PENYULUHAN TENTANG KATEGORI PENGGUNAAN OBAT BAGI IBU HAMIL DI KELURAHAN PANJANG UTARA

Dwi Susanti, Aqella Fadya Haya, Farid Afif, Lisa Enjelia

Sari


Sebagian besar ibu hamil di Kelurahan Panjang Utara mengalami kesulitan dalam memilih obat-obatan yang tepat. Obat yang diminum oleh ibu hamil perlu mendapat perhatian khusus karena dapat mempengaruhi kesehatan ibu dan janin yang dikandungnya. Mengingat pentingnya pemahaman tentang penggunaan obat bagi ibu hamil, maka perlu dilaksanakan kegiatan penyuluhan mengenai kategori penggunaan obat bagi ibu hamil. Penyuluhan ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi tentang kategori penggunaan obat bagi ibu hamil agar tepat dalam pemilihan obat. Metode yang digunakan pada penyuluhan ini yaitu ceramah, diskusi, dan tanya jawab dengan alat bantu berupa kuesioner dan leaflet. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa masyarakat sangat antusias mengikuti penyuluhan dan mengalami peningkatan pengetahuan terhadap kategori penggunaan obat bagi ibu hamil.

Kata Kunci: Kesehatan, Ibu Hamil, Kategori Penggunaan Obat 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depkes RI. (2006). Pedoman Pelayanan Farmasi untuk Ibu Hamil dan Menyusui. Jakarta: Direktorat Bina Farmasi Komunitas dan Klinik.

Food and Drug Administration. (2014). Pregnancy and Lactation Labeling (Drugs) Final Rule. Department of Health and Human Services. Diakses dari https://www.fda.gov/drugs/labeling-information-drug-products/pregnancy-and-lactation-labeling-drugs-final-rule.

Munir, R.S. (2005). Evaluasi Penggunaan Obat–Obatan pada Ibu Hamil. Diakses dari http://www.adln.lib.unair.ac.id/go.php?id =gdlhub-gdl-res-2005munirratna-7.

Prest, M., Tan, C.K. (2003). Penggunaan Obat pada Masa Kehamilan dan Menyusui, dalam Farmasi Klinis Menuju Pengobatan yang Rasional dan Penghargaan Pilihan Pasien, Aslam, M., Tan, C.K., Prayitno, A., (Editor). Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.33024/jpfm.v6i2.8157

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##