PEMERIKSAAN GOLONGAN DARAH DI POSYANDU LANJUT USIA (LANSIA) PEKON TULUNG AGUNG PUSKESMES GADINGREJO PRINGSEWU

Selvi Marcellia, Amita Silviyani

Sari


Golongan darah merupakan informasi penting bagi setiap individu, karena golongan darah merupakan hal yang sangat penting dalam urusan di dunia kesehatan (medis), keberhasilan tindakan medis terutama transfusi, transplantasi organ dan kehamilan sangat ditentukan oleh kompatibilitas golongan darah. Transfusi darah dari golongan yang tidak sesuai dapat menyebabkan beberapa reaksi berbahaya seperti kematian. Berdasarkan hasil observasi partisipatif yang telah dilakukan banyak Lansia yang belum mengetahui golongan darah mereka. Oleh karena itu perlu dilakukan kegiatan penyuluhan tentang pemeriksaan golongan darah dengan tujuan untuk memberikan informasi serta pengetahuan kepada Lansia untuk lebih memahami tentang pentingnya melakukan pemeriksaan golongan darah dan Lansia mengetahui golongan darah masing-masing. Penyuluhan dilakukan dengan metode ceramah. Sebelum acara pemeriksaan dimulai para Lansia diberikan
pengarahan terlebih dahulu tentang pentingnya pemeriksaan golongan darah, dan tata cara pemeriksaan. Lansia mengisi daftar hadir lalu menuju ketempat pemeriksaan. Setelah selesai pemeriksaan Lansia memperoleh kartu golongan darah. Pemeriksan golongan darah dapat memberikan pengetahuan berkaitan tentang pentingnya mengetahui golongan darah.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Mahardika, G., Sudipa, N., Watiniasih, N.L., Hartawan, I.D.D., Suyadnya, I.M.A., Khrisne, D.C. (2016). Pemeriksaan Golongan Darah dan Rhesus Pelajar Kelas 5 dan 6 Sekolah Dasar di Desa Taro Kecamatan Tegallalang Gianyar. Jurnal Udayana Mengabdi, ISSN: 1412-0925.

Rahman, I., Darmawati, S., Kartika, A.I. (2019). Penentuan Golongan Darah Sistem ABO Dengan Serum dan Reagen Anti-Sera Metode Slide. Jurnal Gaster Vol. 17 No.1.

Sulastri., Susilaningsih, E.Z., Hakim, L., Rahmawati, D.M. (2018). Identifikasi dan Analisis Hasil Pemeriksaan Hematologi pada Pasangan Infertil. Ejournal Vol. 15 No.2.

Suminar, S.R. (2011). Analisis Hukum Terhadap Pemberian Transfusi Darah Di Rumah Sakit Berdasarkan Undang Undang No. 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit. Jurnal FH.UNISBA. Vol. XIII(3).

Suyasa, I.G. Putu. Darma., Wulansari, N.T., Kamaryati, N.P., Mastryagung, G.A.D., Sutini, N.K., Rismawan, M. (2017). Pemeriksaan Golongan Darah dan Rhesus pada Anak Kelas 4,5, dan 6 Sekolah Dasar di Desa Tribuana Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem. Jurnal paradharma 1(2) : 115- 119.

Tarakbua, Y.M., Panda, L. Kawengian, V. (2013). Hubungan Antara Golongan Darah dan Penyakit Jantung Koroner. Jurnal e-Biomedik (eBM), Vol.1 No. 1.




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v2i2.3226

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##