PENYULUHAN DAN PEMERIKSAAN KESEHATAN KADAR KOLESTEROL PADA LANJUT USIA (LANSIA) DI POSYANDU PEKON YOGYAKARTA GADING REJO PRINGSEWU

Nofita Nofita, Rica Novia Sari

Sari


Dari data yang didapatkan, penyakit di Puskesmas Gadingrejo 50,55% di tempati oleh penyakit Kolesterol tinggi. Angka tersebut masih cukup tinggi, sehingga perlu upaya untuk menurunkan persentase tersebut. Kolesterol merupakan zat di dalam tubuh yang berguna untuk membantu pembentukan dinding sel,  garam empedu, hormon, dan vitamin D serta sebagai penghasil energi. Kolesterol saat ini tidak hanya menjadi masalah kesehatan yang dihadapi negara-negara maju tetapi juga negara-negara berkembang. Seperti kita ketahui, kolesterol merupakan salah satu penyebab penyakit jantung koroner (PJK). Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan penyuluhan tentang kadar kolesterol dengan tujuan supaya Lansia mampu mengenali dirinya dengan gejala kolesterol tinggi atau tidak, sehingga dapat mencegah atau mengobati dan Lansia dapat mengetahui pentingnya melakukan pemeriksaan kadar kolesterol. Penyuluhan menggunakan metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Terdapat pengaruh yang signifikan terhadap lansia sesudah dan sebelum penyuluhan. Dengan demikian penyuluhan dapat memberikan peningkatan pengetahuan berkaitan tentang pemeriksaan kadar kolesterol.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ariantari, N. P., Yowani, S. C., & Swastini, D. A. (2010). Uji aktivitas penurunan kolesterol produk madu herbal yang beredar di pasaran pada tikus putih diet lemak tinggi. Jurnal Kimia (Journal of Chemistry).

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Cek Kesehatan Secara Rutin.

Kusuma, I. M., Haffidudin, M., Prabowo, A., No, J. T. B. S., & Tegalsari, R. T. (2015). Hubungan pola makan dengan peningkatan Kadar kolesterol pada lansia di Jebres Surakarta. Jurnal Keperawatan, 2(2).

Pridayanti, L.T.M.U. (2008). Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Salam (Eugenia Polyantha) Terhadap Kadar LDL Kolesterol Serum Tikus jantan Galur Wistar Hiperlipidemia.




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v2i1.1884

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##