PENYULUHAN PENGGUNAAN ANTIBIOTIK RASIONAL DI POSYANDU BOUGENVIL KEMILING RAYA PUSKESMAS RAWAT INAP KEMILING BANDAR LAMPUNG

martianus perangin angin

Sari


Penyakit infeksi merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat yang penting terutama di negara berkembang. Obat yang digunakan secara luas untuk mengatasi masalah tersebut adalah antimikroba yang terdiri atas antibiotika, antivirus, antijamur, dan antiparasit. Diantara keempat obat tersebut, antibiotika adalah yang terbanyak digunakan. Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa sekitar 40-62% antibiotika digunakan pada penyakit yang tidak memerlukan antibiotika. Penggunaan antibiotika bukan tanpa akibat, terutama bila tidak digunakan secara bijak. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan informasi serta pengetahuan kepada masyarakat untuk lebih memahami tentang penggunaan antibiotik yang rasional. Kegiatan ini dilakukan berupa observasi dan pemberian informasi kepada kader pelayanan kesehatan di puskesmas rawat inap kemiling. Hasil penyuluhan ini masyarakat dapat mengetahui bahaya resistensi antibiotik dan dapan menggunakan antibiotik secara rasional.

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azevedo, M.M., Pinheiro, C., Yaphe, J., and Baltazar, F., 2009. Portuguese Students’ Knowledge of Antibiotics: A Cross-sectional Study of Secondary School and University Students in Braga. BioMed Central.

Bari, S. B., Mahajan, B. M., Surana, S. J. 2008. Resistance To Antibiotic : A Challenge In Chemotherapy. Indian Journal of Pharmaceutical Education and Research.

Bisht, R., Katiyar, A., Singh, R., Mittal, P. 2009. Antibiotic Resistance-A Global Issue of Concern.Asian Journal of Pharmaceutical and Clinical Research.Volume 2.Issue 2.

Tripathi, K. D. 2003. Antimicrobial Drugs: General Consideration. Essential of Medical Pharmacology.Fifth Edition.Jaypee Brothers Medical Publishers.




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v4i2.4870

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##