.

Sugiyono. (2020). Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Alfabeta. Suryadinata, R. V., Priskila, O., & Wicaksono, Y. A. S. (2021). Analisis Data Kesehatan. Fakultas Kedokteran Universitas Surabaya.

Tulumang, S. J., Kandou, G. D., & Tilaar, C. R. (2015). Tingkat Kepuasan Pasienatas Pelayanan Rawat Jalan di Poli Penyakit Dalam (Interna di RSU Prof . R. D . Kandou Malalayang. JIKMU, 5(2b), 546–556.

Wulandari. (2017). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT PARU DUNGUS MADIUN. STIKES BHAKTI HUSADA MULIA MADIUN.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v7i1.9464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI