PENYULUHAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SEKOLAH DI SMA NEGERI 17 BANDAR LAMPUNG

gusti ayu rai saputri, Anisa Nur Pratiwi, Anggy Amelia Nurzula Dara, Anggy Ariyanca, Rama Dalita

Sari


Perilaku hidup bersih dan sehat di lingkungan sekolah merupakan sekumpulan perilaku yang dipraktikan oleh peserta didik, guru, dan  masyarakat lingkungan sekolah sebagai hasil pembelajaran. Permasalahan yang muncul di sekolah menengah atas negeri menunjukan siswa/siswi tidak melakukan PHBS seperti jarang melakukan cuci tangan dengan air mengalir dan sabun, jarang menggunakan jamban sehat, jarang membuang sampah pada tempatnya sehingga terjadi beberapa kasus kejadian penyakit dseperti diare, cacingan, typoid, dan maag. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi gambaran PHBS pada siswa/siswi di sekolah menengah atas negeri. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah siswa/siswi kelas sepuluh (X) di SMAN 17 Bandar Lampung yang berjumlah 109. Penelitian ini menggunakan intrumen kuesioner PHBS di sekolah. Data dianalisis  dengan menggunakan nilai mean dan disajikan dalam distribusi frekuensi. Hasil observasi sebelum penyuluhan menunjukan bahwa dari responden yaitu sebanyak (32%) siswa/siswi sudah mengetahui dalam berperilaku hidup bersih dan sehat, dan responden sebanyak (68%) siswa/siswi masih belum mengetahui cara berperilaku hidup bersih dan sehat. PHBS pada siswa/siswi ini harus lebih ditingkatkan lagi dengan cara pemberdayaan UKS bekerjasama dengan perawat yang ada di puskesmas terdekat dengan melakukan penyuluhan tentang PHBS.

Kata Kunci : Penyuluhan Kesehatan Sekolah, Kebersihan, PHBS


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Julianti, Ratna. 2018. PELAKSANAAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI LINGKUNGAN SEKOLAH, Jurnal Ilmiah Potensia, 2018, Vol 3. (2), 11-17

PHBS Sebagai Langkah Awal Menuju Peningkatan Kualitas Kesehatan Masyarakat. Kementrian Kesehatan Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, 2016.




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v5i2.8785

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##