Penyuluhan Upaya Pencegahan dan Pengobatan Diare pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 1 Karang Maritim

Satria Wijaya, Agung Ramadhon, Deni Gagat Seto, Desi Novita Sari, Rafi Muhammad Fadhil

Sari


Program Pengabdian kepada Masyarakat dalam bentuk sosialisasi ini dilaksanakan atas dasar kerjasama antara mahasiswa KKL–PPM Universitas Malahayati Bandar Lampung di SDN 1, Kelurahan Karang Maritim, Karang Maritim. Bentuk program pengabdian kepada masyarakat yang dimaksud adalah memberikan sosialisasi kepada siswa-siswi SDN 1 Karang Maritim mengenai Upaya Pencegahan dan Pengobatan Diare. Diare adalah penyakit yang membuat penderitanya menjadi sering buang air besar dengan kondisi tinja yang encer atau berair. Diare umumnya terjadi akibat mengkonsumsi makanan dan minuman yang terkontaminasi virus, bakteri, ataupun parasit. Kemudian metode yang digunakan dalam menjalani program ini adalah dengan menggunakan wawancara dan presentasi. Tujuan kegiatan ini ialah untuk memberikan pemahaman tentang penatalaksanaan, serta pencegahan dan pengobatan diare. Dengan adanya sosialisasi ini juga memberikan edukasi atas pencegahan dan pengobatan diare.

Referensi


Dusak, Made Rahayu Suryapramita., dkk. 2018. “Gambaran Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Ibu Balita terhadap Penatalaksanaan Diare Pada Anak Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Abang 1”. Intisari Sains Medis. Volume 9, Nomor 2: 85-94.

Firmansyah, Yura Witsqa. 2010. “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Diare pada Balita: Sebuah Review”. Buletin Keslingmas. Volume 40, Nomor 1. Semarang: Universitas Diponegoro.

Jap, Arvin Leonard Sumadi., dan Widodo, Ariani Dewi. “Diare Akut pada Anak yang Disebabkan oleh Infeksi”. Jurnal Kedokteran: Mediatek. Volume 27, Nomor 3, Halaman 282-288. Jakarta Barat: Universitas Kristen Krida Wacana.

Manurung, Imelda F.E. 2020. Peningkatan Pengetahuan dan Praktek Cuci Tangan sebagai Upaya Pencegahan Penyakit Diare pada Anak Sekolah Dasar Marsudirini Kefamenanu. Warta Pengabdian. Jember: Universitas Jember.

Ningsih, Linda Fidya. 2020. “Apa Yang Direkomendasikan Apoteker untuk Tatalaksana Diare Akut pada Anak? Sebuah Survei di Wilayah Timur Kota Surabaya”. JMPF. Volume 11, Nomor 1. Surabaya: Fakultas Farmasi, Universitas Surabaya.

Nofita., dkk. 2021. Konseling, Informasi dan Edukasi Bahaya Pengguna-salahan dan Penyalahgunaan Obat. Jurnal Pengabdian Farmasi Malahayati. Volume 4, Nomor 2. Bandar Lampung: Universitas Malahayati.

Veradilla., dan Minarti. 2022. Analisis Kebutuhan Program Promosi Pencegahan Diare pada Anak Berusia di Bawah 2 Tahun. Journal of Safety and Health. Volume 2, Nomor 1. Palembang: Universitas Kader Bangsa.




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v5i2.8791

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##