ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI KLINIK UMMI HC KEDATON

Aulia Eka Lestari, Nofita Nofita, Ardiyansyah Ardiyansyah

Abstract


Abstrak:ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN INFORMASI OBAT DI KLINIK UMMI HC KEDATON. Kepuasan pasien dalam menerima Pelayan Informasi Obat (PIO) adalah hal yang sangat penting karena kepuasan pasien yang tinggi akan menggambarkan baik buruknya PIO yang diberika. Oleh sebab itu dilakukan Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat di Klinik Ummi HC Kedaton bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien  terhadap Pelayanan  Informasi Obat yang diberikan berdasarkan lima dimensi kepuasan yaitu Reliability (Keandalan), Assurance (Jaminan), Tangible (Penampilan), Emphaty (Empati), Responsivensess (Ketanggapan). Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif  non ekperimental dengan model pendekatan Cross Sectional dengan metode yang paling terkenal untuk mengetahui kepuasan pelanggan yaitu Servqual (Service Quality). Penilaian terhadap kepuasan didapatkan dari hasil penyebaran kuesioner yang memuat 5 dimensi kepuasan. Responden dalam penelitian ini sebanyak 100 pasien yang mendapatkan obat dan menerima PIO. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepuasan berdasarkan jenis kelamin perempuan (88,30%) dan laki-laki (83,43%), berdasarkan usia <18 tahun (96,21%), 18-25 tahun (92,46%), 26-45 tahun (89,96%), 46-65 tahun (91,48%), >65 tahun (81,81%). Berdasarkan pekerjaan swasta (90,24%), wiraswasta (89,81%), PNS (91,77%), dan lain-lain (93,01%). Berdasarkan pendidikan terakhir SMA (92,83%), D3 (88,18%), S1 (89,96%), dan lain-lain (100%). Analisis kuantitatif dengan Skala Likert menunjukan bahwa tingkat kepuasan berdasarkan dimensi Reliability (88,18%), dimensi Assurance (96,81%), dimensi Tangible  (99,68%), dimensi Emphaty (97%), dan dimensi Responsiveness (73,75%). Sehingga persentase rata-rata tingkat kepuasan pasien terhadap Pelayanan Informasi Obat (PIO) di Klinik Ummi HC Kedaton secara keseluruhan sebesar (91,08%) dengan kategori sangat puas.

Keywords


Kepuasan pasien; Pelayanan Informasi Obat (PIO); Klinik

References


Chusna, Nurul. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Pahandut Kota Palangka Raya. Borneo J Pharm. 1.

Hartawan, I. M. P. S., Lesmana, J., dan Putra, I. G. L., 2018. Analisis Kesenjangan Antara Kinerja dan Kepuasan Pasien Pada Instalasi Farmasi Puskesmas Pagesangan Tahun 2017. Jurnal Tata Sejuta, 4(1), 47-58.

Hidayah, M. R. N., Pratiwi, H., dan Nuryanti, 2019. Evaluasi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Oleh Apoteker di Ruang Farmasi Puskesmas Purwokerto Timur. Acta Pharm Indo, 7(1), 1-4

Ingerani, dkk, (2002). Tingkat Kepuasan Pelanggan Terhadap Pelayanan Kesehatan di Propinsi DKI Jakarta. Laporan Penelitian Kerjasama Dinkes Prop. DKI Jakarta dan Badan Litbangkes Depkes RI, 1 – 16.

Kawahe, Monika. 2015. Hubungan antara Mutu Pelayanan Kefarmasian dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Teling Atas Kota Manado.PHARMACON Jurnal Ilmu Farmasi – UNSRAT. 4.

Kementerian Kesehatan RI, 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2014 Tentang Klinik. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Kementerian Kesehatan RI, 2021. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2021 Tentang Standar Kefarmsian di Klinik. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.

Kementeri Kesehatan RI. 2016. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2016 Tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Jakarta.

Khudair, I. dan Raza, S. A., 2013. Measuring patients' satisfaction with pharmaceutical services at a public hospital in Qatar, International Journal of Health Care Quality Assurance, 26(5), 398–402.

Kotler, P., Keller, KL. (2009). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 2. Edisi kedua belas. PT.Gelora Aksara Pratama, Jakarta.

Leonov, Rianto, Gilang A, Alifa Sabrina . 2019. Evaluasi Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian di Klinik X Mengunakan Aplikasi E-Servqual Berbasis Web. Jakarta Timur . Jurnal Riset Kefarmasian Indonesia. hal 210 -224.

Ligoresi, R. R., Mola, S. A. S., dan Rumlaklak, N. D., 2017. Penerapan Metode Fussy Service Quality (Servqual) Untuk Menganalisa Pelayanan Pendidikan Pada Jurusan Ilmu Komputer Fakultas Sains dan Teknik Universitas Nusa Cendana. J-ICON, 5(2), 51-52

Missa, M. M. A., Surdijati S., dan Trisnani R., 2020. Pengaruh Komunikasi,Informasi, dan Edukasi (KIE) terhadap Tingkat Pengetahuan Pasien Pediatri Penyakit Diare di Puskesmas "X" Wilayah Surabaya Timur. Journal of Pharmacy Science and Practice, 7(2), 93-97.

Porayow dkk., 2022. Gambaran Pelayanan Informasi Obat Terhadap Pasien Rawat Jalan di Instalasi Farmasi Rumah Sakit X di Kabupaten Minahasa. PHARMACON Jurnal Ilmu Farmasi – UNSRAT. 11.

Presiden Republik Indonesia. 2009. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 51 tahun 2009 tentang Pekerjaan Kefarmasian. Presiden Republik Indonesia.

Prihandiwati, Erna. 2018. Tingkat Kepuasan Pasien Puskesmas Pekauman Banjarmasin Terhadap Pelayanan Kefarmasian. J umbjm. 1.

Rahmayanti, S. N, Ariguntar, T., 2017. Karakteristik Responden dalam Penggunaan Jaminan Kesehatan Pada Era BPJS di Puskesmas Cisoka Kabupaten Tangerang Januari-Agustus 2015. Jurnal Medicoeticolegal dan Manajemen Rumah Sakit, 6(1), 61-65.

Rifa’i, Muhammad Fadilah. 2020. Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Informasi Obat di Apotek Kimia Farma Bandar Lampung. Bandar Lampung.

Sari, P.R.2017. Evaluasi Kepuasaan Pasien Terhadap Pelayanan Farmasi di Apotek X. Banjarmasin. Jurnal Ilmiah Ibnu Sina 2(1), 122-133.

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta, Bandung, pp. 172-186.

Supranto. 2001. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta; hal:76–78.

Tejada, Jeffry J, Joyce Raymond, dan B Punzalan. 2012. “On the Misuse of Slovin’s Formula.” The Philippine Statistician 61 (1):8.

Titin, 2018. (2018). Titin A, 2018. “Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Puskesmas Ngemplak I Kabupaten Sleman”. UII, Yogyakarta.

Tjiptono, F. dan Chandra, G., 2016. Service, Quality dan Satisfaction. Andi, Yogyakarta, pp. 159, 163-164, 204-205.

Tumiwa, N. N. G, Paulina V, Gayatri, C. 2014. Pelayanan Informasi Obat Terhadap Kepatuhan Minum Obat Pasien Geriatri di Instalasi Rawat Inap RSUP. Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Manado. PHARMACON Jurnal Ilmu Farmasi – UNSRAT. 3.




DOI: https://doi.org/10.33024/jmm.v7i1.9469

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Medika Malahayati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

PRODI KEDOKTERAN

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI