PENYULUHAN PENERAPAN DAGUSIBU BENTUK SEDIAAN SUPPOSITORIA DI PUSKESMAS GADINGREJO PRINGSEWU

Ade Maria Ulfa, Emelia Eliza JK, Sobirin Sobirin

Sari


Program DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan, Buang) yang dilaksanakan   pada  lansia    di    Puskesmas Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu adalah sosialisasi dapatkan, gunakan, simpan, buang obat bentuk sediaan suppositoria dengan benar. Program ini dipilih dengan harapan masyarakat Kecamatan Gadingrejo khususnya lansia bertambah wawasan tentang sediaan suppositoria. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah pengenalan masalah, pelaksanaan sosialisasi DAGUSIBU dengan cara ceramah,diskusi interaktif, tanya jawab seputar materi dan pambagian kuisioner. Kegiatan sosialisasi tentang DAGUSIBU suppositoria kepada 16 peserta lansia berjalan dengan lancar. Para peserta yang hadir sangat antusias dalam mendengarkan penjelasan dan aktif bertanya terkait penggunaan sediaan suppositoria dan penanganannya. Hasil dari kuesioner didapatkan sebelum penyuluhan 56,25 % peserta tidak dapat menjawab dengan benar, namun setelah penyuluhan terjadi peningkatan 96,25 % peserta dapat menjawab dengan benar, Sehingga disimpulkan bahwa hasil dari penyuluhan memberikan peningkatan pengetahuan kepada lansia di Puskesmas Gadingrejo Pringsewu.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Lutfiyati, Heni. 2017. Pemberdayaan Kader PKK dalam Penerapan DAGUSIBU (Dapatkan, Gunakan, Simpan dan Buang) Obat dengan Baik dan Benar. Universitas Muhamadiyah : Magelang

Mazziyah, Nurul. 2015. Penyuluhan Penggunaan Obat yang Benar (DAGUSIBU) di Padukuhan Bakalan, Mlati, Sleman, Yogyakarta.Universitas Muhamadiyah : Yogyakarta.

Profil Kabupaten Pringsewu. 2019. Demografi Kabupaten Pringsewu.

Puskesmas Gadingrejo. 2014. Data Puskesmas Gadingrejo

SK PP IAI. 2014. Tentang Pedoman Disiplin Apoteker Indonesia.

Ulfa, Ade Maria dkk. 2019. Penyuluhan tentang Dagusibu Obat Tetes Telinga di Posyandu Lansia Puskesmas Gadingrejo, Pringsewu. JPFM volume 2 (1)




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v3i2.3803

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##