PENYULUHAN KESEHATAN TENTANG TANAMAN OBAT TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN SISTEM KEKEBALAN TUBUH PADA MASYARAKAT DI POSYANDU MAWAR JINGGA KELURAHAN PANJANG SELATAN BANDAR LAMPUNG TAHUN

Muhammad Rudy, Shelina Shelina, Wella Astuti, Windi Andrianti, Yolanda Putri Utami

Sari


Dalam menjaga kesehatan serta meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat dilakukan salah satunya ialah dengan mengkonsumsi obat-obatan yang berasal dari tanaman tradisional. Dengan menjaga serta menigkatkan daya tahan tubuh berguna agar terhindar dari serangan berbagai penyakit yang berasal dari virus, bakteri maupun mikroorganisme lainnya. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan edukasi kepada ibu-ibu Posyandu Mawar Jingga Panjang Selatan mengenai seberapa pentingnya tanaman obat tradisional yang ada disekitar kita untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah ceramah dan tanya jawab yang menggunakan alat bantu media leaflet agar mempermudah dalam kegiatan penyuluhan. Penyuluhan berjalan dengan lancer, tetapi ada sedikit kendala seperti ibu-ibu yang ingin cepat pulang. Hasil dari penyuluhan yang dilakukan ialah ibu-ibu yang awalnya tidak mengetahui terkait seberapa pentingnya tanaman tradisional yang bisa digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh dapat mengetahui dengan baik dan benar, serta penyuluhan ini dapat memberikan peningkatan pengetahuan dan wawasan bagi ibu-ibu Posyandu Mawar Jingga, Kelurahan Panjang Selatan, kecamatan Panjang, Kota Bandar Lampung.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Andrianti dan R.M Teguh, Wahjudi. (2016). Tingkat Penerimaan Penggunaan Jamu Sebagai alternatif Penggunaan Obat Modern pada Masyarakat ekonomi rendah-menengah dan atas. Jurnal Masyarakat, Kebudayaan dan Politik Volume 29 No. 3.

Galuh. (2020). Advocac90y And Legal Aid During Covid-19 Pandemic: How Indonesia Survives? The Indonesian Journal of International Clinical Legal Education, no. ISSN 2721-8368.

Kaddi, S. M., Lestari, P., & Adrian, D. (2020). Komunikasi Keluarga Dalam Pencegahan Coronavirus Disease 2019. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(1), 63–74.

Kaddi, S. M., Lestari, P., & Adrian, D. (2020). Komunikasi Keluarga Dalam Pencegahan Coronavirus Disease 2019. Jurnal Ilmu Komunikasi Vol 18 No.1

Kementrian Kesehatan RI. (2020). Surat Edaran Pemanfaatan Obat Tradisional untuk Pemeliharaan Kesehatan, Pencegahan Penyakit, dan Perawatan Kesehatan.

Kumar, S. P. and Shukla, Y. (2003). Herbal Medicine: Current Status and the Future.Vol 4. Asian Pacific Journal of Cancer Prevention.

Pertiwi, R., Doni, N., & Risky, H.W., (2020). Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) Meningkatkan Imunitas Tubuh Sebagai Pencegahan COVID-19. Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS, 18(2): 110-118.

Pratiwi, A. R. (2020). Pangan Untuk Sistem Imun. SCU Knowledge Media.

Pratiwi. (2020). Pangan Untuk Sistem Imun. SCU Knowledge Media.

Presiden RI. (2009). UU RI No 36 Tentang Kesehatan. In UU RI No 36 2009.

Savitri, A. (2016). Tanaman Ajaib! Basi Penyakit dengan TOGA (Tanaman Obat Keluarga). Bibit Publisher.

World Health Organization (WHO). (2020). Novel Corona Virus: Q and A for Public. Di akses melalui https://www.who.int/indonesia/news/novelcoronavirus/qa-for-public




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v5i2.7839

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##